Tips Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Tips Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

buah yang baik untuk ibu hamil
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai buah yang baik untuk ibu hamil dan manfaatnya, khususnya ialah mengenai manfaat air kelapa untuk ibu hamil, manfaat sari kurma untuk ibu hamil, manfaat pisang untuk ibu hamil dan manfaat alpukat untuk ibu hamil. Makanan atau buah-buahan ini sangatlah dianjurkan untuk konsumsi bagi ibu yang sedang hamil karena akan sangat berguna untuk Sang ibu dan janinnya.

Bagi seorang ibu atau wanita yang sedang hamil, biasanya sangat diharuskan untuk dengan teliti dan konsisten memantau segala sesuatu yang dimakannya. Semua itu dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan kesehatan janin di dalam rahim.

Berikut adalah buah yang baik bagi ibu hamil muda dan manfaatnya :

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

 

Dr. Bruce Fife dalam bukunya “Coconut Water for Health and Healing” banyak sekali membahas manfaat air kelapa untuk ibu hamil ini. Banyak sekali kandungan zat yang berguna yang terdapat dalam air kelapa ini, dan khususnya pada air kelapa muda. Berikut beberapa manfaat air kelapa bagi ibu hamil :
  1. Air kelapa muda mengandung zat elektrolit yang amat lengkap dan amat bermanfaat bagi ibu hamil, terutama saat trimester pertama. Apalagi di trimester pertama, umumnya keluhan mual muntah membuat ibu hamil terancam dehidrasi. Jadi air kelapa muda menjadi asupan yang amat bermanfaat untuk menggantikan cairan yang hilang ketika mual muntah menimpa.
  2. Menurut Dr. Bruce Fife, air kelapa muda juga mengandung serat, magnesium, vitamin A, vitamin C, multi vitamin B lengkap (pyridoxin, thiamin, asam folat dan riboflavin). Ibu hamil yang mengeluh gampulang lelah dan pegal-pegal disarankan untuk minum air kelapa yang banyak mengandung vitamin B1. Vitamin B1 akan mengubah gula darah menjadi energi, sehingga meningkatkan ketahanan tubuh dan mengusir rasa lelah. Sedangkan vitamin B6 akan meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang mengatur mood sedangkan asam folat atau vitamin B9 akan membantu pertumbuhan janin. Janin membutuhkan kalsium agar memiliki tulang yang kuat dan jantung yang sehat.
  3. Air kelapa juga merupakan diuretik alamiah yang membantu tubuh membuang zat tak berguna dari dalam tubuh ibu hamil. Diuretik juga membantu mengendalikan tekanan darah. Dan air kelapa sebagai diuretik juga mencegah keluhan infeksi saluran kencing yang biasa menimpa ibu hamil.
  4. Di dalam air kelapa juga terkandung asam laurat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan membantu tubuh memerangi infeksi khususnya antibacterial, anti-viral dan anti-fungal. Asam laurat dalam air kelapa ini ditemukan juga dalam air susu ibu (ASI), yang dapat mencegah penyakit. Dengan menambahkan air kelapa dalam menu makanan ibu menyusui maka akan meningkatkan jumlah asam laurat dalam ASI. Dengan sendirinya hal ini akan menambah kekuatan bayi terhadap kemungkinan serangan infeksi bakteri dan virus.
  5. Air kelapa juga memiliki sejumlah elektrolit vital yang mampulu menjaga ketersediaan cairan (hydration), dan membuat ibu hamil terhindari dari keluhan konstipasi. Air kelapa juga mengandung 11% kecukupan serat ibu hamil yang membuat ibu hamil dapat teratur BAB.
Nah, sudah terbukti khan khasiat dari air kelapa ini. Makanya untuk ibu hamil, janganlah ragu ragu untuk mengkonsumsi air kelapa ini. Selain rasanya yang segar, juga khasiatnya yang sangat berguna bagi ibu hamil.
manfaat sari kurma untuk ibu hamil

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

 

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Banyak ibu hamil yang memilih sari kurma sebagai makanan favoritnya selama masa kehamilan. Rasanya sangat manis, dan manfaat kurma sangat luar biasa banyaknya. Berikut beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil :
  1. Zat besi yang terkandung pada sari kurma juga sangat baik bagi ibu hamil karena bisa membentuk hemoglobin dan juga sel darah merah. Ibu hamil tidak akan merasakan anemia dan akan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh ibu dan tentu janin yang ada dalam kandungan ibu.
  2. Sari kurma juga mengandung hormone potuchin yang baik untuk mengurangi pendarahan ketika melahirkan bayi anda. Hormon lainnya seperti oksitosin juga akan mempermudah persalinan nanti. Hormon ini sangat bagus bagi anda yang ingin memperlancar ASI.
  3. Sari buah kurma mengandung banyak glukosa, dan fruktosa atau karbohidrat. Kandungan tersebut sangat baik untuk para ibu hamil. Ibu hamil akan mempunyai stamina yang baik ketika sedang menunggu proses kelahiran bayi mereka. Karena buah ini akan menambah kekuatan saat persalinan nanti.
  4. Sari kurma ini sangat baik juga karena akan memberikan anda cukup kalium yang bagus untuk mempertahankan kontraksi otot jantung dan mengatur tekanan darah pada tubuh anda.
  5. Sari kurma juga mengandung serat fiber sangat bagus untuk memperlancar proses pembuangan jadi waktu melahirkan tidak akan banyak kotoran yang akan menumpuk di usus para ibu hamil yang akan menghambat proses persalinan.
  6. Dan yang terakhir ialah sari buah kurma juga mengandung nutrisi kalsium yang bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi dan kesehatan tulang anda.
Sari buah kurma ataupun buah kurma sangat mudah untuk ditemukan. Anda bisa meminum satu atau dua sendok makan saja setiap harinya dan sebagian besar kebutuhan nutrisi selama kehamilan akan bisa terpenuhi.
manfaat pisang untuk ibu hamil

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

 

Manfaat pisang untuk ibu hamil sudah banyak dikenal di masyarakat kita sejak lama. Harganya yang relatif murah dan sangat gampulang di temui dimana saja (buah ini tidak mengenal musim), membuat buah pisang menjadi sangat populer bagi banyak orang.

Buah pisang banyak mengandung zat kalium yang tinggi, hal ini sangat cocok bagi penderita tekanan darah tinggi. Hal ini sudah diklaim oleh badan berwenang yang memberi izin kelayakan makanan di Amerika Serikat yaitu FDA. Mereka telah mengakui bahwa pisang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi potensi stroke. Kandungan kalium dikombinasikan dengan kadar garam rendah membawa manfaat bagi penderita tekanan darah tinggi.

Selain kandungan tersebut, pisang antara lain mengandung magnesium, fosfor, besi, kalsium dan kalium. Tidak hanya itu, pisang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin B6, dan serotonin yang berfungsi sebagai neurotransmitter untuk melancarkan fungsi otak agar optimal.

Khusus bagi ibu hamil, buah pisang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Banyak perubahan terjadi pada tubuh ibu selama masa kehamilan. Dalam sembilan bulan masa kehamilan, Anda biasanya akan mengalami pertambahan berat badan hingga 11-15 kg. Bertambahnya berat badan tersebut biasanya disebabkan oleh peningkatan sirkulasi darah, peningkatan ukuran payudar4, sejumlah kecil lemak ekstra, cairan ketuban, dan tentu saja bayi yang dikandung.

Energi adalah hal penting untuk pertumbuhan bayi yang sedang dikandung. Menurut para ahli  kesehatan, seorang ibu hamil membutuhkan sekitar 1.500 kJ energi dalam sehari. Mengkonsumsi 2 buah pisang akan memberi Anda 1.000 kJ energi tersebut. Selain itu, pisang mendukung energi Anda dalam bentuk lemak bebas, dan mereka juga akan tetap membuat tubuh ibu hamil tetap bugar.

Buah pisang adalah makan besar yang sebaiknya dikonsumsi lebih sering selama masa kehamilan karena mengandung berbagai nutrisi bermanfaat seperti Vitamin B6, folat, Vitamin C, dan sebagainya. Berikut manfaat buah pisang untuk ibu hamil secara lebih detail :
  1. Karbohidrat. Energi tambahan yang diperlukan selama masa kehamilan, terutama harus berasal dari karbohidrat dan protein, dan sedikit lemak. Pisang merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik. Karbohidrat pada buah pisang terbentuk dari gula alami dan sedikit pati dalam buah pisang itu sendiri.
  2. Zat besi. Zat besi diperlukan untuk kesehatan darah ibu hamil, terutama membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan membantu pertumbuhan dan nafsu makan. Kebutuhan zat besi pada saat hamil bisa melompat dari 18 mg – 27 mg. Meskipun pisang hanya menyediakan sedikit zat besi, tapi vitamin C yang dikandungnya sangat membantu penyerapan zat besi dari usus. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 0,5 mg zat besi.
  3. Vitamin C. Ascorbic Acid (vitamin C) diperlukan untuk membentuk pembuluh darah, kulit, gusi, dan bahkan tulang bagi ibu hamil. Tambahan vitamin C yang dibutuhkan selama kehamilan biasanya meningkat dari 45 mg – 60 mg per hari. Buah pisang adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Dua buah pisang akan memenuhi setengah dari kebutuhan harian vitamin C pada saat masa kehamilan.
  4. Vitamin B6. Vitamin ini dibutuhkan untuk membentuk jaringan sehat, membuat sel-sel darah merah, dan membawa impuls syaraf. Dua buah pisang akan mengakomodir kebutuhan vitamin B6 yang biasanya meningkat hingga 1.9 mg per hari selama masa kehamilan.
  5. Folat. Zat ini dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel baru dan gen, terutama untuk pertumbuhan sel darah merah yang sangat dibutuhkan dalam masa kehamilan. Kekurangan folat berpotensi menimbulkan kelainan tulang belakang pada bayi. Sumber zat folat terbaik sebenarnya terdapat pada sayuran berdaun hijau, ekstrak ragi, dan hati. Tapi, buah pisang juga berkontribusi menyumbang folat pada saat kehamilan.
  6. Protein. Protein dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung pertumbuhan sel baru pada ibu dan bayi, terutama di trisemester dua dan tiga. Sekitar 14 gram protein dibutuhkan oleh ibu hamil, dan itu bisa diraih dengan mengkonsumsi telur, roti, dan pisang.
  7. Energi. Ekstra energi diperlukan untuk pertumbuhan janin serta produksi plasenta. Dua buah pisang dalam sehari akan memenuhi sebagian besar kebutuhan energi ekstra tersebut.
Setelah tahu fakta ini tentu akan menambah semangat Anda untuk mengonsumsi buah pisang, bukan? Tidak salah untuk menyediakan pisang setiap harinya di rumah. Anda bisa memilih pisang yang dimakan langsung atau terkadang memilih untuk mengolahnya menjadi berbagai variasi makanan yang penuh nutrisi bagi tubuh.
manfaat alpukat untuk ibu hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

 

Manfaat alpukat untuk ibu hamil sangatlah banyak, terutama dari kandungan asam folat yang sangat tinggi pada buah alpukat. Selain menguatkan saraf bayi, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga menurunkan resiko bayi terlahir cacat.

Asam folat atau vitamin B9 merupakan bagian dari vitamin B kompleks yaitu jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Karena sifatnya yang mampulu larut dalam air ini, membuat vitamin ini tidak bisa tersimpan lama di dalam tubuh. Karena tidak dapat tersimpan lama di dalam tubuh maka ibu hamil perlu banyak asupan asam folat setiap harinya untuk membantu tubuhnya dalam memproduksi serta menjaga kesempurnaan DNA dan RNA sebagai bahan genetik tubuh.

Beberapa ahli kesehatan sependapat bahwa ada banyak manfaat alpukat untuk ibu hamil. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa buah yang paling banyak mengandung asam folat ialah buah alpukat. Tapi, walaupun banyak manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, dikarenakan rasanya yang hambar dan memiliki kadar lemak yang cukup tinggi inilah yang membuat banyak orang memutuskan untuk tidak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Padahal, walaupun kandungan lemak dalam alpukat menkapsulai 20 sampai 30 kali dari jumlah kandungan lemak yang ada pada buah-buahan lain, tapi perlu diketahui bahwa lemak yang terkandung dalam buah alpukat ini adalah lemak tak jenuh tunggal yang ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil tidak hanya karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Buah ini merupakan satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Untuk para ibu hamil yang membutuhkan banyak lemak sebagai penambah energi mungkin bisa mengkonsumsi buah alpukat ini.

Menurut Prof. dr. Joseph Hersh dari Fakultas Kedokteran Universitas Louisville, Kentucky, AS, mengatakan bahwa tri semester pertama pada janin merupakan masa pembentukan sistem saraf termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Janin  yang kekurangan asam folat bisa menyebabkan gangguan jantung, cacat pada saluran kemih, bibir sumbing, serta cacat anggota tubuh lainnya.

Kurangnya asam folat ini akan mempengaruhi pembentukan fungsi otak, sumsum tulang belakang dan saraf sehingga mengakibatkan bayi lahir cacat. Jika pasokan asam folat tidak mencukupi kebutuhan janin, maka janin akan mengambil nutrisi dari cadangan sang ibu, hal ini akan berdampulak buruk bagi kesehatan sang ibu. Selain susah tidur, ibu juga akan mudah terkena anemia, keletihan, cepat lupa, mudah depresi bahkan berubahnya warna rambut. Selain itu ibu juga terancam bisa terkena kanker payudar4, kanker usus besar serta kanker pankreas.

Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, ibu menyusui 500 mikrogram, serta perempuan dewasa 400 mikrogram. Selain asam folat dan lemak, alpukat mengandung serat yang mampulu membantu mencegah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan kadar kalium (bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah) pada alpukat 2-3 kali lebih banyak daripada pisang.

Semoga pembahasan mengenai manfaat alpukat untuk ibu hamil ini bisa membantu selama proses kehamilan ibu-ibu. Untuk mengetahui manfaat buah alpukat untuk ibu hamil lainnya anda bisa menanyakannya langsung ke pakar kesehatan untuk mengetahuinya secara pasti.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil haruslah memenuhi berbagai kriteria. Salah satu kriteria yang harus dapat dipenuhi ialah terpenuhinya kandungan gizi dan nutrisi dalam makanan tersebut. Salah satu makanan yang dapat memenuhi kriteria tersebut adalah buah-buahan segar. Masalahnya adalah bagaimana kita memilih buah yang bagus untuk ibu hamil. Pada kesempatan kali ini, saya telah membahas 4 buah yang sangat berguna bagi kesehatan ibu hamil dan janin-nya. Mudah-mudahan hal ini dapat membantu para ibu yang sedang mengandung dalam memilih buah apa saja yang baik bagi dirinya dan janin yang dikandungnya. Akhir kata, jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detail lagi, silahkan hubungi situs berikut ini … Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *