Mungkinkah Kita Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi ?

Banyak pasangan yang menginginkan bayi dengan jenis kelamin tertentu baik laki-laki maupun perempuan. Sebenarnya bisakah kita menentukan jenis kelamin bayi sesuai keinginan kita?

Menurut Dr. Roger W. Harms, M.D. tidak ada cara bagi kita untuk secara pasti menentukan jenis kelamin bayi. Banyak orang tua dulu mengatakan bahwa diet makanan tertentu atau posisi seks tertentu dapat mempengaruhi jenis kelamin bayi, namun sejauh ini teori-teori tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya. Ada juga diantara banyak peneliti yang mengatakan bahwa menentukan hari untuk berhubungan seks sebelum ovulasi bisa menghasilkan bayi laki-laki atau hari berhubungan mendekati ovulasi untuk menghasilkan bayi perempuan, kesemua teori ini tidak terbukti.

Beberapa teknik yang dilakukan agar bayi yang dilahirkan nantinya berjenis kelamin laki-laki diantaranya:

  1. Preimplantation Genetic Diagnosis.
    Teknik ini mengkombinasikan fertilisasi in vitro dimana embrio dites dengan beberapa kondsi genetik yang spesifik dan seks sebelum mereka ditempatkan dalam uterus wanita.
  2. Penyortiran Sperma.
    Beberapa teknik penyortiran sperma memerlukan inseminasi buatan atau fertilisasi in vitro yang diklaim dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin bayi.

Meskipun teknik-teknik tersebut layak, namun jarang digunakan karena umumnya banyak pasangan yang memiliki alasan-alasn pribadi tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *