Tips-tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama untuk Menghindari Keguguran/ Cacat pada Bayi

<br />Tips-tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama untuk Menghindari Keguguran/ Cacat pada Bayi

Jika Anda telah mengalami tanda-tanda kehamilan dan tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa-masa kehamilan Anda sebaiknya Anda harus memahami tips-tips dalam menjaga kehamilan terutama pada masa-masa kehamilan usia 1 – 3 bulan. Karena pada masa-masa tersebut merupakan masa yang masih rawan untuk janin yang ada dalam kandungan (kondisi janin belum terlalu kuat). Untuk menghindari dari ancaman keguguran pada masa-masa rentan yaitu pada tiga bulan pertama ini, perlu diketahui oleh seorang Ibu yang hamil muda tips-tips menjaga kehamilan trimester pertama untuk menghindari keguguran/ cacat pada bayi berikut ini.

tips menjaga kehamilan tidak keguguran

1. Periksakan Kadar Hormon Progesteron
Di minggu-minggu pertama, hormon progesteron memang berperan besar untuk menguatkan hasil pembuahan menempel di dinding rahim agar tidak gugur. Berbeda di dua trimester berikutnya dimana fungsi hormon penguat kehamilan tersebut digantikan fungsi plasenta yang sudah terbentuk di trimester kedua.

Kadar hormon progesteron yang rendah akan membuat ibu yang sedang hamil muda rentan keguguran. Ibu hamil muda harus memiliki kadar hormon progesteron serum di atas 18,9. Jika memang kadar hormon progesteron Anda rendah maka dokter akan memberikan tambahan melalui suntik atau obat.

2. Berhenti Menyusui
Jika Anda telah dinyatakan positif hamil namun Anda masih dalam keadaan menyusui maka sebaiknya segera sapihlah bayi Anda. Karena jika tidak, dikwatirkan akan terjadi kontraksi pada rahim Anda dan membahayakan janin yang Anda kandung. Namun sebaiknya untuk hal ini konsultasikan ke dokter Anda.

3. Hindari Makanan Beresiko
Makanan yang beresiko di sini adalah makanan laut seperti udang, cumi-cumi, kepiting yang terkontaminasi mercury yang dapat menyebabkan kecacatan janin. Selain itu hindari juga makanan setengah matang demi mengindari infeksi toksoplasma yang sangat berisiko menyerang plasenta dan bayi Anda.

4. Hindari Mengkonsumsi Zat Berbahaya
Bagi ibu hamil sebaiknya tidak terpapar asap rokok dalam lingkungannya apalagi merokok karena Karbonmonoksida pada asap rokok dapat meracuni tubuh janin serta oksigen dalam darah berkurang.

Selain itu hindari minuman yang mengandung alkohol, makanan yang mengandung rum, mewarnai rambut saat hamil, atau menggunakan obat-obatan kimia (krim wajah) juga berbahaya bagi para wanita hamil. Karena dapat mempercepat penyerapan pewarnaan rambut dan berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

5. Konsumsi Makanan yang Bergizi
Nah setelah Anda bisa menghindari hal-hal yang beresiko seperti di atas, Andapun perlu makanan yang bergizi guna membantu menjaga kesehatan janin dan juga kekuatan kandungan terutama trimester pertama.

Penuhilah kebutuhan gizi Anda dan bayi Anda mulai dari karbohidrat, protein dan vitamin dengan mengkonsumsi aneka makanan seperti daging, telur, sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Cari tahu apa makanan sehat saat hamil pada trimester pertama.

6. Hindari Memakai Sepatu Hak Tinggi
Hindari menggunakan sepatu hak tinggi saat Anda sedang hamil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terjadinya keguguran karena posisi kaki ibu hamil yang kurang sempurna atau lebih cepat lelah. Selain itu resiko terjatuh dengan pemakaian sepatu hak tinggi juga lebih besar.

7. Hindari Beraktifitas Lebih yang Berpotensi Menganggu Kondisi Kandungan
Anda tidak bisa menyamakan aktifitas anda ketika hamil dan sebelum hamil meskipun Anda mungkin tidak merasakan keluhan apa-apa seperti mual, pusing, dan lain-lain. 

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda tetap harus hati-hati saat usia kandungan masih kurang dari tiga bulan dengan menghindari dulu berbagai aktifitas yang berat yang bisa membuat anda kekapsulekan.

Demikian tips-tips menjaga kehamilan trimester pertama untuk menghindari keguguran/ cacat pada bayi. Semoga usaha Anda untuk menjaga kondisi bayi Anda agar tetap sehat diridhoi oleh Allah S.W.T. Amin.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *