Manfaat Minum Susu Hamil

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Manfaat Minum Susu Hamil

<br />Manfaat Susu Hamil Selama Masa Kehamilan

Minum susu selama hamil dapat menyebabkan ibu gemuk dan bayi terlahir dengan berat badan berlebih, begitu menurut mitos yang berkembang di masyarakat. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum susu hamil akan membuat bayi yang akan dilahirkan nanti tumbuh menjadi remaja yang lebih tinggi. Bahkan studi terbaru menyebutkan manfaat susu sebenarnya sudah bisa didapatkan sejak bayi masih dalam kandungan.

Minum Susu Hamil

Kehamilan merupakan momen awal yang dapat menentukan masa depan seorang anak. Di masa kehamilan, kesehatan ibu dan calon bayi harus benar-benar diperhatikan baik dari kebutuhan nutrisi mereka maupun pola hidup yang dijalaninya.

Untuk memastikan pemenuhan kebutuhan nutrisi ibu hamil selama menjalani kehamilan, alangkah baiknya ibu hamil juga mengonsumsi susu kehamilan. Karena selain sebagai sumber protein dan kalsium, susu kehamilan umumnya dilengkapi nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain yaitu vitamin, mineral, asam folat, zat besi, protein, karbohidrat, dan lemak yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan janin.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Inggris menyebutkan bahwa kandungan yodium yang terdapat pada susu akan memproduksi hormon dalam kelenjar tiroid. Hormon tersebut memiliki efek langsung terhadap perkembangan otak janin sehingga dapat membantu meningkatkan IQ bayi.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi susu selama kehamilan juga dapat membuat anak tumbuh lebih tinggi saat remaja. Anak-anak itu juga memiliki tingkat insulin yang lebih tinggi dalam aliran darahnya, sehingga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun terlepas dari semua manfaat susu hamil seperti tersebut di atas, seorang ibu hamil juga jangan sampai mengesampulingkan makanan-makanan yang dikunyah yang berupa makanan-makanan sehat ibu hamil sebagai makanan utama selain mengkonsumsi susu kehamilan sebagai pelengkap nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *