Tips Untuk Ibu Hamil Yang Hendak Mudik Berlebaran

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Tips Untuk Ibu Hamil Yang Hendak Mudik Berlebaran

ibu hamil mudik
Ibu hamil mudik lebaran, merupakan hal yang umum ditemui di Indonesia. Hal ini karena mudik merupakan ritual umum pada setiap hari raya lebaran. Perjalanan mudik berlebaran yang dilakukan kala hamil memang dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, jika tahu tips-nya, percayalah, ibu pasti dapat menikmati perjalanan mudik tersebut.

Tentu, kehamilan bukan penghalang untuk melakukan perjalanan mudik ke kampulung halaman. Apalagi bagi ibu yang sudah punya rencana untuk mudik ke luar kota menjelang Hari Raya nanti. Memang sih, pasti ada ketidaknyamanan saat perjalanan jauh. Pasalnya, kehamilan menyebabkan adanya perubahan pada metabolisme tubuh. Dampulaknya, ibu pun menjadi kerap mengalami gangguan, seperti perut kembung atau sembelit. Ditambah dengan posisi duduk yang lama sepanjang perjalanan menjadikan punggung terasa lebih pegal. Berikut beberapa trik untuk mengatasi ketidaknyamanan ketika melakukan perjalanan jauh saat berbadan dua.

Ketika melakukan perjalanan mudik, ibu pasti kesulitan untuk mempertahankan diet yang sehat dengan jadwal makan teratur. Kebanyakan ibu hamil terpaksa mengkonsumsi makanan cepat saji yang kaya lemak. Tak hanya itu, bila ibu pergi ke wilayah yang mengalami perubahan zona waktu, ibu bisa jadi menggeser waktu makannya, seperti makan malam yang bergeser ke tengah malam. Ini tentunya dapat memperburuk kembung dan mempernayak gas di perut.

Kembung di masa kehamilan disebabkan peningkatan hormon progesteron sehingga sistem pencernaan berjalan lebih lamban. Kondisi ini menyebabkan terkumpulnya gas dalam saluran pencernaan. Hampulir 30% ibu hamil sering merasa perutnya kembung.

 

 

Meredakan Nyeri Perut Selama Perjalanan Mudik

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan :
  1. Gunakan busana yang longgar. Pilih busana yang tidak ketat di sekitar pinggang atau perut, ini akan membantu ibu merasa lenih nyaman.
  2. Makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering. Untuk menghindari perut merasa penuh dan memberikan kesempatan waktu untuk pengosongan lambung. Luangkan waktu untuk makan dan mengunyahlah secara perlahan sehingga mudah dicerna.
  3. Hindari makanan yang menyebabkan timbulnya gas, seperti : kubis, kembang kol, brokoli, asparagus, daun bawang, bawang, buah kering, pir, apel, madu, soda, minuman buah, gandum, jagung, kentang, buncis, kacang polong, dan makanan tinggi lemak serta makanan yang digoreng.
  4. Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan mulas, yaitu : minuman berkarbonasi, alkohol (yang harus dihindari pula selama kehamilan), kafein, cokelat, makanan asam seperti buah jeruk, tomat, mustard dan cuka, daging olahan, makanan pedas, gorengan, atau makanan berlemak.
  5. Jangan makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur. Beri waktu kira-kira 2-3 jam untuk lambung mencerna makanan sebelum akhirnya ibu berbaring dan tidur.
  6. Tidak merokok. Merokok memberikan kontribusi terhadap sejumlah masalah kesehatan yang serius. Merokok juga meningkatkan asam lambung. Lebih dari itu, merokok berdampulak buruk bagi perkembangan janin.

 

 

 

Tips Untuk Mengurangi Kelelahan Ibu Hamil Selama Perjalanan Mudik Berlebaran

Kelelahan sangat mungkin terjadi selama perjalanan mudik berlebaran. Tubuh ibu bekerja lembur untuk mendukung bayi tumbuh. Beikut ini adalah tips untuk mengurangi kelelahan selama perjalanan jauh :
  1. Cobalah memperlambat kecepatan ibu ketika sedang beraktivitas. Jagalah jadwal agar tetap rutin.
  2. Buatlah rencana sesederhana mungkin, perhitungkan dengan cermat langkah-langkah yang diambil.
  3. Tidur siang sangat baik untuk menghindari kelelahan. Sisihkan waktu setiap hari untuk sejenak berbaring.
  4. Untuk mendapatkan tidur malam yang baik, berangkatlah tidur dekat dengan waktu tidur normal. Ibu tidak perlu bersusah payah menahan kantuk demi menyesuaikan dengan waktu tidur di negara yang dikunjungi, bila ibu melakukan perjalanan ke wilayah yang berbeda zona waktu.
  5. Cobalah menghabiskan waktu di luar pada siang hari untuk membantu mengatur ulang jam biologis ibu ke zona waktu yang baru.
  6. Pilih makan malam ringan dan tidak berminyak untuk membantu menangkal mulas serta gas dan kembung. Kurangi kafein dan pastikan minum cukup air untuk tetap terhidrasi dengan baik. Agar tengah malam tak sering ke kamar mandi, hindari minum apa pun dua jam sebelum tidur.
  7. Berbaring menghadap ke samping kiri dengan bantal di antara lutut biasanya merupakan posisi tidur yang paling nyaman untuk ibu hamil. Menjaga tubuh bagian atas sedikit lebih tinggi dapat membantu melawan mulas juga.

 

 

Tips Meringankan Sembelit Pada Ibu Hamil Akibat Perjalanan Mudik Berlebaran

Sembelit umum terjadi selama trimester pertama ketika hormon progesteron sedang menkapsulai puncaknya. Progesteron inilah yang menyebabkan gerakan usus melambat, sehingga makanan pun bergerak sangat lambat melalui usus dan menyebabkan sembelit. Ibu yang mengalami sembelit akan semakin merasa tidak nyaman ketika melakukan perjalanan jauh. Duduk terlalu lama dan ragam makanan yang minim serat serta kurangnya minum dalam perjalanan mudik berlebaran, dapat semakin memperparah kondisi sembelit ibu hamil. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meringankan sembelit pada ibu hamil yang mudik berlebaran :
  1. Bawalah makanan tinggi serat seperti sereal, bekatul, roti gandum utuh, buah segar atau kering, dan sayuran segar untuk camilan.
  2. Konsumsi banyak cairan, setidaknya 8-10 gelas sehari.
  3. Lakukan peregangan atau berjalan santai. Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan seperti peregangan dapat membantu meringankan sembelit.
  4. Konsultasikan vitamin yang dikonsumsi. Dosis tinggi dari zat besi (lebih dari 30 mg) dapat menyebabkan sembelit atau membuat kondisi sembelit menjadi lebih buruk.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *