Senam Ibu Hamil Muda

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Senam Ibu Hamil Muda

<br />Senam Ibu Hamil Muda

Senam wanita hamil adalah bagian dari kegiatan olahraga ringan yang dilakukan oleh ibu hamil agar sirkulasi darah ke seluruh tubuh ibu hamil bisa lancar, stamina selama kehamilan meningkat dan kondisi ibu hamil tetap bugar sehingga si ibu dan janin yang dikandungnya dapat tumbuh sehat sekaligus agar pada waktu persalinan nanti dapat berjalan lancar. Senam wanita hamil muda perlu dilakukan saat wanita mulai dalam masa trimester kedua demi menjaga dan merawat kehamilan trimester kedua. Berbeda dengan senam biasa, gerakan-gerakan senam wanita hamil dilakukan khusus untuk melatih otot-otot tertentu, persendian serta melatih pernafasan yang nantinya berperan dalam mekanisme persalinan. Berikut beberapa gerakan senam wanita hamil muda yang bisa dilakukan di rumah dengan sendirian maupun didampulingi oleh orang yang ahli.

senam wanita hamil

Duduklah bersila diatas kasur atau matras yang empuk dengan posisi punggung tegak dan wajah menghadap ke depan, kedua tangan mengarah ke depan memegang lutut seperti orang yang sedang bermeditasi.

Tarik nafas perlahan-lahan melalui hidung kemudian keluarkan juga perlahan-lahan melalui mulut. Lakukan ini dengan rileks dan santai selama beberapa menit setiap harinya.

Masih dalam posisi duduk, luruskanlah kedua kaki kemudian condongkan tubuh ke belakang dengan menggunakan kedua tangan sebagai penyangga tubuh. Dengan posisi kaki tetap dalam keadaan lurus ayunkan kaki ke atas, ke bawah, dan ke samping secara perlahan-lahan.

Gerakan selanjutnya adalah dalam posisi seperti merangkak. Kepala, punggung dan pantat dalam keadaan lurus dan sejajar dengan jarak antara dua tangan sama dengan jarak antara dua bahu untuk keseimbangan tubuh.

Lakukan gerakan seperti menundukkan kepala diikuti dengan melihat perut dan pinggang diangkat. Lalu angkat kepala kemudian turunkan pinggang. Lakukan gerakan ini beberapa kali sambil mengatur nafas.

Gerakan senam ibu hamil muda yang selanjutnya ini dapat anda lakukan ketika anda mau tidur. Saat Anda berbaring terlentang angkat kedua kaki kemudian pegang lutut dengan kedua tangan. Anda dapat lakukan gerakan ini setiap malam menjelang tidur.

Demikian beberapa gerakan senam wanita hamil muda. Sangat dianjurkan untuk melakukan gerakan senam ibu hamil ini saat usia kandungan menginjak trimester kedua atau 4 bulan ke atas. Juga sangat dianjurkan sebelum melakukan senam ibu hamil muda tersebut untuk berkonsultasi pada dokter atau bidan terlebih dahulu tentang beberapa olahraga/ senam yang baik demi perkembangan janin anda.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *