Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan – Bagian 4

masalah kehamilan
Berikut ini adalah rangkuman beberapa pertanyaan seputar masalah kehamilan yang sangat sering dijumpai di masyarakat kita.

 

 

 

Bagaimana Posisi Berhubungan Intim Yang Aman Ketika Hamil ?

 

Ketika sedang hamil, wajar saja jika tidak semua posisi berhubungan intim bisa ibu lakukan. Seperti apa berhubungan intim yang aman dilakukan? Intinya ialah supaya perut ibu terhindar dari trauma, cara yang terbaik ialah melakukan woman on top atau side by side. Hindari melakukan hubungan intim secara doggy style karena rahim dapat tersodok secara langsung.

 

 

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Ibu Hamil Mengalami Kram Pada Kaki ?

 

Ketika ibu hamil mengalami kram pada kaki, segeralah duduk dengan meluruskan kaki atau tidur telentang, lalu minta seseorang menekan telapak kaki ke arah tulang kering. Jika terlalu sering mengalami kram, ibu perlu mencatat dalam sehari berapa kali terjadi kram dan konsultasikanlah dengan dokter agar dokter bisa meneliti apa yang terjadi pada ibu dan mencarikan solusinya.

 

 

Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Melakukan Facial ?

 

Proses pengeluaran jerawat tidak dilarang saat hamil, asal dilakukan dengan benar. Hindari alat HF (high frequency) yang biasa digunakan untuk sterilisasi kulit. Alat supersonik yang biasa digunakan untuk menghaluskan wajah juga tidak disarankan. Ibu hamil juga tidak diperkenankan facial dengan bahan kimia, seperti formaldehyde acid, glicolic acid, AHA, dan BHA, karena dapat mempengaruhi perkembangan janin.

 

 

Bagaimana Busana Yang Cocok Untuk Wanita Hamil 9 Bulan ?

 

Sungguh suatu dilema, ibu hamil harus membayar mahal untuk busana yang hanya dipakai sebentar. Untuk menyiasatinya, ada trik yang bisa membuat ibu lebih berhemat.
  1. Untuk busana ke kantor, bisa dipilih baju dengan model tali belakang sehingga bisa dibesarkan atau dikecilkan sesuai dengan kebutuhan.
  2. Jika ingin menghadiri pesta, maxi dress dengan bahan lembut seperti sifon akan memberi kesan anggun. Busana ini bisa dipakai hingga usia kehamilan 9 bulan, bahkan usai persalinan saat tubuh ibu sudah kembali rampuling.
  3. Model baby doll merupakan busana favorit sepanjang masa. Potongan lebar di bagian perut membuat ibu hamil nyaman namun tetap modis.

 

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Vlek Pada Awal Kehamilan ?

 

Vlek yang disebabkan perdarahan ringan ini disebut juga spotting. Sekitar 20% ibu hamil mengalami spotting pada trimester pertama. Hal ini terjadi karena proses perlekatan sel telur yang sudah dibuahi dengan dinding rahim. Atau bisa juga akibat perubahan hormon yang disebabkan kehamilan. Ini biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama setelah pembuahan, sehingga dianggap normal. Namun, vlek bisa juga terjadi sampai dengan akhir kehamilan. Untuk memastikan penyebabnya, ibu hamil harus berkonsultasi deng dokter spesialis kandungan.

 

 

Apakah Janin Mengalami Cegukan ?

 

Apakah ibu pernah mengalami kedutan ringan yang teratur di perut? Rasanya menyerupai getaran yang teratur dalam rentang waktu yang singkat. Gerakannya tidaklah sekeras tendangan kaki janin. Getaran atau kedutan ini, umumnya disebabkan oleh janin yang sedang cegukan. Memang, tidak semua janin pernah cegukan. Kalaupun pernah atau terjadi berkali-kali, maka tidak perlu dikhawatirkan, karena cegukan pada janin adalah normal.

 

 

Bagaimana Aturan Makan Bagi Ibu Hamil Yang Mengalami Diabetes ?

 

Diabetes yang terjadi sejak sebelum hamil atau terjadi akibat kehamilan bisa disiasati dengan menerapkan pola makan yang tepat. Antara lain :
  1. Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi cukup setengah dari total kalori harian ibu. Pilih sumber karbohidrat kompleks yang berarti tidak mudah diubah menjadi gula.
  2. Protein yang dikonsumsi kira-kira 20% dari jumlah kalori harian.
  3. Hindari makanan berlemak jenuh, trans fat, dan kolesterol jahat. Lemak jenuh tidak boleh lebih dari 10% dari kalori harian.
  4. Banyak mengkonsumsi serat, dianjurkan 40-70 gram per hari. Serat dapat mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes yang sedang hamil.

 

 

Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Mengemudi ?

 

Siapa bilang kehamilan membuat ibu pantang mengemudikan kendaraan? Selama perut yang semakin membesar masih terasa nyaman di belakang kemudi, silakan saja. Tentu dengan mempertimbangkan kondisi jalan lalu lintas. Jika menggunakan kendaraan dengan transmisi manual, sebaiknya hindari lalu lintas yang padat. Otot tubuh bagian bawah yang menegang kemungkinan menimbulkan ketidaknyamanan di seputar perut. Selain itu, kepadatan lalu-lintas juga mudah memicu stress. Khusus untuk perjalanan yang panjang dan lama, lakukan istirahat beberapa jam sekali dan sebaiknya ada pendampuling. Pilih jalur yang kondisi jalannya baik, tidak berlubang atau bergelombang.

 

 

Apakah Yang Perlu Ibu Hamil Lakukan Jika Mengalami Kaki Bengkak ?

 

Apakah ibu banyak beraktivitas di luar ruangan? Bila ya, disarankan untuk memilih sepatu sandal yang nyaman. Bentuknya yang terbuka sungguh menguntungkan bagi kaki ibu yang umumnya agak membesar di akhir kehamilan. Pilihlah sepatu sandal dengan tinggi sol maksimal 3 cm demi keamanan, tidak mudah jatuh, dan menghindari ketegangan pada pergelangan kaki. Cermati bagian bawah alas kaki ibu. Pilih yang antislip dengan tekstur tegas agar tidak licin saat digunakan untuk berjalan. Sepatu sandal ini harus bisa dikencangkan atau dikendurkan sesuai perkembangan kondisi kaki ibu hamil.

 

 

Wajarkah Jerawat Pada Ibu Hamil ?

 

Jerawat pada ibu hamil adalah sesuatu hal yang wajar. Perubahan hormon saat kehamilan memang dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Namun, sebelum menggunakan obat jerawat, perhatikan dahulu kandungannya. Bila mengandung accutane (atau isotretinoin, nama generiknya), jangan digunakan. Pasalnya, accutane tergolong keras dan berbahaya. Penggunaan dalam jumlah kecil meski dalam waktu singkat dikhawatirkan dapat membahayakan perkembangan janin. Cacat lahir yang dikhawatirkan antara lain : keterbelakangan mental, berbagai malformasi otak, cacat jantung, dan kelainan wajah. Bagi ibu yang merencanakan kehamilan pun disarankan menghentikan minum obat berbahaya ini sebelum proses pembuahan. Untuk amannya, penggunaan obat selama kehamilan harus sepengetahuan dokter.

 

 

Bagaimana Fungsi Penyangga Perut Untuk Ibu Hamil ?

 

Perut yang membesar pada masa kehamilan dapat mempengaruhi keseimbangan ibu saat beraktivitas. Untuk membantu ibu tetap nyaman saat beraktivitas, pilihlah celana dalam yang memiliki penyangga perut. Tambahan penyangga perut berfungsi sebagai penahan gravitasi agar beban perut yang membesar jadi tak berlebihan, sehingga tetap nyaman beraktivitas. Selain juga bermanfaat untuk menahan goncangan perut pada saat beraktivitas. Atau, ibu dapat menggunakan penyangga perut yang terpisah, tidak menyatu dengan pakaian dalam. Pilihlah bahan yang nyaman dan mampulu menyerap keringat, seperti katun atau kaus.

 

 

Apakah Makanan Berlemak Tinggi Dapat Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil ?

 

Mengkonsumsi makanan berlemak memang terasa nikmat, karena umumnya terasa lebih gurih. Menurut anjuran ahli gizi, ibu yang sedang hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan berlemak maksimal 30% dari total kalori yang dibutuhkan. Contoh, dengan berat badan 58 kilogram, kalori yang dibutuhkan setiap harinya kurang lebih 2200 kalori. Jadi, kalau sudah mengkonsumsi sepotong ayam goreng tepung, sebaiknya tidak ditambah dengan gorengan lainnya.

 

 

Apa Dampulak Komputer Bagi Kehamilan ?

 

Memang sih, selama ini belum ada penelitian yang menunjukkan adanya bahaya berlama-lama di depan komputer sepanjang kehamilan. Berlama-lama di depan komputer hanya akan membuat nyeri di bagian punggung. Ibu disarankan sesekali menghentikan aktivitas di depan komputer untuk beristirahat dengan berjalan-jalan keliling ruangan agar aliran darah lancar.


Menurut Lori Wolfe, Konselor Genetik di babycenter(dot)com, beberapa penelitian membuktikan, tak ada dampulak serius berlama-lama di depan komputer. Bahkan, ibu tidak perlu khawatir akan menyebabkan kecacatan pada janin. Jadi silakan bekerja di depan komputer. Hanya saja ibu sesekali harus beristirahat.

 

 

Bagaimana Agar Ibu Hamil Tidur Lebih Nyenyak ?

 

Masuk trimester akhir denga perut yang makin membesar, sangat wajar jika ibu hamil jadi sulit tidur nyenyak. Namun begitu, bukan berarti tidur nyenyak tidak bisa diperoleh. Coba ibu tidur dengan posisi menyampuling ke kiri. Bagaimana rasanya? Lebih nyaman bukan!


Tidur dengan posisi menyampuling ke kiri menjadikan tekanan pada rahim berkurang sehingga diafragma tidak tertekan dan ibu tidak akan mengalami kesulitan bernapas saat tidur. Posisi ini sekaligus dapat membantu meringankan sakit punggung akibat beban janin. Manfaat lainnya, menurut Asosiasi Kehamilan Amerika, tidur dengan posisi menyampuling ke kiri dapat meningkatkan jumlah nutrisi dan darah yang mengalir ke janin. Ibu yang merasa terlalu lelah, disarankan meluangkan waktu untuk tidur siang, cukup sekitar 30 menit saja.

 

 

Bagaimana Air Kelapa Dapat Mencegah Kram Pada Ibu Hamil ?

 

Salah satu keluhan yang sering dilontarkan ibu perihal gangguan pada kaki adalah kram. Kaki kram umumnya disebabkan kekurangan kalium. Kebutuhan kalium pada ibu hamil kurang lebih sekitar 4700 mg. Ada banyak bahan makanan yang merupakan sumber kalium, salah satunya ialah air kelapa yang mengandung 670 mg kalium per 330 ml. Dengan demikian, ibu tak perlu ragu lagi untuk minum air kelapa selama hamil karena dapat membantu menjaga pasokan kalium.


Selain itu, masih banyak lagi manfaat air kelapa untuk kehamilan. Di antaranya : meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) karena air kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-virus sehingga melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

 

Adakah Hubungan Antara Kelahiran Prematur Dan Gusi Ibu Hamil Yang Bengkak ?

 

Peradangan gusi pada kehamilan ditandai dengan semakin meningkatnya rasa sakit di wilayah gusi, terjadinya perdarahan pada gusi, kegoyangan gigi, dan bau mulut. Peradangan ini memang tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti, namun bukan berarti ibu bisa mengabaikan peradangan gusi yang terjadi begitu saja. Menurut Journal Obstetric Gynecology, ibu yang gusinya terinfeksi dapat menularkan kuman pada janin melalui peredaran darah plasenta. Pada kasus yang diteliti terbukti kuman fusobacterium nucleatum yang menginfeksi gusi ibu ditemukan dalam janin dan mengakibatkan keguguran. Tidak hanya itu, beberapa penelitian lain juga membuktikan, peradangan gusi berisiko pada kelahiran prematur (kurang dari 37 minggu) dan berat badan bayi yang kurang (di bawah 2500 gram).

 

 

Apa Kegunaan Vitamin A Bagi Pertumbuhan Janin ?

 

Asupan gizi yang ibu terima akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Salah satu yang patut mendapat perhatian adalah kecukupan vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan bayi berat lahir rendah. Kebutuhan vitamin A ibu hamil kurang lebih 2500 IU per hari. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, santaplah kuning telur, sayuran berwarna hijau dan buah-buahan berwarna kuning, terutama wortel, cabai hijau dan tomat. Selain tidak boleh kekurangan, ada hal yang patut diperhatikan, yaitu ibu juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin A (tidak boleh lebih dari 2500 IU per hari). Mengapa? Vitamin A yang berlebih tidak terbuang lewat urine dan mengendap sebagai racun. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kelainan jantung, gangguan sistem kencing dan kelamin, atau dapat membuat bentuk wajah bayi cacat.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *