Tips Menjaga dan Merawat Kehamilan Trimester Ketiga

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Tips Menjaga dan Merawat Kehamilan Trimester Ketiga

<br />Tips Menjaga,Merawat Kehamilan Trimester Ketiga

Kehamilan trimester ketiga merupakan saat-saat yang paling mendebarkan bagi ibu hamil karena semakin mendekati pada proses persalinan. Pada trimester ketiga ini perut ibu hamil menjadi semakin membesar dan janin dalam kandungan pun sudah mulai bergerak aktif. Jika Anda adalah ibu hamil dengan anak pertama maka jangan takut atau bingung menghadapi kondisi kehamilan menjelang persalinan ini. Berikut ini tips yang dapat dilakukan ibu hamil menjelang kehamilan trimester ketiga dan tips menghadapi proses persalinan:

Tips Menjaga dan Merawat Kehamilan Trimester Ketiga

  • Pada trimester ketiga, ibu hamil sering mengalami pegal dan nyeri pada bagian punggung. Hal ini wajar karena penambahan berat badan menambah tekanan pada punggung . Lakukanlah pijatan ringan pada bagian punggung untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu, tegakkanlah punggung baik ketika duduk, berdiri ataupun berjalan, karena punggung yang membungkuk dapat menambah rasa sakit.
  • Jangan makan makanan cepat saji karena mengandung kalori lemak dan garam cukup tinggi. Terlalu banyak makanan berkadar garam tinggi dapat menyebabkan kejang-jekang di kaki akibat penumpukan garam yang menyumbat aliran darah di daerah kaki.
  • Pada trimester ketiga ini sebaiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi kalsium, karena kalsium sangat diperlukan untuk pembentukan gigi dan tulang janin. Contoh makanan yang banyak mengandung kalsium adalah mentega, susu, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran.
  • Jika tidur, posisi tidur yang baik bagi ibu hamil adalah posisi menyampuling ke sebelah kanan dengan posisi kaki diganjal bantal atau guling guna membantu melancarkan peredaran darah ibu hamil
  • Bagi ibu hamil yang tengah memasuki trimester ketiga disarankan untuk disarankan untuk melakukan senam hamil prenatal untuk persiapan persalinannya.
  • Lakukanlah jalan santai. Karena olahraga jalan santai adalah salah satu kegiatan yang baik bagi ibu hamil pada trimester ketiga sehingga dapat menguatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah
  • Hindari mengalami perubahan suhu yang terlalu drastis seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Karena pada masa ini pembuluh darah ibu hamil berada pada titik kepekaan yang berlebihan sehingga menjadi sensitif.
  • Jangan pernah menahan jika ingin buang air kecil. Segeralah buang air kecil jika begitu sudah terasa karena jika sering menahannya bisa menyebabkan gangguan pada saluran kandung kemih.
  • Jangan panik bila tiba-tiba ibu hamil mengalami kontraksi dini di periode trimester ketiga, hal tersebut merupakan hal yang wajar apabila kontraksi tersebut tidak disertai dengan keluarnya cairan dari vagin4.
  • Pada trimester ketiga ini ibu hamil jangan melakukan aktifitas yang menguras fisik karena kondisinya yang cepat lelah.
  • Persiapkan mental dengan baik dengan mengumpulkan keberanian dan kekuatan fisik secara lahir dan batin untuk proses persalinannya
  • Pada masa ini ibu hamil bisa mempersiapkan perlengkapan bayi untuk menyambut kelahiran si buah hati.

Demikian tips kehamilan trimester ketiga dan tips menghadapi proses persalinan. Persiapkan mental sebaik-baiknya dengan tetap menjaga dan merawat kehamilan Anda serta tidak lupa berdo’a kepada Allah S.W.T semoga diberikan yang terbaik buat kita ..Amin.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *