Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan – Bagian 8

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan – Bagian 8

masalah kehamilan
Berikut ini adalah rangkuman beberapa pertanyaan seputar masalah kehamilan yang sangat sering dijumpai di masyarakat kita.

 

 

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Tapai ?


Rasa tapai yang asam manis memang menyegarkan. Apalagi di trimester pertama, umumnya ibu hamil mengalami mual muntah dan mulut terasa pahit. Mengkonsumsi makanan yang asam dan segar, terasa lebih nikmat di mulut. Namun, sebaiknya batasi konsumsi tapai. Pasalnya, tapai adalah makanan yang terbentuk akibat proses fermentasi sehingga di dalamnya terdapat kandungan alkohol yang dapat merangsang kontraksi rahim.

 

 

Kapan Kantung Hamil Terbentuk ?


Terbentuknya kantung kehamilan merupakan pertanda telah terjadi kehamilan. Umumnya, kantung kehamilan telah dapat terlihat sejak usia kehamilan 4 minggu dengan menggunakan USG transvagin4l. Namun, tak menutup kemungkinan kantung kehamilan ini kosong alias tak berisi embrio sebagai cikal bakal janin. Hamil kosong ini disebut juga blighted ovum. Selanjutnya, memasuki trimester kedua, kantung kehamilan akan berisi air ketuban yang berfungsi sebagai bantalan janin.

 

 

Gusi Ibu Hamil Meradang Dan Membesar


Tahukah ibu, beberapa penelitian menyebutkan, 50% ibu hamil mengalami peradangan dan pembesaran gusi? Hal ini dimulai pada bulan kedua kehamilan dan memuncak pada bulan ke-8, lalu secara bertahap berkurang pada bulan ke-9 hingga setelah persalinan.

Hal ini terjadi akibat ibu hamil mengalami perubahan hormon akibat pengaruh metabolisme tubuh yang berubah sehingga pembuluh darah kapilernya pun mengalami pembesaran. Itulah mengapa, gusi ibu membengkak dan memerah, berbeda dari hari-hari biasanya. Itu pula yang menyebabkan gusi mudah berdarah ketika ibu sedang menggosok gigi.

Kondisi itu akan semakin parah bila ibu malas membersihkan rongga mulut. Apalagi di awal kehamilan umumnya ibu hamil mengalami mual muntah. Bila rongga mulut tak dibersihkan setelah muntah, dikhawatirkan sisa muntah yang tertinggal di rongga mulut akan semakin memperparah kondisi gusi yang sedang bermasalah. Akibatnya, pada sebagian ibu hamil ada yang sampai mengalami penyakit gusi (periodontitis). Itulah mengapa, ibu hamil harus ekstra memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya.

 

 

Mengatasi Nyeri Selama Persalinan


Nyeri selama persalinan tidak lagi menjadi momok bagi ibu hamil. Ibu dapat memanfaatkan penghilang rasa nyeri yang dikenal dengan istilah epidural. Lebih daripada 90% perempuan yang mendapatkan epidural terbebas total dari rasa sakit. Ibu jadi lebih tenang dan nyaman, sehingga dapat lebih aktif mengikuti tahapan proses persalinan.

Epidural termasuk dalam pembiusan di bagian tubuh tertentu. Suntikan diberikan dengan tujuan mengebaskan bagian bawah perut dan kaki. Kontraksi yang dirasakan saat bersalin pun tak lagi terasa. Kapan pelaksanaannya? Umumnya dilakukan saat bukaan sudah menkapsulai 4-5 cm.

 

 

Syarat Ibu Hamil Boleh Ngemil


Tak jarang karena pengaruh kehamilannya, ibu jadi malas mengkonsumsi makanan berat, seperti nasi beserta lauk pauknya. Bila demikian, ibu perlu menyediakan makanan camilan. Tapi, bagaimana jika ibu ingin makanan camilan seperti : cake, biskuit, cokelat, dan aneka keripik (semisal keripik kentang)? Sebetulnya itu semua kurang baik dikonsumsi selama hamil. Pasalnya, makanan-makanan tersebut miskin gizi, hanya kaya kalori. Belum lagi kandungan garam dan MSG yang tinggi pada aneka snack keripik. Jadi, boleh saja ibu mengkonsumsi camilan jenis ini, namun harus dibatasi dan pilihlah yang rendah lemak, rendah garam, serta tak ber-MSG. Sebetulnya, yang lebih dianjurkan adalah mengkonsumsi buah-buahan segar. Selain itu, jangan sampai ibu lebih mengutamakan makanan camilan, sementara makanan beratnya diabaikan. Ingat, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang demi tumbuh kembang janin yang optimal.

 

 

Yang Perlu Diperhatikan Oleh Ibu Hamil Untuk Berhubungan Intim

 

  1. Saat hamil muda, semua teknik dan posisi berintim-intim dengan pasangan boleh dilakukan. Tapi lakukanlah dengan lemah lembut.
  2. Masuk trimester tiga, seiring perut yang semakin membesar, tentu akan muncul hambatan. Umumnya, posisi paling nyaman adalah suami di belakang istri.
  3. Bila ibu mengandung janin kembar, baiknya konsultasikan dengan dokter mengenai cara berintim-intim paling aman dan nyaman.
  4. Hentikan hubungan intim jika ibu mengalami perdarahan, sekalipun hanya sedikit atau berupa vlek. Begitu pun jika ibu merasakan sakit atau nyeri. Konsultasikan segera pada dokter.
  5. Waspadai pula bila ibu hamil memiliki riwayat keguguran dan persalinan prematur, rahim/serviks lemah, letak plasenta di dekat/atas leher rahim, terjadi kebocoran ketuban dan lainnya.

 

 

Kadar Asupan Zat Besi Bagi Ibu Hamil


Jumlah zat besi yang dibutuhkan semasa kehamilan berbeda per trimester-nya. Pada trimester pertama, tambahan zat besi belum terlalu dibutuhkan. Kondisi ini menguntungkan bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah karena mengkonsumsi zat besi biasanya dapat memperparah kondisi ini. Masuk trimester dua, kebutuhan akan zat besi menjadi 35 mg per hari per berat badan (sama dengan mengkonsumsi kacang hijau atau setengah genggam daun ubi). Kemudian bertambah menjadi 39 mkg perhari per berat badan pada trimester tiga (sama dengan mengkonsumsi satu potong tempe).

Untuk memenuhi kebutuhan itu konsumsilah bahan makanan yang kaya akan zat besi, seperti : daging, hati, telur, serealia tumbuk, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

 

 

Pentingnya ANC


Ibu hamil dianjurkan menjalani ANC (antenatal care) secara teratur agar dokter dapat melakukan pemeriksaan dan pemantauan terhadap ibu dan janinnya, sehingga risiko komplikasi dapat diminimalkan atau malah dicegah. Hingga usia kehamilan 7 bulan, pola paling umum adalah satu kunjungan setiap bulan. Kemudian, dua minggu sekali saat usia kehamilan 7-8 bulan. Pada minggu-minggu terakhir, kunjungan dilakukan lebih sering, yakni setiap minggu sampai saat persalinan tiba.

 

 

Posisi Tidur Yang Tepat Dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

 

  1. Saat tidur telentang, taruh bantal di kepala dan di bawah bahu untuk menghindari sesak napas, juga di bawah kaki untuk menghindari pengumpulan darah di anggota tubuh tersebut.
  2. Posisi tidur terbaik adalah tidur miring ke kiri dengan menempatkan bantal di bawah kepala dan bahu agar sirkulasi darah ke janin tidak terganggu. Lutut agak ditekuk dan ditaruh bantal di antaranya. Tentu ibu boleh bolak-balik posisi demi menghindari rasa pegal / sakit.
  3. Setelah kehamilan membesar, tidurlah dengan posisi kepala agak tinggi. Hindari tidur dengan posisi datar, karena semakin datar, tekanan rahim pada paru-paru semakin besar dan bisa membuat sesak napas.

 

 

Kehadiran Suami Saat Persalinan


Pendampulingan dan dukungan dari suami mampulu menambah rasa percaya diri ibu  sehingga dapat menjalani detik-detik persalinan dengan menyenangkan.

Ada banyak aktivitas yang dapat suami lakukan ketika mendampulingi ibu bersalin. Di antaranya membantu mengusap keringat di wajah dan menyingkirkan helai-helai rambut ibu  di sela-sela kontraksi. Atau, sekedar memijat lembut punggung ibu untuk mengurangi rasa nyeri. Sentuhan dapat memberikan keajaiban, dengan sentuhan lembut dari suami dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin ibu yang sekaligus bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Suami terkadang juga dibutuhkan tenaganya untuk membantu memberikan tenaga kepada ibu yang melakukan persalinan normal.

Untuk itu, alangkah baiknya suami menyempatkan diri ikut melakukan konsultasi sebelum persalinan. Bahkan, bila perlu suami ikut kelas-kelas prenatal agar paham berbagai hal yang harus dilakukan saat di ruang persalinan.

 

 

Mengusir Keletihan Ibu Hamil Yang Berlebihan


Apakah ibu hamil merasakan keletihan yang berlebihan? Penyebab keletihan ini adalah meningkatnya hormon progesteron. Selain disebabkan kelelahan fisik, misal, menumpuknya tugas-tugas kantor, bisa juga lantaran faktor psikologis, yakni kecemasan dan stres akan kehamilan yang sedang dijalani. Sebab lain ibu kekurangan zat besi.

Luangkan waktu untuk beristirahat di pagi dan siang hari, masing-masing 20 menit. Meski sebentar, niscaya akan memulihkan tenaga ibu.

Tidurlah lebih cepat setiap malam dengan durasi 9-10 jam. Ambil posisi tidur senyaman mungkin. Letakkan bantal di antara kedua kaki dan di bawah perut. Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri akan membantu meningkatkan aliran darah ke janin. Posisi ini juga dapat membantu kerja ginjal dalam membuang sisa makanan dan cairan dari tubuh ibu. Yang juga penting, perbanyak mengkonsumsi bahan makanan yang kaya zat besi, seperti daging atau sayuran hijau, ini akan memulihkan dan menjaga energi.

 

 

Aksesori Wanita Hamil Agar Tak Nampulak Gemuk


Penggunaan aksesori pada wanita hamil dapat mempercantik penampulilan, namun jangan asal menggunakan. Berikut aturan mainnya :
  1. Hindari menggunakan aksesori yang terlalu banyak dan menumpuk karena akan memberikan kesan, ibu terlihat lebih besar.
  2. Pilih yang warnanya senada dengan baju.
  3. Jangan terlalu kecil karena hanya akan membuat ibu tampulak gemuk.
  4. Jika baju ibu sudah terlihat ‘berat’, hindari aksesori yang berat juga. Cukup kenakan aksesori simpel sebagai penetral penampulilan, seperti : kalung, gelang, dan anting-anting yang sederhana atau hanya terdiri atas satu layer saja.
  5. Untuk busana polos, kenakan aksesori dengan detail yang bisa memberi warna.

 

 

IMD Pasca Caesar


Ibu tak perlu ragu untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) setelah bersalin caesar. Bila situasi memungkinkan, dokter akan langsung meletakkan bayi di dada ibu (skin to skin) saat masih di meja operasi. Tentu dengan terlebih dagulu memperhitungkan kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Pada saat IMD, penempatan posisi bayi pada payudar4 sangat penting untuk membantu proses menyusui dan mencegah nyeri puting. Pastikan tubuh bayi dekat dengan ibu (dada ke dada, dagu dekat).

IMD juga menguntungkan bayi karena memperoleh kolostrum yang penting baginya. Apalagi bila bayi berasal dari pasangan yang memiliki riwayat alergi atau intoleransi makanan.

 

 

Makanan Penghilang Rasa Mual


Ibu merasakan mual dan muntah di awal kehamilan? Itu karena adanya perubahan sistem hormon pada tubuh. Ada beberapa bahan makanan yang dipercaya dapat mengurangi mual-mual, yaitu :

  1. Bahan makanan tinggi karbohidrat, seperti : kentang, biskuit, roti, umbi-umbian, singkong, dan sebagainya. Makanlah dalam porsi kecil.
  2. Bahan makanan mengandung vitamin B6 (vitamin ini memiliki sifat anti-mual), seperti : jamur, hati, ikan, daging, kentang, gandum, ragi, kacang-kacangan, pepaya, pisang, sirop, tebu, dan sebagainya.
  3. Minum air jahe. Jahe berfungsi sebagai penghangat badan, sekaligus meredakan rasa mual. Ketika mual menyerang, minumlah air rebusan jahe sebanyak 250-300 ml.

 

 

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Di Kulit Ibu Hamil


Seiring bertambahnya usia kehamilan, perut ibu pun semakin membesar. Rasa gatal muncul karena kulit meregang dan kondisi kulit yang menjadi lebih kering. Berikut adalah cara untuk mengatasinya :
  1. Oleskan krim moisturizer pada kulit sekitar perut atau paha segera setelah mandi. Krim akan menambah kelembaban kulit yang dapat mengurangi munculnya rasa gatal.
  2. Banyak minum akan membantu kulit menjadi lembab.
  3. Kenakan pakaian dari bahan alami, seperti katun.

 

 

Bagaimana Caranya Mengurangi Sakit Kepala Pada Ibu Hamil ?


Lantaran perubahan hormon di tubuh, sebagian ibu ada yang merasakan sakit kepala di awal kehamilan. Namun, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Lebih baik, untuk mengurang sakit kepala, lakukanlah pijatan lembut di kepala. Gunakan ujung jari ibu untuk menggosok-nggosok bagian belakang leher, pelipis, kulit kepala, dan bahu. Dijamin rasa sakit di kepala berangsur berkurang.

 

 

Bagaimana Menyusui Bayi Dengan Puting Ibu Yang Datar ?


Bagi ibu yang memiliki puting yang datar, tak perlu khawatir. Ibu tetap dapat menyusui, asal teknik menyusui dan pelekatannya tepat. Memang sih, ibu akan merasa kesulitan untuk menyusui di awalnya. Baiknya ibu konsultasikan dengan konsultan laktasi agar dapat diajarkan teknik / posisi menyusui dan pelekatan yang tepat.

Hindari menggunakan nipple shield karena malah akan menyakiti puting ibu. Tak hanya itu, bisa-bisa bayi yang baru lahir juga tidak mau belajar cara melekat yang benar pada payudar4. Ibu juga perlu mencoba-coba posisi mendekap bayi yang paling nyaman buatnya. Aktivitas itu hendaknya didukung dengan upaya merangsang puting keluar. Misalnya, sebelum menyusui dengan menarik puting keluar, memompa payudar4 dengan tangan atau memakai tabung suntik.

 

 

Meni Pedi Pada Ibu Hamil


Ibu pasti setuju bila kuku perlu dijaga kebersihannya. Sayangnya, seiring dengan bertambah besarnya ukuran perut membuat ibu kesulitan untuk melakukan perawatan sendiri. Berikut ini adalah solusinya :

  1. Lakukan meni pedi di salon kecantikan. Bawalah perlengkapan milik pribadi sehingga aman dan terhindar dari penularan penyakit yang tak diharapkan.
  2. Meni pedi di rumah bisa dilakukan dengan bantuan suami. Cukup dengan sikat lembut untuk membersihkan kaki dan kuku (foot file dan nil file) serta krim nutrisi untuk kuku dan kulit di sekitar kuku.

Berikut caranya :

  • Rendam tangan dan kaki dalam air hangat.
  • Bersihkan sel kulit mati di sekitar kuku setiap kali memotong kuku.
  • Gosok ujung kuku agar tidak tajam.
  • Gunakan ampulelas kuku untuk merapikan pinggiran kuku.
  • Rendam kaki selama 5 menit dengan garam khusus (yang mengandung garam laut) dan minyak esensial.
  • Keringkan dengan handuk, lalu dorong perlahan bagian kutikula kuku dengan ujung bulat nail file.
  • Lembabkan dengan lotion khusus untuk perawatan kaki. Lotion biasa tidak mampulu terserap menembus kulit telapak kaki yang tebal.

Jika ibu membutuhkan informasi atau bacaan lebih lanjut mengenai proses kehamilan dan melahirkan, ibu dapat mengunjungi situs berikut ini … PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *