Tips Obat Flu Untuk Ibu Hamil

obat flu untuk ibu hamil
Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit banyak menjelaskan mengenai masalah obat flu untuk ibu hamil. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan, disebabkan sangat sensitifnya seorang ibu yang sedang mengandung terhadap obat-obatan. Kesalahan dalam mengkonsumsi obat-obatan dapat berakibat fatal, bukan hanya terhadap sang ibu, tetapi juga terhadap janin yang sedang dikandungnya.

Penyakit Influenza atau yang lebih sering dikenal sebagai flu ialah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA yang menyerang seorang manusia. Gejala yang paling umum ialah timbulnya demam, nyeri kepala (pusing), batuk dan hidung tersumbat. Influenza juga dapat menyebabkan gejala mual dan muntah-muntah bagi penderita-nya. Biasanya setelah 1-2 hari tertular virus influenza, seseorang akan mulai merasakan gejala-gejala penyakit flu ini.

Biasanya penyakit influenza atau flu sering ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin dari penderita flu tersebut. Dapat juga ditularkan melalui kontak langsung dengan lendir atau cairan dari penderita influenza. Selain itu influenza dapat juga ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita penyakit flu.

Salah satu kelompok yang memiliki risiko terbesar untuk tertular penyakit ini adalah ibu hamil. Biasanya para dokter selalu merekomendasikan bagi para ibu hamil untuk segera mengkonsumsi obat flu untuk ibu hamil yang tepat setelah merasakan gejala-gejala dari penyakit influenza. Selain itu biasanya sangat disarankan untuk banyak beristirahat, meminum banyak cairan dan menghindari untuk merokok.

obat flu untuk ibu hamil

Pencegahan Penyakit Flu


Ada pepatah, “Lebih tepat untuk mencegah suatu penyakit, daripada mengobati penyakit tersebut”. Hal ini juga berlaku bagi penyakit influenza atau flu. Beberapa langkah yang dibutuhkan untuk mencegah agar tidak terkena penyakit influenza ini adalah :
  1. Menjaga kesehatan pribadi dan kebiasaan higienis yang baik (misal : sering mencuci tangan dengan sabun atau cairan mengandung alkohol).
  2. Menutup hidung saat bersin dan batuk.
  3. Menghindari kontak dengan orang yang sakit, dan jika sedang sakit sebaiknya tetap berada di rumah saja.
  4. Menggunakan masker wajah untuk mencegah penularan virus influenza.
  5. Hindari merokok.
  6. Pada kelompok dengan risiko tertular yang tinggi, disarankan untuk dapat dilakukan vaksinasi dengan vaksin influenza. Virus influenza sangat terkenal dengan kemampuluannya dalam hal bermutasi diri. Oleh karena itu, efektifitas dari vaksinasi flue ini adalah sangat beragam. Tetapi paling tidak dengan vaksinasi ini dapat didapatkan kekebalan selama beberapa hari.
obat flu untuk ibu hamil

Obat Flu Untuk Ibu Hamil


Bagi kebanyakan anggota masyarakat, penyakit flu adalah suatu penyakit yang ringan dan tidak memerlukan perhatian khusus. Sehingga ketika salah satu anggota keluarga ada yang terjangkit penyakit ini, maka tindakan yang dilakukan adalah dengan membeli obat penyakit flu yang dijual bebas. Hal ini adalah sesuatu yang umum dilakukan oleh masyarakat luas. Hanya saja hal ini tidak dapat dilakukan terhadap ibu hamil. Pada kasus seorang ibu hamil yang terjangkit penyakit influenza, maka sangat perlu adanya perlakuan yang berbeda. Diperlukan analisa dan saran dari dokter untuk menentukan obat flu untuk ibu hamil yang tepat.

Khusus untuk ibu yang sedang hamil, jika gejala flu yang diderita cukup ringan, maka hal yang perlu dilakukan adalah :

  1. Banyak beristirahat dan tidur.
  2. Minum air putih dan mengkonsumsi vitamin.
  3. Mengkonsumsi madu ditambah dengan pepermint. Kemudian diseduh dengan air hangat.
  4. Pergunakan minyak kayu putih dan mentol untuk melegakan pernapasan.
Jika flu yang diderita sudah sangat berat maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan para dokter sebelum mengkonsumsi suatu obat. Malah adalah sesuatu yang dilarang keras bagi wanita hamil, untuk mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep atau rekomendasi dari dokter.

Biasanya jika flu yang di derita sudah sangat berat, maka dokter akan menentukan obat-obatan yang risikonya paling kecil bagi ibu hamil. Obat yang dipilihkan biasanya parasetamol untuk demam. Obat lainnya seperti antihistamin pun pasti dipilihkan yang paling aman, begitu juga antibiotik jika perlu.

obat flu untuk ibu hamil

Obat Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil


Obat antibiotik yang perlu perhatian khusus (harus diwaspadai) atau tidak boleh diminum oleh ibu hamil dan menyusui :
  1. Golongan Sefalosporin, seperti : cefuroxime acetyl, cefotiam diHCl, cefotaxime Na, cefoperazone Na, ceftriaxone Na, cefazolin Na, cefaclor dan turunan garam monohydrate-nya, cephadrine, dan ceftizoxime Na.
  2. Golongan Makrolid, seperti : clarithomycin, roxirhromycin, erythromycin, spiramycin, dan azithromycin.
  3. Golongan Aminoglikosida (biasanya dalam turunan garam sulfate-nya), seperti amikacin sulfate, tobramycin sulfate, dibekacin sulfate, gentamycin sulfate, kanamycin sulfate, dan netilmicin sulfate.
  4. Golongan Tetracyclin, seperti : doxycycline, tetracyclin dan turunan HCl-nya (tidak boleh untuk wanita hamil), dan oxytetracylin (tidak boleh untuk wanita hamil).
  5. Golongan Kuinolon, seperti : ciprofloxacin dan turunan garam HCl-nya, ofloxacin, sparfloxacin dan norfloxacin.
  6. Golongan Penicillin, seperti : amoxicillin, turunan tridydrate dan turunan garam Na-nya.
Kehamilan adalah sesuatu yang sangat spesial bagi seorang wanita. Kehadiran seorang bayi adalah sesuatu hal yang selalu dinanti-nantikan dalam sebuah keluarga. Ketika seorang wanita mulai mengandung, maka ia masuk kedalam fase yang khusus bagi seorang wanita. Oleh karena itu, kondisi ini menuntut perlakuan yang juga spesial atau khusus bagi seorang ibu yang sedang mengandung. Adalah hal yang sangat penting untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap kondisi kesehatan wanita yang sedang mengandung. Jangan pernah meremehkan suatu penyakit yang kelihatannya sangat tidak serius seperti penyakit flu. Karena hal itu sangatlah berbahaya bagi ibu dan janinnya. Jika seorang ibu hamil terkena penyakit flu, segeralah pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapat saran tentang obat flu untuk ibu hamil yang tepat baginya. Tindakan ini sangat diperlukan agar sang ibu dan janin yang sedang dikandungnya senantiasa dalam kondisi yang sehat dan prima.

Akhir kata, jika anda membutuhkan informasi yang lebih detail tentang masalah kesehatan ibu hamil, janganlah ragu untuk menelusuri tautan barikut ini … PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *