Mengenal Infertilitas atau Ketidak Suburan

Mengenal Infertilitas atau Ketidak Suburan

Tips dan Panduan cepat hamil dan Punya anak – Infertilitas atau lebih dikenal dengan ketidak suburan seringkali diartikan keliru. Padahal infertilitas merupakan kelainan reproduksi pasangan yang harus dicari tahu sebabnya.
Seperti disampaikan ahli kandungan, Dr. Andrie Ronggani, Sp.OG dari Klinik Teratai RS Gading Pluit bahwa infertilitas terdiri atas dua, yakni:

1. Infertilitas primer

Infertilitas primer terjadi bila seorang wanita (istri) belum pernah hamil walaupun telah bersenggama dan dihadapkan dengan kemungkinan untuk hamil selama 12 bulan.

2. Infertilitas sekunder

Infertilitas sekunder merupakan keadaan seorang wanita (istri) yang pernah hamil. Namun tidak dapat hamil kembali.

Andrie menjelaskan, infertilitas bisa jadi akibat kelainan dari pria atau wanita. Keduanya memiliki peran ketidaksuburan masing-masing 35 persen. Tapi bisa terjadi akibat faktor lain.

“Terkadang disertai dengan faktor lain yang 10 persennya tidak diketahui. Ada beberapa pasangan yang tidak memiliki kelainan apapun tidak bisa hamil, ini bisa masuk yang kemungkinan 10 persen tadi,” jelasnya.

Meski begitu, Andrie menerangkan yang paling memegang peranan penting dalam infertilitas adalah jumlah sperma, kecepatan sperma dan gaya hidup.

Credit: Irna Gustiawati

Terimakasih telah membaca artikel Mengenal Infertilitas atau Ketidak Suburan anda bisa membaca artikel yang berkaitan dengan Mengenal Infertilitas atau Ketidak Suburan dibawah ini. semoga bermanfaat

Posting Terkait :

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *