Pantangan-pantangan Ibu Hamil Muda

<br />Pantangan Ibu Hamil Muda

Pantangan ibu hamil muda perlu diketahui oleh ibu hamil yang usia kandungannya masih dalam tahap tiga bulan pertama atau trimester pertama. Dimana pada usia kehamilan awal ini terjadi pembentukan cikal bakal organ-organ janin yang harus kita jaga dari hal-hal yang dapat membahayakan yang beresiko terhadap terjadinya keguguran, cacat bawaan maupun gagal pertumbuhan. Berikut ini beberapa pantangan ibu hamil muda.

Pantangan ibu hamil muda
Merokok
Merokok, menghirup asap rokok dari orang lain berpotensi mengakibatkan keguguran dan kehamilan prematur. Zat nikotin yang terdapat pada asap rokok dapat menjadi penyebab kanker pada bayi.

Minum Minuman Beralkohol
Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan fetal alkohol sindrome dengan resiko antara lain wajah cacat, IQ rendah, keterbelakangan mental, koordinasi buruk dan juga perilaku agresif.

Makan Makanan Bermerkuri
Makanan-makanan laut seperti ikan atau kerang sangat bagus jika dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung omega 3 dan omega 6 yang bisa mendukung pertumbuhan otak janin. Namun makanan-makanan laut juga berpotensi tercemar merkuri.

Makan Makanan Mentah
Makanan hewani maupun nabati yang tidak dimasak secara benar atau mentah masih mengandung mikroorganisme seperti rubella, toksoplasmosis dan cytomegalovirus yang akan mengakibatkan timbulnya penyakit dan membahayakan janin. 

Minum Sembarang Obat.
Ibu hamil dilarang mengkonsumsi obat secara bebas yang dapat beresiko pada gangguan pertumbuhan janin. Jika sedang sakit, sebaiknya ibu hamil mengkonsultasikan dengan bidan atau dokter.

Menggunakan Kosmetik yang Mengandung Merkuri/ Hidrokinon.
Zat kimia seperti merkuri dan hidrokinon dalam kosmetik dapat menyebabkan kerusakan sel dan mengganggu pertumbuhan janin. Sebaiknya gunakan kosmetik dari bahan alami seperti madu, alpukat dan zaitun.

Menjalani Diet
Ibu hamil muda dilarang melakukan diet meskipun berat badannya terus bertambah. Hal ini dikarenakan ibu hamil harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pembentukan dan pertumbuhan organ-organ janin yang dikandungnya.

Olahraga/ Aktivitas Berat
Olah raga sdan beraktifitas memang dianjurkan bagi ibu hamil selama kegiatan tersebut tidak terlalu berat apalagi jika sampai terjadi goncangan yang dapat beresiko pada keguguran.

Stres
Ibu hamil dilarang stres karena dapat stres pada ibu hamil juga menjadi salah satu penyebab terjadinya keguguran.

Terpapar Sinar radiasi
Ibu hamil dilarang melakukan foto rontgen atau terpapar sinar radiasi dalam waktu lama. Resiko negatif radiasi pada kehamilan adalah kecacatan dan gangguan perkembangan pada janin.

Demikian beberapa pantangan-pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil muda. Semoga bermanfaat..

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *