Spa Untuk Ibu Hamil

spa untuk ibu hamil
Spa untuk ibu hamil menjadi trend yang sedang meningkat saat ini, di masyarakat perkotaan. Siapa bilang ibu hamil tidak boleh ber-spa ria ? Yang penting ialah perhatikan rambu-rambunya dan pastikan bahwa programnya memang untuk ibu hamil.

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut ibu pun makin membesar. Ini karena ukuran janin pun semakin bertambah. Hanya saja, kondisi ini mempengaruhi keseimbangan ibu sehingga ibu sering mengalami pegal-pegal di punggung. Betis pun terasa tengang karena harus menopang tubuh dengan berat yang lebih besar. Perubahan hormon saat hamil juga dapat mempengaruhi kondisi kulit. Pada sebagian ibu, kulit tampulak menjadi lebih gelap dan lebih kering dari biasanya, dan tak jarang timbul jerawat di wajah.

Untuk mengatasi aneka keluhan tadi, ibu hamil dapat melakukan sejumlah relaksasi atau sekadar perawatan tubuh di spa. Ada beberapa program yang dapat dilakukan oleh ibu hamil disana. Namun, harap perhatikan apa yang perlu dihindari.

Luluran

Luluran bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit. Ibu hamil sebaiknya memilih bahan-bahan lulur dengan bahan-bahan alami. Jika ibu tahan terhadap bahan aromaterapi atau rempah-rempah, silahkan saja untuk menggunakannya. Semua produk yang digunakan harus berbahan alami dan tidak menggunakan produk-produk yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

 

Manicure Pedicure

Berguna untuk mempercantik penampulilan kuku jari dan mengembalikan kesehatan kuku, terutama bagian kutikula, sekaligus untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit tangan serta kaki. Perawatan ini juga sangat membantu ibu hamil, mengingat perut yang semakin lama semakin membesar akan mempersulitnya untuk memotong kuku sendiri. Namun, sebelumnya pastikan alat-alat manicure pedicure di spa disterilisasi terlebih dahulu.

 

 

Facial

Berguna untuk melancarkan peredaran darah di wajah sehingga wajah menjadi lebih bersinar. Lakukan facial dengan lembut. Bila terjadi kontraksi, segera hentikan upaya untuk menghilangkan jerawat / komedo. Hindari juga penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya (tidak menggunakan obat jerawat, obat pemutih wajah atau penghilang kerut). Penggunaan alat listrik atau laser selama ibu berbadan dua juga tidak disarankan.

 

 

Scrub

Selain untuk mengurangi bercak kehitaman pada kulit wajah, scrub juga boleh dioleskan ke seluruh tubuh, termasuk bagian perut. Tentu harus dipilih bahan scrub yang aman sekaligus dapat melembabkan kulit.

 

 

Pijat

spa untuk ibu hamil
Umumnya, gerakan pemijatan berupa pengusapan dan penekanan sedemikian rupa yang tidak merangsang terjadinya kontraksi. Seluruh tubuh ibu boleh dipijat, kecuali bagian perut dan payudar4. Utamakan pemijatan pada wilayah punggung, pinggang dan kaki karena selama masa kehamilan, bagian-bagian itulah yang sering terasa pegal-pegal.

Posisi tubuh ketika di pijat bisa telentang menghadap ke samping (miring). Tambahkan bantal lembut untuk menahan perut dan di bagian kaki supaya lebih relaks. Dengan begitu, saat pemijatan, terutama bagian punggung, ibu akan merasa lebih nyaman.

Sebaiknya pemijatan dilakukan secara rutin. Jika usia kehamilan kurang dari 4 bulan bisa dilakukan sebulan sekali, jika sudah 6 bulan atau lebih sebaiknya dilakukan sebulan dua kali. Lamanya pemijatan bisa dilakukan selama 80 menit untuk seluruh tubuh. Minyak yang aman digunakan adalah minyak zaitun / olive oil.

Banyak sekali manfaat prenatal massage (pijat untuk ibu hamil), antara lain :
  1. Mengatasi keletihan atau pegal.
  2. Memberikan relaksasi untuk otot yang tegang.
  3. Membantu melancarkan peredaran darah sehingga supply gizi dan oksigen ke janin lebih lancar.
  4. Mengurangi stress.
  5. Mengurangi bengkak pada kaki.
  6. Membantu tidur lebih nyenyak.
  7. Merangsang kolagen di kulit sehingga bisa mencegah terjadinya stretchmark.
  8. Mengurangi kelelahan pada punggung.
  9. Mengurangi kram pada kaki.

 

Creambath


Untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan alami, ibu bisa melakukan creambath, pemberian krim khusus bergizi ke dalam pori-pori kulit kepala. Pilihlah krim rambut yang dapat memberikan gizi pada rambut, seperti : krim yang mengandung asam amino, vitamin B kompleks, biotin dan kalsium. Lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala agar zat-zat gizi yang terdapat pada krim meresap ke dalam akar-akar rambut. Pijatan juga diyakini dapat melancarkan peredaran darah di kepala sehingga zat-zat makanan yang diperlukan untuk rambut dapat meresap dengan baik. Khusus untuk ibu hamil, creambath dapat dilakukan sambil tiduran untuk mengurangi rasa penat. Banyak sekali salon-salon yang menyediakan perawatan khusus untuk ibu hamil.

 

Berendam


Berendam dapat bermanfaat sebagai bagian dari relaksasi. Suhu air yang ideal adalah hangat-hangat kuku atau tidak boleh lebih dari 37 derajat Celcius. Suhu yang terlalu panas dapat merangsang terjadinya kontraksi. Lama berendam cukup 10 menit dan gunakan bahan alami untuk berendam, seperti susu.

 

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Dalam Memilih Program Spa

 

spa untuk ibu hamil
Biasanya pada tempat spa menyediakan beberapa program spa untuk ibu hamil. Agar pilihan program atau treatment-nya tepat, mohon ibu memperhatikan rambu-rambu berikut ini :
  1. Lakukan Setelah Trimester Pertama. Prenatal Massage sebaiknya tidak dilakukan pada trimeser awal karena pada tiga bulan kehamilan masih sangat rentan terjadi keguguran. Lebih aman dilakukan pada usia kehamilan menginjak trimester dua akhir dan tiga (4-9 bulan). Pertimbangannya pada usia kehamilan ini, janin sudah kuat, sementara ibu pun sudah melewati masa-masa yang tidak menyenangkan.
  2. Aman Dilakukan Asalkan Oleh Tenaga Profesional. Pijat untk ibu hamil aman dilakukan tetapi harus dengan tenaga profesional, bukan dengan pemijat biasa karena kondisi ibu hamil berbeda dari orang yang tidak hamil.
  3. Tidak Semua Treatment Di Spa Dapat Dilakukan Oleh Ibu Hamil. Ada beberapa treatment yang sebaiknya tidak dilakukan, seperti mikrodermabrasi, peeling dengan bahan-bahan kimia, pemijatan dengan batu panas, dan sauna.
  4. Perhatikan Keseimbangan Elektrolit Ibu Hamil. Keseimbangan elektrolit pada tubuh penting untuk menghindari terjadinya dehidrasi yang dapat membahayakan janin. Beberapa program spa dapat menyebabkan tubuh memproduksi keringat secara berlebihan (seperti : sauna). Untuk itu, hindari program spa yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi keringat berlebihan agar tubuh tak cepat kekurangan cairan. Selain itu, suhu panas dapat meningkatkan produksi hormon prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai masalah seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini … PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *