Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan Bagian – 10

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan Bagian – 10

Masalah Ibu Hamil

 

 

Bagaimana Caranya Agar Bersalin Menjadi Lancar ?

Hormon oksitosin memainkan peranan penting dalam persalinan karena memicu dan mengatur kontraksi. Agar persalinan lancar diharapkan ibu mampulu memproduksi oksitosin dengan baik saat persalinan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan hormon oksitosin :
  1. Tersenyum. Tersenyumlah selama 2 menit. Para peneliti mengatakan, senyum mengencangkan otot-otot di pipi yang mengalirkan darah ke otak pendinginan dan mempromosikan pikiran positif. Jadi, sambil menunggu proses persalinan, tersenyumlah.
  2. Lakukan Pijatan Di Pundak. Pijatan di pundak akan menciptakan rasa relaks. Rasa relaks dan tenang akan menstimulasi produksi hormon oksitosin.
  3. Tumbuhkan Rasa Tenang Dan Cinta. Ketenangan merupakan salah satu kunci menuju proses persalinan yang lancar dan nyaman. Ketika ibu tenang, hormon oksitosin akan semakin banyak diproduksi oleh tubuh. Ini akan mempengaruhi kontraksi rahim saat persalinan sehingga dapat berjalan lancar.

 

 

Mengapa Libido Ibu Hamil Meningkat ?


Hasrat yang meningkat atau libido yang tinggi pada masa kehamilan adalah wajar karena saat hamil terjadi peningkatan hormon pada tubuh ibu. Salah satunya, hormon progesteron dan androgen. Hormon androgen inilah yang dipercaya menjadi pencetus meningginya libido seseorang. Perubahan hormon ini juga berpengaruh pada sensitivitas di organ intim ibu. Inilah juga yang menyebabkan ibu jadi lebih mudah terangsang pada masa hamil.

 

 

Bagaimana Bila Berat Badan Ibu Hamil Kurang ?


Berat badan ibu mempengaruhi kehamilan. Itulah mengapa ibu hamil disarankan mencermati berat badannya sepanjang kehamilan. Total kenaikan yang dianjurkan untuk ibu dengan berat badan ideal adalah 11-15 kg. Sedangkan bagi ibu dengan berat badan kurang, kenaikannya sekitar 12-18 kg.

Kenaikan berat badan kurang dari angka yang dianjurkan dikhawatirkan akan berdampulak pada janin. Bisa jadi berat janin tidak sesuai dengan usia kehamilan atau malah pertumbuhannya terhambat. Tak hanya itu, dibandingkan dengan ibu yang memiliki berat badan normal saat memulai kehamilan, ibu dengan berat badan kurang cenderung mengalami anemia dan persalinan prematur disertai BBLR (berat badan lahir rendah).

Untuk mengatasi ini, ibu hendaknya mengkonsumsi gizi seimbang agar kebutuhan diri dan janinnya terpenuhi. Ikuti petunjuk makan sebanyak 3 kali sehari. Jangan abaikan selingan antara 2 waktu makan. Selingan ini bisa berupa buah, kue atau susu. Segelas susu bisa menyumbang kurang lebih 125 kalori.

 

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Pregnancy Concierge ?


Profesinya memang belum umum di Indonesia, tapi di Amerika Serikat, profesi pregnancy concierge atau konsultan kehamilan ini sangat populer. Pregnancy concierge bertugas memberikan informasi, konsultasi, dan layanan untuk memberikan solusi bagi kebutuhan para ibu dan orangtua terkait kehamilan, persalinan, dan kiat menjadi orangtua. Tokoh pregnancy concierge paling dicari di Amerika Serikat adalah Rosie Pope, pendiri Rosie Pope Maternity.

Setelah anak pertamanya lahir, perempuan kelahiran London, Inggris, 1 January 1980 ini mengalami masalah fertilitas hingga di vonis tidak bisa memiliki anak lagi. Berbagai kendala, pengalaman, dan ilmu yang di dapatnya kemudian jadi bekal sukses dalam memberikan solusi bagi masalah kehamilan, persalinan, dan persiapan menjadi orangtua. Kini ia dibayar USD 500 per jam untuk menangani para klien dari kalangan sosialita dan jetset di Amerika. Sony Entertainment Television bahkan mengangkat kisah suksesnya dalam reality show Pregnant In Heels.

 

 

Berapakah Kenaikan Berat Badan Yang Ideal Bagi Ibu Hamil ?


Apakah minggu ini kenaikan BB ibu menkapsulai 500 gram? Itu adalah angka ideal kenaikan BB ibu hamil per minggunya. Memang angka ini bukan merupakan patokan mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Lain hal bila ibu hamil memiliki BB normal, maka dapat memakai angka tersebut sebagai pedoman.

Penting diketahui, selama masa kehamilan, kenaikan BB berkaitan dengan kenaikan berat janin. Bila kenaikan BB kurang dari angka yang dianjurkan dikhawatirkan akan berdampulak pada janin. Bisa jadi berat janin tak sesuai dengan usia kehamilan atau malah pertumbuhan janin terhambat.

Sebaliknya bila terjadi peingkatan BB berlebihan, dikhawatirkan terjadi penimbunan cairan yang berlebihan. Hal ini dapat menimbulkan komplikasi, yakni diabetes gestasional atau preeklamsia (peningkatan tekanan darah).

 

 

Apakah Yang Terjadi Jika Terdapat Mual Muntah Di Trimester Terakhir ?


Pada sebagian ibu hamil ada juga yang mual muntah di trimester terakhir. Hal ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang salah. Saat masuk trimester akhir, organ-organ pencernaan dalam tubuh mengalami penekanan dengan semakin bertambah besarnya rahim. Akibatnya, perut menjadi mudah terasa penuh atau malah kenyang terus dan tidak lapar. Padahal itu bukanlah kondisi yang sesungguhnya. Akibatnya, banyak ibu hamil yang mulai malas-malasan untuk makan, sementara lambungnya tetap bekerja seperti biasa. Kondisi ini tentunya dapat menjadi pemicu meningkatnya asam lambung. Bila ibu tidak memaksakan diri untuk makan, dapat menyebabkan mual yang kemudian dilanjutkan dengan muntah.

 

 

Apakah Keuntungan Dari Bedrest Pada Wanita Hamil ?


Bedrest berdampulak pada kegiatan rutin sehari-hari, pada pekerjaan dan pada perawatan diri serta keluarga. Namun sesungguhnya ada tiga keuntungan bedrest :

  1. Mengurangi Tekanan Pada Bayi. Beristirahat di tempat tidur dapat mengurangi tekanan terhadap bayi yang terdapat dalam rahim. Tekanan dalam rahim ini dapat ditimbulkan oleh kontraksi, keguguran dan perdarahan.
  2. Menambah Oksigen Dan Nutrisi Untuk Bayi. Bedrest dapat melancarkan aliran darah ke plasenta sehingga janin mendapatkan oksigen dan nutrisi lebih optimal.
  3. Memperbaiki Fungsi Kerja Organ-Organ Pada Tubuh. Bedrest membantu organ-organ pada ibu bekerja lebih efektif. Misalnya, dapat membantu jantung dan ginjal berfungsi dengan baik sehinggamembantu menurunkan tekanan darah.

 

 

Apa Hubungan Antara Relaksasi Dan Mandi Pada Ibu Hamil ?


Mandi tidak hanya membersihkan kulit dari keringat dan kotoran, namun juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi ibu. Mandi sekaligus dapat dijadikan sebagai cara untuk merelaksasi tubuh ibu. Cobalah untuk berendam di dalam air hangat di bak mandi ataupun sekadar mandi dengan shower. Arahkan shower ke punggung ibu, rasakan kenikmatannya, niscaya rasa pegal-pegal di punggung dapat teratasi. Agar hasilnya maksimal, ada beberapa hal yang patut ibu perhatikan :

  • Berhati-hatilah bila ingin bangun dari bathub. Pastikan pegangan sebagai alat bantu untuk bangun tersedia di pinggiran bathub.
  • Pastikan air yang digunakan hangat, tidak panas karena dapat mengiritasi kulit.
  • Jangan terlalu lama berendam di bak mandi, cukup 10 menit, khawatir kulit menjadi terlalu kering.
  • Hindari prosuk-produk mandi beraroma jika ibu merasa mual. Mungkin lebih baik tetap dengan produk yang bebas dari pewarna dan pewangi aditif karena perempuan hamil lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih dan iritasi vagin4.

 

 

Persiapan Apa Saja Yang Dibutuhkan Ibu Hamil Jika Hendak Ke Dokter ?


Ibu, buatlah catatan kecil mengenai hal-hal yang ingin ditanyakan saat kontrol kehamilan nanti. Misal, tentang perkembangan janin, keluhan yang ibu rasakan, masalah kehamilan yang dialami, rencana pengobatan, dan sebagainya.

Hal lainnya, bila memungkinkan mintalah nomor telpon dokter yang menangani ibu. Ada dokter yang bersedia memberikan nomor kontaknya. Meski baegitu, selalu pertimbangkan waktu yang tepat untuk menghubunginya. Jangan hanya karena soal remeh, ibu langsung menghubungi dokter. Ini tentu dapat mengganggu.

 

 

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Makanan Yang Gurih ?


Ibu senang dengan snack yang gurih? Boleh saja, namun perlu dibatasi. Ingat, asupan garam yang berlebihan bisa memicu kaki bengkak dan juga tekanan darah selagi hamil. Tak hanya itu, studi baru mengungkap konsumsi garam bisa berdampulak pada perkembangan ginjal janin.

Dengan mengetahui hal tersebut, bukan berarti ibu hamil dilarang mengkonsumsi garam. Tetapi, kurangi jumlah garam dalam makanan yang dikonsumsi, terutama produk camilan dalam kemasan.

 

 

Apakah Senam Kegel Dapat Mengatasi Beser ?


Apakah ibu mengalami beser selama kehamilan ini sehingga harus bolak balik ke kamar mandi? Biasanya beser di alami di minggu ke 6 kehamilan karena perubahan tubuh selama ibu berbadan dua. Kejadian sering pipis ini akan mereda di trimester kedua dan kembali muncul di trimester ketiga. Di trimester akhir, salah satu penyebabnya ialah ukuran rahim yang membesar sehingga menekan kandung kemih.

Cara sederhana untuk menangani beser adalah dengan mengurangi minuman yang bersifat diuretik seperti teh, kafein atau soda. Jadwalkan buang air kecil secara teratur misalnya setiap 2 jam sehingga kandung kemih tidak terlalu penuh. Ibu juga bisa melatih otot-otot di daerah genital untuk lebih kuat dengan senam kegel. Jadi, ibu tidak pipis, saat bersin, tertawa atau batuk.

 

 

Bagaimana Cara Aman Atasi Batuk Pilek ?


Ibu hamil sebisa mungkin tidak mengkonsumsi obat. Namun bagaimana bila ibu tiba-tiba terserang batuk pilek? Tenang saja! Ibu bisa mencoba pengobatan herbal di bawah ini :

  • Kencur dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan dan meredakan batuk, caranya cukup dikunyah saja.
  • Minum jahe hangat dicampulur madu juga membuat ibu lebih nyaman karena dapat menghangatkan tubuh.
  • Minum perasan air jeruk hangat.
  • Oleskan balsam atau minyak penghangat di bagian dada dan punggung. Ini dapat membantu melegakan pernapasan dan menghindari dari hidung tersumbat.
  • Jangan lupa perbanyak minum demi menghindari dehidrasi.

Jika batuk pilek ibu tak kunjung sembuh setelah 3 hari, konsultasikan kepada dokter. Dokter akan memberikan obat batuk pilek yang aman untuk ibu hamil.

 

 

Apa Guna Tertawa Bagi Wanita Hamil ?


Tertawa merupakan salah satu ekspresi seseorang yang menunjukkan perasaan senang dan bahagia. Ternyata emosi yang satu ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Makanya, kini ada jenis terapi yang menggunakan tawa untuk membuat tubuh tetap sehat.

Ibu hamil yang sering tertawa akan membuatnya menjadi lebih relaks karena jauh dari stres dan lebih bahagia sehingga janin pun lebih tenang dan tumbuh bahagia. Tertawa juga memperlancar peredaran darah sehingga ibu lebih sehat. Jadi, tontonlah film komedi yang dapat mengocok perut atau bercandalah dengan pasangan tercinta.

 

 

Apakah Perlu Diet Lemak ?


Bagi sebagian orang , terutama perempuan, lemak identik dengan gemuk. Tak heran, banyak orang lantas berusaha mengurangi konsumsi lemak demi terhindar dari kegemukan. Namun saat hamil, ibu hendaknya membuang jauh-jauh untuk melakukan diet lemak. Pasalnya, untuk tumbuh dan berkembangnya janin membutuhkan lemak sebagai sumber kalori utama. Zat gizi yang satu ini merupakan sumber tenaga yang vital, selain juga untuk pertumbuhan jaringan plasenta. Pada kehamilan normal, kadar lemak dalam aliran darah akan meningkat di akhir trimester ketiga. Tubuh ibu hamil juga menyimpan lemak yang akan mendukung persiapan ibu untuk menyusui setelah bayi lahir. Itulah mengapa, ibu hamil tidak dianjurkan melakukan diet lemak, kecuali pada ibu hamil dengan kasus tertentu, seperti : obesitas, darah tinggi, atau diabetes.

 

 

Mengapa Ada Rasa Sakit Di Tulang Belakang ?


Usai menjalani persalinan secara sesar, biasanya ibu sering merasa sakit di bagian tulang belakang, di tempat dilakukan suntik sebelum operasi. Keluhan ini umumnya timbul ketika membungkukkan badan saat mengambil sesuatu atau mengangkat beban yang lumayan berat. Sumber rasa nyeri berada tepat pada bekas tusukan jarum suntik saat dilakukan bius lokal.

Untuk itu, ibu disarankan tidak melakukan gerakan yang terlalu mendadak atau berubah drastis. Saat mengambil benda kecil di lantai, contohnya, lakukan dengan posisi jongkok: tekuk kaki, hindari posisi membungkuk yang akan meningkatkan beban di tulang belakang. Hindari pula mengangkat beban berat.

Jika berlarut-larut atau intensitas sakitnya meningkat, konsultasikan keluhan ini pada dokter ahli anestesi. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan penunjang, semisal rontgen tulang belakang.

Pada ibu yang melahirkan normal, kondisi ini tentu tidak ditemukan. Makanya, tak heran mereka langsung bisa beraktivitas normal enam jam setelah persalinan.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *