Mengatur Siklus Haid Untuk Mendukung Kesuburan agar Cepat Hamil

Tips Agar Cepat Hamil dan Punya Momongan – Salah satu penyebab menurunnya tingkat kesuburan yang sering terjadi adalah karena siklus haid yang tidak teratur. Siklus haid yang tidak teratur mengakibatkan periode masa subur lebih sulit untuk dihitung dan ditentukan. Bagaimana caranya agar siklus haid bisa lebih teratur, sehingga lebih mudah menghitung masa subur? Mari kita simak sama-sama ya bunda….

Mengatur Siklus Haid Untuk Mendukung Kesuburan agar Cepat Hamil

1. Memperbaiki Keadaan Hormonal

Siklus haid sangat berkaitan dengan keadaan hormonal seseorang. Keadaan hormonal, berkaitan erat dengan nutrisi, kondisi fisik dan metabolisme tubuh, serta faktor mental dan pikiran. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya, antara lain:

# Meditasi: ibadah dan yoga

Dengan pikiran yang tenang, sistem hormon juga akan lebih stabil, yang tentunya akan berakibat pada perbaikan siklus haid. MEDITASI ADALAH salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menenangkan pikiran. Cara meditasi yang paling mudah dilakukan adalah dengan beribadah, yaitu dengan mendekatkan diri pada Sang Maha Kuasa. Khusyuk dan tenang beribadah, dan dilakukan sesering mungkin akan membuat perasaan lebih tenang dan nyaman. Cara lainnya adalah dengan yoga. Yoga adalah aktifitas gerakan fisik yang dipadukan dengan menenangkan pikiran, seharmoni dengan gerakan fisik yang dilakukan.

# Olahraga ringan dan teratur

Olahraga juga perlu dilakukan untuk mengatur sistem metabolisme tubuh dan darah dalam tubuh. Olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan namun dilakukan secara benar dan teratur. Olahraga seperti berjalan atau jogging, merupakan olahraga yang cukup baik jika dilakukan dengan cukup dan teratur. Jangan pula jalan terlalu jauh, atau jogging secara berlebihan, karena dapat membuat tubuh kelelahan.

# Istirahat yang cukup, dan hindari begadang

Istirahat juga perlu dilakukan. Rasa lelah, atau rasa mengantuk, adalah pertanda bahwa tubuh memerlukan istirahat. Namun ada baiknya apabila istirahat dilakukan sebelum rasa lelah atau rasa mengantuk datang.

2. Memperbaiki Diet dan Nutrisi

Salah satu penyebab dari siklus haid yang tidak teratur adalah masalah berat badan berlebih. Pada seseorang yang memiliki masalah obesitas (terlalu gemuk), sangat rentan mengalami masalah siklus haid yang tidak teratur. Solusinya adalah dengan mengatur nutrisi dengan program diet yang tepat. Tetap penuhi asupan makanan seperti protein, karbohidrat, lemak, zat besi, mineral,dan lainnya, dalam porsi yang seimbang. Dengan pola diet yang seimbang diharapkan dapat mengontrol berat badan, yang bisa membantu upaya perbaikan hormonal dan siklus haid yang teratur.

3. Konsultasi ke Dokter Kandungan

Siklus haid tidak teratur bisa pula disebabkan karena kondisi fisik rahim dan alat reproduksi yang mengalami masalah, misalnya terdapat polip,kista atau gangguan lainnya, sehingga perlu pemeriksaan oleh dokter. Kondisi haid yang perlu mendapatkan pemeriksaan oleh dokter kandungan adalah apabila haid diikuti dengan nyeri hebat di sekitar perut, darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, atau siklus haid yang tidak teratur secara ekstrim. Pemeriksaan dokter biasanya untuk mengetahui kondisi rahim dan penyebab gangguan-gangguan tersebut.

Terimakasih telah membaca artikel Mengatur Siklus Haid Untuk Mendukung Kesuburan agar Cepat Hamil anda bisa membaca artikel yang berkaitan dengan Mengatur Siklus Haid Untuk Mendukung Kesuburan agar Cepat Hamil dibawah ini. semoga bermanfaat

Posting Terkait :

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *