Penggunaan Obat Anti Rokok Pada Wanita Hamil yang Merokok

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Penelitian > Penggunaan Obat Anti Rokok Pada Wanita Hamil yang Merokok

katakan tidak pada rokok

Merokok saat hamil sangat berbahaya karena dapat menyebabkan keguguran, berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, dan kecacatan fisik pada bayi. Oleh sebab itu sangat dilarang bagi wanita hamil untuk merokok.

Bagi wanita hamil yang sebelumnya memang sudah merokok, harus segera menghentikan kebiasaan tersebut. Berdasarkan penelitian dari 1.300 wanita hamil di Quebec, Canada, ditemukan bahwa 80 persen wanita hamil yang menggunakan obat penawar kecanduan nikotin / nicotine patches atau Zyban (bupropion) mampu berhenti merokok. Bahkan setelah penggunaan obat tersebut dihentikan, 68 persen dari pengguna obat penawar kecanduan nikotin dan 60 persen pengguna Zyban benar-benar berhenti merokok selama dan setelah melahirkan.

Penggunaan obat penawar kecanduan nikotin mampu menurunkan tingkat kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah, kata para peneliti. “Kami sudah mengetahui bahwa berhenti merokok saat kehamilan sangat bermanfaat bagi ibu dan anak dalam jangka pendek dan panjang. Untuk diketahui, penelitian ini adalah salah satu dari beberapa cara untuk membandingkan efek Zyban selama kehamilan pada penghentian kebiasaan merokok dan risikonya terhadap janin. Hasil kami sejalan dengan program berhenti merokok yang diterapkan pada masyarakat umum.” kata Anick Berard, seorang profesor Fakultas Farmasi di Universitas Montreal, Canada.

Zyban bekerja dengan cara mengurangi ketergantungan / kecanduan nikotin dan efek penarik lainnya yang terdapat pada rokok. Wanita hamil atau wanita yang ingin hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology yang dikutip dari laman medlineplus, Minggu (04/09/2016).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *