TIPS KEHAMILAN: Manfaat Olah Raga untuk Ibu Hamil

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > TIPS KEHAMILAN: Manfaat Olah Raga untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah manfaat olah raga bagi ibu hamil: 

1. Menguatkan otot

Kehamilan mengakibatkan beberapa otot tubuh menjadi lemah. Kondisi ini dapat diperkuat dengan latihan. Tanpa latihan apa pun, anda akan merasakan sakit di bagian tubuh lain. Misalnya, jika otot-otot perut anda kurang kuat, maka otot pinggang anda harus bekerja ekstra untuk menahan tulang belakang. Olahraga perlu dilakukan untuk menyeimbangkan kekuatan otot-otot tubuh.

2. Menjaga kelancaran kerja jantung dan peredaran darah

Dengan berolahraga, sirkulasi darah dalam tubuh berjalan lancar. Hal ini mengakibatkan tubuh bisa lebih efisien “memompa” oksigen untuk memenuhi kebutuhan janin. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar akan mencegah terjadinya varises (pelebaran pembuluh darah).

3. Membantu berjalan tegak

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka beban tubuh anda juga semakin berat. Akibatnya, keseimbangan badan berubah dan berpusat diperut, sehingga pada saat berjalan, anda cenderung “membuang badang” ke depan atau ke belakang. Artinya, sikap tersebut melawan daya tarik bumi. Padahal kedua sikap tubuh yang salah tersebut akan membuat pinggang anda sakit. Dengan berolahraga, gangguan tersebut bisa dihindari.

4. Membantu persalinan

Para ahli mengungkapkan, otot-otot tubuh yang “terbentuk” dan kuat, cenderung membuat persalinan lebih cepat dan mudah. Itulah sebabnya, mereka yang secara rutin berolahraga sepanjang kehamilannya, lebih kecil kemungkinanya mengalami operasi caesar. Kekuatan dan stamina mereka lebih baik, sehingga mereka mempu mengendalikan konsentrasi saat melahirkan.

5. Memiliki daya tahan tubuh setelah melahirkan

Setelah melalui proses persalinan yang sangat melelahkan , anda masih harus merawat bayi anda. Dengan kebiasaan berolahraga, anda akan memiliki lengan dan punggung yang kuat. “Modal” anda yang satu ini besar manfaatnya saat anda menggendong dan mengangkat si kecil.

6. Mengurangi selulit

Olahraga secara teratur mengurangi risiko terkena selulit (lemak yang bentuknya seperti kulit jeruk dan berkerut disekitar pinggang dan paha). Perubahan hormonal dalam tubuh, sirkulasi darah yang buruk, dan tidak aktifnya fisik merupakan pemicu terbentuknya selulit.

7. Memperbaiki kulit tubuh

Olahraga pada dasarnya membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan memperbaiki bentuk dan warna kulit anda. Kulit wajah anda akan bersinar dan lebih sehat, sementara kulit tubuh menjadi lebih sehat dan lentur. Manfaat olahraga yang lainnya adalah memperkecil kemungkinan timbulnya guratan-guratan bekas kehamilan

8. Mengurangi stres

Ibu hamil biasanya rentan terhadap stres. Stres ini dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Berolahraga akan memicu keluarnya hormon endorfin, yaitu hormon yang membuat Anda merasa senang atau bahagia.

9. Membantu menurunkan risiko pre-eklampsia

Olahraga selama kehamilan terbukti dapat menurunkan risiko pre-eklampsia (keracunan dalam kehamilan).

10. Memperlancar ASI

Dengan lancarnya sirkulasi darah, maka bugarlah tubuh Anda. Aliran ASI pun diharapkan lebih lancar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *