Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan Bagian – 11

Masalah Kehamilan, Ibu Hamil Tampulil Dengan Cantik, Ibu Hamil Terus Berkeringat, Ibu hamil Mendengarkan Musik Klasik, Ibu Hamil Minum Air Putih Setelah Diare, Makanan Ibu Hamil Penderita Anemia, Gigi Berlubang Pada Ibu Hamil, Ibu Hamil Mengkonsumsi Ikan Beku, Bahaya Kosmetik Pada Ibu Hamil, Ibu Hamil Muda Malas Makan, Operasi Kista Pada Saat Hamil, Pemeriksaan Dalam Kala Hamil, Ibu Hamil Donor Darah, Ibu Hamil Menimbang Badan, Memilih Seafood Yang Aman Bagi Ibu Hamil, Posisi Janin Sungsang, Sakit Usus Buntu Pada Kehamilan



Bagaimana Agar Ibu Hamil Dapat Tampulil Dengan Cantik ?

Ingin tampulil segar? Mudah saja. Salah satunya dengan memperhatikan busana yang ibu kenakan. Blus dan rompi panjang yang biasa dipakai sehari-hari bisa menjadi pilihan. Cukup memadukannya dengan t-shirt di bagian dalam, maka blus dan jaket jins bisa dikenakan oleh ibu hamil dengan membuka kancingnya.
Untuk busana kerja, ibu bisa mengenakan paduan celana panjang dan busana berbahan katun. Blazer panjang hingga mendekati lutut dengan kancing yang terbuka bisa dikenakan di bagian luar. Sedangkan untuk pilihan warna, bebas saja. Warna lembut, seperti cokelat muda, krem, biru muda, pink, dan warna-warna pastel bisa dikenakan hampulir di setiap kesempatan. Dalam kesempatan khusus, seperti saat menghadiri pesta, ibu bisa mengenakan pakaian warna terang atau berkilap.



Kenapa Ibu Hamil Terus Berkeringat ?

Ibu hamil kan terus sering berkeringat lantaran adanya perubahan hormon di tubuh. Perubahan ini menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah ke kulit dan membuat tubuh menjadi lebih hangat. Inilah yang merangsang kelenjar keringat untuk mendinginkan tubuh.
Untuk itu, ibu hamil disarankan banyak minum. Enggak perlu selalu air putih, jus juga bisa. Tapi hindari minuman tidak sehat seperti kopi atau soda. Dengan banyak minum, ibu dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang lewat keringat. Jika baju selalu basah oleh keringat, ibu juga harus sering berganti pakaian. Jadi jangan lupa untuk membawa baju ekstra di tas setiap bepergian.



Apakah Harus Selalu Mendengarkan Musik Klasik ?

Ibu hamil sering disarankan mendengarkan musik klasik untuk menstimulasi kecerdasan janin, bukan? Menurut Professor David Baron, Kepala Bagian Psikiatri dari Fakultas Kedokteran Universitas Temple Amerika Serikat, semua jenis musik baik dan dipercaya mampulu merangsang perkembangan otak janin.
Namun, jenis musik itu harus teratur dari segi tempo dan struktur nada, sehingga mampulu memberikan penggambaran tersendiri bagi otak. Jadi mau pilih keroncong, kasidahan, atau jazz, boleh-boleh saja.



Berapa Gelas Yang Harus Diminum Setelah Diare ?

Disebut diare jika ibu sudah buang air besar lebih dari 4 kali dengan jumlah relatif banyak. Yang paling dikhawatirkan dari kondisi ini adalah dehidrasi (kekurangan cairan). Gejalanya, badan lemas, rasa haus yang sangat, serta elstisitas kulit berkurang.
Setiap habis buang air besar, ibu harus minum setidaknya 2 gelas. Bila tetap berlanjut, segera ke dokter karena ibu hamil tidak disarankan membeli obat diare yang di jual bebas.
Untuk pencegahan, jalani pola hidup sehat. Tedengar klise ya, tapi ini memang cara yang paling efektif. Jadi, cucilah tangan sebelum makan dan hindari jajan sembarangan. Dengan begitu ibu dapat terhindar dari kuman yang membahayakan.



Apakah Makanan Yang Tepat Untuk Penderita Anemia ?

Apakah ibu serng merasa lelah dan letih, wajah nampulak pucat, sering pusing, dan ada kalanya sesak napas? Jangan-jangan ibu terserang anemia atau kekurangan darah. Konsultasikan hal ini pada dokter.
Anemia bisa dihindari dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, antara lain : apel, anggur, jeruk, melon, brokoli, bayam, kacang merah, gandum, sereal dan kacang almond.



Berbahayakah Gigi Berlubang Bagi Ibu Hamil ?

Tahukah ibu kalau gigi berlubang dapat memicu terjadinya kontraksi yang menyebabkan janin lahir prematur? Karena itulah ibu harus menjaga kebersihan mulut dan gigi. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Hindari camilan yang manis dan lengket agar tidak melekat di gigi. Pilihlah camilan jenis buah-buahan agar lebih sehat.
  • Biasakan minum setiap habis makan sehingga sisa makanan yang ada dalam rongga mulut terbilas dan tertelan ke dalam kerongkongan.
  • Gosok gigi setidaknya dua kali sehari. Untuk menghindari gusi berdarah saat menggosok gumakan sikat gigi yang halus denga kepala sikat kecil. Sakit gigi jenis ini juga tidak memicu refleks muntah.
  • Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang berada di sela-sela gigi.



Apakah Ikan Beku Dapat Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil ?

Ikan telah terbukti mendatangkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Kandungannya yang banyak protein, yodium, mineral besi, serta seng diperlukan tubuh. Untuk memilih ikan, secara spesifik perhatikan insang dan bagian matanya. Pilih insang berwarna merah cerah dan mata yang tampulak segar/tidak layu. Yang perlu diketahui, bisa saja ikan-ikan yang tersedia di supermarket tidak dalam kondisi segar. Sebab proses pembekuan yang sangat rendah (yaitu -10 atau -11 derajat Celcius), bisa mengawetkan ikan-ikan tersebut. Proses pembekuan ini dapat mengurangi aktivitas bakteri sehingga ikan tidak mengalami kerusakan. Ikan yang didinginkan seperti ini masih bisa dikonsumsi karena penyusutan nilai gizinya tidak signifikan. Kecuali jikan ikan sudah berbau, tentunya sudah tak layak lagi dikonsumsi.



Apa Saja Bahan Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil ?

  1. Merkuri. Dampulak merkuri adalah kerusakan saraf permanen dan gangguan perkembangan janin. Walaupun peredaran merkuri telah dilarang, waspada tetap perlu terutama terhadap kosmetik yang tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), tidak jelas produsennya, atau kosmetik merek palsu. Biasanya merkuri terdapat pada produk-produk kosmetik pemutih kulit.
  2. Retinoid. Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang fungsinya untuk mempercepat pergantian (regenerasi) sel. Biasa terdapat pada krim untuk mengatasi jerawat. Penggunaan retinoid dapat berakibat efek teratogenik atau cacat pada janin.
  3. Salicylic Acid (BHA). Salicylic Acid (BHA) atau asam salisilat biasanya terdapat dalam produk anti jerawat dapat berupa krim yang dioleskan di kulit ataupun obat oral. Penggunaan BHA oles dalam jumlah kecil dianggap aman selama kehamilan. Namun, meski belum ada penelitian yang menunjang, umumnya ibu hamil disarankan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan. Berbeda dengan produk oles, Salicylic Acid (BHA) dalam bentuk obat minum terbukti berbahaya bagi kehamilan. Penggunaan di trimester akhir, misalnya, dapat mengakibatkan perdarahan spontan pada otak. Studi juga menguak adanya peningkatan risiko keguguran dan cacat lahir.
  4. Hydroquinone. Hydroquinone merupakan bahan pemutih pada kosmetik. Ibu hamil kadang tergoda menggunakan kosmetik pemutih untuk menghilangkan bercak-bercak cokelat (pigmentasi) pada kulit wajah akibat kehamilan. Namun hati-hati sebab hasil riset penggunaan hydroquinone pada hewan menunjukkan adanya peningkatan kejadian keguguran, berat lahir rendah, dan gangguan perkembangan janin.
  5. Benzoil Peroxyde. Biasa terdapat pada obat jerawat. Meski belum ada penelitian tentang cacat janin akibat penggunaan benzoil peroxyde pada manusia, akan lebih bijak jika ibu tidak menggunakan kosmetik yang menggunakan bahan ini.
  6. Soy. Soy atau kedelai merupakan fitoestrogen yang justru dapat memperberat efek bercak hitam pada ibu hamil. Bisa terdapat pada produk pelembab dan sabun.
  7. Benzophenone-3. Benzophenone-3 (Oxybenzone) juga terdapat pada beberapa tabir surya. Bahan ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon.
  8. Rhodamin. Rhodamin biasa terdapat dalam make up dengan warna mencolok. Pewarna ini sebetulnya terlarang bagi kosmetik tetapi ada saja produsen yang nakal. Pemakaian rhodamin pada kosmetik dapat menyebabkan kanker kulit pada ibu dan kecacatan pada janin.



Apakah Penyebab Malas Makan Kala Hamil Muda ?

Di trimester awal lazimnya ibu jadi malas makan. Kendati begitu, bukan berarti ibu boleh selalu menuruti malas makan tadi. Soalnya, organ-organ vital janin justru terbentuk pada trimester awal. Otak, misalnya, berkembang pesat pada minggu ke 9.
Nah, jika ibu malas makan terus-menerus bisa-bisa perkembangan janin terhambat. Dengan demikian, meski mual muntah, cobalah mengatasinya. Diantaranya dengan menikmati makanan dalam porsi kecil namun frekuensi pemberiannya lebih sering agar kebutuhan secara keseluruhan bisa tercukupi.
Agar lambung ibu tidak kosong sekaligus mengurangi keluhan mualdi pagi hari, ibu juga disarankan makan sebelum tidur.



Apakah Operasi Kista Dapat Dilakukan Saat Hamil ?

Apakah ibu memiliki kista pada indung telur dan disarankan menjalani operasi pengangkatan kista saat hamil? Jangan khawatir, ternyata operasi ini tidak mengganggu janin.
Kita memang sering mengira operasi pada indung telur akan melukai rahim. Padahal rahim yang merupakan tempat tinggal janin letaknya cukup jauh dari indung telur tempat bersarangnya kista. Berarti janin dan kista memiliki “rumah” yang berbeda. Jadi ibu tidak perlu khawatir keguguran.
Tindakan operasi pengangkatankista malah akan menyelamatkan janin karena bisa menghindari terjadinya komplikasi selama kehamilan. Penanganan kista umumnya memang harus dengan operasi demi kebaikan ibu dan janin.



Apakah Perlu Melakukan Pemeriksaan Dalam Kala Hamil ?

Meski bikin risih dan tidak nyaman, namun pemeriksaan dalam wajib dijalani oleh ibu hamil jika dokter menganggapnya perlu. Pemeriksaan ini berguna untuk melihat ada tidaknya kelainan pada vagin4 sampai mulut rahim, selain itu juga untk menegakkan diagnosis kasus-kasus infeksi pada saluran indung telur, tumor, kanker, dan sebagainya.
Sampulai saat ini belum ada alat secanggih apapun yang bisa menggantikan fungsi pemeriksaan dalam. USG, umpamanya, hanya bisa diandalkan untuk mengevaluasi kesejahteraan janin maupun kondisi rahim, sementara kondisi mulut rahim itu sendiri tak bisa dinilai.



Bolehkah Ibu Hamil Donor Darah ?

Selama kehamilan, ibu tidak diperbolehkan menyumbangkan darahnya. Mengapa, karena kehamilan cenderung menyebabkan anemia sementara ibu perlu banyak suplai darah untuk janin dan dirinya sendiri. Menjadi donor darah dapat dilakukan kembali setelah masa nifas selesai.
Namun pada keadaan khusus, pengambilan darah dari calon ibu bisa saja dilakukan. Misalnya jika ternyata ibu harus bersalin dengan jalan operasi di usia kehamilan 38 minggu lantaran mengalami plasenta previa. Di usia kehamilan 32 minggu, bila kadar hemoglobin berkisar 10-12 g/d, maka ibu diperbolehkan menjadi donor darah untuk dirinya sendiri (auto transfusi). Sebelum waktu operasi tiba, darah tersebut akan disimpan di bank darah di rumah sakit.



Apakah Pentingnya Menimbang Badan ?

Ibu, jika diminta melakukan timbang badan saat periksa kehamilan, harap selalu dituruti. Karena meski tampulak sederhana, menimbang badan secara periodik bermanfaat untuk mendeteksi adanya kelainan selama kehamilan, seperti :
  1. Berat badan yang meningkat lebih dari 500 gram/minggu (atau 2.000 gram/bulan) terutama pada trimester akhir kehamilan, bisa dicurigai sebagai hipertensi dalam kehamilan (preeklamsia).
  2. Berat badan menetap / menurun perlu dipikirkan kemungkinan pertumbuhan janin terhambat atau kematian janin dalam rahim.



Bagaimana Memilih Seafood Yang Aman ?

Ibu senang makan seafood? Sebaiknya pilih seafood dari perairan laut dalam karena polusi perairan laut dalam tidak setinggi di perairan laut dangkal. Kandungan omega 3 ikan laut dalam pun lebih tinggi. Secara alamiah ikan tersebut mengeluarkan lemak tubuh demi melindungi diri dari suhu dingin di laut dalam. Lemak inilah yang menjadi sumber omega 3 yang penting bagi tubuh ibu hamil. Umumnya, harga ikan laut dalam lebih tinggi/mahal karena untuk mendapatkan ikan-ikan tersebut diperlukan biaya dan teknologi yang tidak murah. Ciri ikan laut dalam adalah memiliki daging yang tebal, seperti ikan makarel, sarden, tenggiri, lemuru dan salmon. Agar lebih aman lagi, pilih ikan laut dalam yang berumur relatif muda dengan ukuran tubuh lebih kecil.



Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Posisi Janin Sungsang ?

Biasanya dokter akan menganjurkan agar ibu hamil melakukan senam dengan posisi tubuh menungging. Menungging boleh dilakukan semenjak usia kehamilan 32 minggu. Bisa dilakukan selama 5-10 menit sebanyak 3-4 kali sehari. Posisi ini membantu janin berputar dan semoga tidak sungsang lagi.
Namun menungging tidak akan bisa lagi mengubah posisi janin jika kehamilan sudah 36 minggu.



Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Usus Buntu Pada Kehamilan ?

Usus buntu bisa menyerang siapa saja dan tak terkecuali wanita hamil. Risiko operasi usus buntu pada kehamilan memang meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Tetapi, peningkatan risiko keguguran atau lahir prematur bisa dikurangi dengan pemberian obat-obat hormonal.
Angka terjadinya keguguran atau lahir prematur disaat operasi usus buntu sangat kecil. Bagaimana bila usus buntu tidak dioperasi? Justru risikonya makin besar. Pasalnya, usus buntu yang meradang dan tak segera diatasi lama kelamaan dapat merusak dinding usus dan mengakibatkan usus berlubang. Sehingga isi di dalam usus yang berisi banyak kuman keluar ke dalam rongga perut. Akibatnya akan terjadi peritonitis dan akhirnya kuman-kuman tadi masuk ke seluruh tubuh hingga dikatakan keadaan sepsis. Keadaan ini justru jauh lebih berbahaya baik untuk ibu maupun anak.
Jika dokter bedah mengatakan harus dioperasi berarti memang harus dilakukan dan dari pihak dokter kandungan pasti diupayakan supaya rahimnya tidak kontraksi, misalnya dengan pemberian obat. Lantas, apakah operasi ini akan membahayakan janin? Tidak juga, janin itu kan ada di dalam rahim sedangkan usus buntu ada di luar rahim.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai seputar masalah kehamilan, silahkan kunjungi situs berikut ini … PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.   

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *