Tanda-tanda Seorang Wanita Mulai Hamil

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Tanda-tanda Seorang Wanita Mulai Hamil

<br />Tanda-tanda Orang Mulai Hamil

Tanda-tanda orang hamil akan dirasakan oleh Anda atau wanita lainnya seperti yang dirasakan oleh wanita-wanita manapun di dunia jika orang tersebut memang ditakdirkan oleh Allah S.W.T untuk hamil (telah mengalami proses terjadinya kehamilan dalam kandungannya). Banyak wanita yang ingin supaya cepat hamil hamil setelah sekian lama mereka menikah. Namun banyak juga wanita-wanita yang mengalami tanda-tanda hamil namun tidak menginginkannya. Untuk memastikan seseorang memang lagi hamil bisa menggunakan test pack yang hasilnya bisa 99% akurat. Berikut ini 13 tanda-tanda pendukung jika Anda mulai hamil (tanda2 orang hamil). 

http://tipstipskehamilan.blogspot.com/

1. Terlambat Haid

Jika haid Anda tidak kunjung datang bisa jadi Anda mulai mengalami kehamilan atau yang disebut dengan amenorrhoea. Berhentinya haid merupakan tanda bahwa sel telur telah dibuahi oleh sel sperma. 

Namun tidak semua haid yang datang terlambat adalah tanda kehamilan karena ada juga factor-faktor lain yang menyebabkan haid tidak kunjung dating, seperti stress atau makan obat-obatan seperti Primolut N, norethisteron, lutenil atau pil kontrasepsi.


2. Perubahan pada Payudar4

Salah satu tanda kehamilan adalah payudar4 Anda menjadi membengkak namun lebih lunak. Payudar4 terasa lebih sensitif, gatal, berdenyut seperti kesemutan dan terasa nyeri saat disentuh. Perubahan ini dikuti dengan bentuk puting yang semakin membesar, warna aerola yang semakin gelap dari biasanya dan guratan pembuluh darah yang semakin kelihatan.

Perubahan-perubahan di atas akibat dari meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesterone di tubuh Anda. Namun ketidaknyaman ini akan jauh berkurang setelah trimester pertama saat tubuh Anda sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan hormon.

3. Sering Merasa Lelah

Meningkatnya kadar hormon progesterone, kerja ginjal, jantung serta paru-paru pada awal kehamilan atau pada trimester pertama menyebabkan Anda sering merasa lelah. Tapi persaan cepat lelah ini akan hilang setelah menkapsulai trimester kedua.

4. Ada Bercak Darah

Munculnya bercak darah, merah muda atau hanya bercak noda berwarna coklat kemerahan di vagin4 sekitar 11-12 hari setelah berhubungan. Hal ini terjadi akibat menempelnya embrio ke dinding atau menempelnya embrio ke dinding rahim atau yang disebut dengan implantasi.

5. Perut seperti Kram

Salah satu tanda Anda mulai hamil adalah perut terasa kram.

6. Perasaan Mual dan Ingin Muntah

Jangan lupakan alasan ini jika Anda merasa mual dan ingin muntah saat Anda sedang mencicipi masakan orang lain. Bisa jadi ini tanda-tanda kehamilan yang sedang Anda tunggu-tunggu yang terjadi pada saat yang tidak tepat.

Mual dan muntah biasanya terjadi setelah 1 bulan melakukan hubungan suami istri atau 2 minggu setelah tidak haid. Hal ini disebabkan meningkatnya hormone hCG (Human Chorionic Gonadotrophin) atau hormone manusia yang menandakan ada janin di tubuh Anda.

7. Peka Terhadap Bau

Mungkin selama ini Anda biasa dengan bau tertentu lalu saat mulai hamil Anda merasa sangat peka, merasa jijik bahkan ingin muntah karena bau tersebut. Misalnya bau kopi, bau ikan mentah atau bau masakan tertentu.

8. Perut Terasa Kembung/ Sembelit

Jika Anda mulai hamil Anda mungkin merasa perut kembung seperti sembelit dan susah buang air besar. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon progestron yang menjadikan proses pencernaan menjadi lambat.

9. Sering Buang Air Kecil

Jika Anda sedang berbadab dua maka tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak cairan tambahan yang diproses oleh ginjal dan kandung kemih. Hal ini menyebabkan Anda lebih sering ingin buang air kecil.

10. Selalu Ingin Meludah

perubahan kadar hormone estrogen pada tubuh Anda yang sedang hamil menyebabkan Anda ingin selalu meludah atauyang disebut hipersalivasi.

11. Suhu Basal Tubuh Meningkat

Suhu basal adalah suhu yang diambil dari mulut begitu Anda bangun tidur di pagi hari. Suhu basal tubuh akan sedikit meningkat setelah ovulasi dan akan turun ketika Anda haid. 

Jika suhu basal tubuh Anda tidak menurun selama 18 hari berturut-turut bisa jadi Anda mengalami kehamilan. Untuk mengukur suhu basal tubuh Anda bisa menggunakan termometer yang diletakkan di bawah lidah.


12. Mengidam

Perubahan hormon pada tubuh Anda yang sedang hamil bisa menyebabkan Anda tidak menyukai makanan kesukaan Anda atau malah ingin makan makanan yang sebelumnya tidak Anda sukai.

13. Mood Berubah-ubah

Sifat Anda yang suka berubah-ubah dimana di satu saat sangat emisonal, cepat sedih dan cepat gembira adalah hal yang wajar saat Anda mulai hamil. Hal itu disebabkan produksi hormon yang sedang membanjir di tubuh Anda.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *