Mengapa Setelah Melahirkan Rambut Jadi Rontok?

Jika Anda belum lama melahirkan dan menjumpai rambut Anda rontok lebih dari biasanya, maka jangan terburu-buru untuk bingung dan khawatir. Banyak wanita yang mengalami hal serupa pasca melahirkan dan ini biasanya akan berlangsung dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Rontoknya rambut secara berlebihan dalam jumlah yang tidak seperti biasanya sangatlah umum dijumpai pada wanita yang baru saja menjalani proses persalinan dan umumnya disebabkan karena turunnya kadar hormon estrogen. Hal ini diungkapkan oleh Dr Jessica Krant dari SUNY Downstate Medical Center, New York.

“Hal ini biasanya dimulai tiga sampai empat bulan setelah melahirkan dan puncaknya terjadi beberapa minggu setelahnya. Kita tidak perlu melakukan apapun karena sebelum bayi Anda berumur satu tahun semuanya akan kembali normal” ungkapnya.

Dr Jessica memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerontokkan rambut pasca melahirkan antara lain:

  1. Gunakan shampo yang dapat mempertebal tumbuhnya rambut dan hindari menggunakan shampo yang mengandung conditioner yang justru akan membuat rambut menjadi lemas dan gampang rontok.
  2. Berikan conditioner pada ujung-ujung rambut, jangan gunakan conditioner pada kulit kepala, dan batang rambut.
  3. Hindari penataan rambut yang menggunakan produk-produk kimia dan styling secara berlebihan.

Jika setahun pasca melahirkan rambut Anda masih saja rontok, segera konsultasikan dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *