Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

obat sakit kepala untuk ibu hamil

Apa Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil Muda ?

 

Obat sakit kepala untuk ibu hamil apa yang aman untuk di konsumsi ?  Ini adalah pertanyaan umum yang ditanyakan oleh para ibu hamil. Proses perubahan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh saat hamil dapat berakibat terjadinya sakit kepala. Lantas langkah apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi terjadinya sakit kepala pada ibu hamil ini ?
obat sakit kepala untuk ibu hamil

Sakit Kepala Saat Hamil Muda

 

Pada kondisi normal sakit kepala atau pusing adalah reaksi alami ketika tubuh kemasukan benda asing (virus atau bakteri), namun pada ibu hamil bisa jadi disebabkan oleh faktor lain. Selama masa kehamilan kondisi dan daya tahan ibu biasanya menurun, ia membutuhkan kekebalan tubuh tambahan karena selain untuk melindungi dirinya ia juga harus melindungi bayi yang di kandungnya. Inilah yang menyebabkan ibu hamil sangat rawan sakit.

Memang sakit kepala selama masa kehamilan adalah hal wajar. Sakit kepala sebagai isyarat alami bahwa ibu hamil perlu istirahat lebih banyak. Namun jika berkelanjutan segera periksakan ke dokter.

Untuk pertolongan pertama, ibu hamil bisa minum paracetamol. Jangan sekali-kali mencoba Ibuprofen, Nurofen, atau aspirin kecuali atas rekomendasi dokter atau ahli medis. Selain berkonsultasi kepada dokter, ibu hamil bisa meminta masukan dari apoteker atau ahli medis ketika membeli obat, agar diberi penjelasan efek dari obat yang dikonsumsi.

Seorang ibu hamil tidak dapat mengkonsumsi sembarangan obat-obatan karena dikuatirkan akan dapat berpengaruh pada janin yang sedang dikandungnya. Beberapa obat sakit kepala dikhawatirkan mempunyai efek negatif terhadap janin yang dikandung oleh ibu hamil.

Karenanya kenali berbagai hal yang dapat menghindari terjadinya sakit kepala di masa kehamilan. Berikut ini beberapa tips mengobati sakit kepala saat kehamilan muda.
obat sakit kepala untuk ibu hamil

Mengobati Sakit Kepala Saat Masa Kehamilan

  1. Hindari pemicunya. Sakit kepala dapat disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal yang dapat memicu sakit kepala ialah bau spesifik dari suatu benda atau makanan yang dikonsumsi dan keterlambatan dalam makan.
  2. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat. Seorang ibu hamil tetap dapat melakukan berbagai aktivitas fisik seperti olah raga, hanya saja sangat disarankan untuk membatasinya sesuai dengan kondisi tubuhnya. Sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang dapat menguras stamina ibu hamil.
  3. Lakukan relaksasi, aktivitas yang menenangkan seperti yoga, latihan pernafasan seperti menarik nafas dalam-dalam serta mengosongkan pikiran sementara.
  4. Makanlah dalam porsi yang tidak terlalu banyak tetapi sering. Hal ini untuk menjaga kadar gula dalam tubuh ibu hamil tetap stabil dan menghindari sakit kepala. Hindari makanan junk food atau fast food, dan tetaplah makan makanan yang bergizi tinggi.
  5. Ibu hamil diharuskan untuk mengkonsumsi cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Minumlah 8-10 gelas per hari secara rutin. Hal ini dapat membuat berbagai sistem yang terdapat dalam tubuh ibu hamil bekerja secara optimal. Minuman jus buah-buah segar atau minuman kacang hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.
  6. Ibu hamil diharuskan untuk mempunyai jadwal tidur yang teratur. Seorang ibu hamil harus bisa mengatur jadwal tidurnya dengan baik agar terhindar dari kelelahan selama masa kehamilan. Tubuh manusia bukanlah robot yang dapat di-setting sehingga dapat beraktivitas selama 24 jam non stop. Sudah sewajarnya jika ibu hamil menyempatkan diri untuk tidur selama 7-8 jam per hari. Dengan membiasakan tidur dengan kapasitas normal tersebut, maka dapat membuat tubuh lebih segar dan menghilangkan sakit kepala.
  7. Menjaga postur tubuh yang baik. Seiring dengan bertambahnya berat badan selama masa kehamilan, dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada postur tubuh seorang ibu. Hal ini dapat memicu terjadinya stress pada otot-otot tubuh tertentu yang pada akhirnya dapat mengakibatkan terjadinya sakit kepala.
  8. Lindungi mata. Cahaya yang berlebihan dan radiasi komputer dapat memicu timbulnya sakit kepala. Jika anda menderita sakit kepala akibat penggunaan komputer yang berlebihan, cobalah gunakan layar anti silau pada saat bekerja di depan layar komputer.
    obat sakit kepala untuk ibu hamil

    Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

     

    Jika sakit kepala sudah terlanjur menyerang dan tidak dapat dihindari, maka berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :
    1. Lakukan istirahat yang cukup. Cobalah untuk berbaring di ruangan yang gelap dan tenang. Berbaringlah dengan mata terpejam. Berusahalah untuk dapat tidur. Jika anda terserang flu maka sebaiknya sandarkan kepala anda sehingga lendir dan air liur bisa dikeringkan dengan benar. Tarik napas melalui hidung bukan mulut. Bernapas melalui mulut akan menyebabkan tenggorokan Anda untuk semakin kering.
    2. Gunakan kompres hangat pada bagian mata, muka serta pelipis (kening). Lakukan juga kompres dingin pada bagian belakang leher.
    3. Lakukan pemijatan selama 15 menit di lokasi sakit kepala. Pijat pada daerah penghilang rasa sakit dilakukan dengan cara memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk dan diikuti dengan pemijatan pada daerah ini juga di bagian kaki. Lakukan pemijatan sampai anda merasa sakit karena pemijatan ini. Selain itu anda juga bisa menggunakan minyak peppermint untuk mengoleskan di dahi, tulang rahang atau belakang leher. Minyak ini bertidak sebagai krim kortison alami yang mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf serta merevitalisasi energi.
    4. Cobalah untuk meninggikan kepala pada saat tidur. Hal ini akan memudahkan ibu hamil untuk bernapas.
    5. Buatlah uap untuk inhalasi. Tambahkan aromaterapieucalyptus yang dapat mengurangi sumbatan di hidung dan mencegah sakit kepala.
    6. Perbanyaklah minum air hangat, anda bisa menambah melon dan madu untuk mencegah radang ternggorokan. Jika menelan terasa sakit, makanlah sup hangat seperti sup ayam dengan mie atau hanya sup kaldu. Minum air hangat jika anda tidak ingin minum teh bersamaan dengan sup tersebut. Anda juga bisa minum jus jeruk untuk menambah vitamin C.
    7. Konsumsi bawang putih untuk mengurangi batuk dan pileknya.
    8. Sering-seringlah berkumur dengan air hangat yang diberikan garam. Campulur satu sendok teh garam dengan delapan ons air hangat dan kumur selama beberapa detik sampai air habis. Pastikan air cukup hangat dan tidak terlalu panas untuk menghindari terbakarnya lidah. Berkumur dengan air garam sebenarnya mampulu menyapu lendir dan dilatasi kapiler serta dapat meningkatkan suplai darah ke daerah tersebut, yang akhirnya membantu peran antibodi untuk melawan bakteri dan infeksi.
    9. Anda dapat menggunakan semprotan hidung saline untuk membantu mengurangi tersumbatnya hidung. Pastikan udara di sekitar Anda tidak terlalu kering dengan menggunakan vaporizer atau humidifier karena akan meredakan gatal tenggorokan dan batuk dan mampulu melegakan pernafasan.
    10. Minum teh tanpa kafein seperti chamomile, lemon, dan peppermint dengan lemon dan madu.Cobalah mengiris jahe tipis-tipis dan masukkan ke dalam air mendidih dengan beberapa tetes madu dan lemon, minumlah hangat-hangat. Jika Anda tidak memiliki jahe atau teh tanpa kafein, bisa juga dengan merebus air dengan campuluran lemon dan madu. Menjaga tenggorokan Anda tidak kering akan membantu menghilangkan rasa sakit lebih cepat.
    Bila beberapa langkah diatas tidak dapat menolong dan dibarengi dengan adanya gangguan lain pada kesehatan ibu hamil, maka sangat disarankan untuk segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut. Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang di jual bebas, sebab hal itu dapat membahayakan bagi ibu dan janin yang dikandungnya.
    Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai seputar masalah kehamilan, silahkan mengunjungi situs berikut ini … PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

    Powered by Farmasi-id.com

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *