Tips Menjaga dan Merawat Kehamilan Trimester Kedua

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Tips Menjaga dan Merawat Kehamilan Trimester Kedua

<br />Tips Menjaga,Merawat Kehamilan Trimester Kedua

Tips menjaga dan merawat kehamilan pada trimester kedua dilakukan saat kandungan ibu hamil memasuki bulan ke-4 hingga ke-6. Perubahan yang cukup signifikan terjadi pada fase kehamilan ini, antara lain terjadi pada dada ibu yang terasa lebih penuh dan membesar akibat stimulasi hormon estrogen dan progesteron. Selain itu pada masa trimester kedua ini ibu biasanya akan mengalami berbagai hal misalnya timbulnya gangguan pencernaan, dan sulit untuk buang air besar. Ibu akan sulit buang air besar jika ibu kurang mengkonsumsi banyak sayur serta kurang meminum air putih. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Berikut ini beberapa tips menjaga dan merawat kehamilan pada trimester kedua:

Tips Menjaga Merawat kehamilan trimester kedua

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi


Setelah kita berusaha memahami dan mempraktekkan bagimana tips-tips menjaga kehamilan pada trimester pertama, pada trimester kedua ini si ibu harus mulai memperhatikan kondisi bayi. Pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil tetap harus dipenuhi seperti halnya pada trimester pertama. Namun pemenuhan nutrisi bagi ibu hamil pada trimester kedua berbeda dengan pemenuhan nutrisi pada trimester pertama.

Pada trimester kedua si ibu akan membutuhkan lebih banyak kalori seperti nasi, roti, gandum dan sejenisnya untuk memacu pertumbuhan dan peningkatan berat badan bayi dalam kandungan. Namun si ibu tetap harus memperbanyak makanan yang mengandung zat besi yang berasal dari sayur-sayuran hijau, protein dari kacang-kacangan, daging, ikan, vitamin dari buah-buahan, kalsium dari susu, telur, daging dan sebagainya.

Makanlah dalam porsi kecil namun sering. Dan jangan memakan makanan maupun minuman yang kurang mengandung manfaat bagi janin, seperti mi goreng, bakso, kopi, teh, makanan cepat saji, alkohol dan sejenisnya.


2. Mandi dengan Air Hangat
Mandi dengan rutin pada pagi dan sore hari menggunakan air hangat akan membuat otot-otot ibu hamil menjadi rileks dan tidak mudah kejang yang dapat berakibat sering menimbulkan kram. Untuk menghindari kaki tidak menjadi bengkak dan aliran darah tetap lancardan tidak hanya mengumpul di daerah kaki, ibu hamil harus selalu memposisikan kaki lebih tinggi dibandingkan tubuh.


3. Hindari Aktivitas Berat dan Beristirahat
Untuk menjaga kondisi bayi ibu harus mulai menghindari pekerjaan-pekerjaan yang berat seperti menarik beban secara berlebihan, memanjat tangga, jogging dan melakukan olahraga-olahraga ekstrem dalam waktu yang lama.Ibu hamil juga harus memperbanyak istirahat karena beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, hati dan paru-paru bekerja dengan sangat keras ketika ibu hamil beraktifitas.


4. Hindari Makanan Setengah Matang
Hindarilah makanan-makanan yang belum matang benar atau setengah masak seperti sate, steak, maupun ayam atau daging panggang. Begitu pula, sebaiknya tidak memakan tulang, semisal ayam goreng, sup tulang sapi dan lain sebagainya. Hal ini menghindari janin terserang virus atau bakteri yang terdapat pada daging atau makanan setengah masak maupun tulang-tulangan.


5. Hindari Membungkuk
Membungkuk di sini adalah dimana posisi kepala ibu lebih rendah dari perut. Oleh karena itu jika ingin mengambil barang atau memungut sesuatu jangan langsung menunduk atau membungkuk. Karena posisi ini akan memberikan tekanan pada saluran ketuban dan dapat menyumbat asupan nutrisi maupun udara ke bayi. Jika harus mengambil suatu barang, sebaiknya ibu hamil berjongkok.


6. Mulai Melakukan Perawatan Payudhara


Mulai melakukan perangshangan pada payudhara dengan melakukan pemijatan pada payudhara agar puthing menjadi lebih besar dan susu ibu dapat terproduksi dengan lancar dan melimpah. Membersihkan puthing dengan baby oil atau krim agar puthing susu tidak membengkak atau meradang saat ibu menyusui bayi.

7. Olahraga Ringan
Tips menjaga dan merawat kehamilan pada trimester kedua yang terakhir adalah  melakukan olahraga ringan diantaranya adalah jalan-jalan di pagi hari dan melakukan senam wanita hamil.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *