Manfaat Dan Khasiat Susu Almond Untuk Ibu Hamil

manfaat susu almond untuk ibu hamil
Khasiat susu almond untuk ibu hamil sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Berasal dari timur tengah, kacang almond sejak lama sudah menjadi lambang kesuburan, anugerah, dan juga keberuntungan. Telah menjadi rahasia umum bahwa almond menyimpan berbagai khasiat bagi kesehatan, juga untuk ibu hamil. Kandungan asam lemak tak jenuhnya, misal, menyaingi minyak zaitun. Almond pun memiliki vitamin E, vitamin B, dan Zink yang tinggi. Namun, kandungan oksalatnya juga cukup tinggi. Oksalat adalah zat yang dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti batu ginjal dan berbagai jenis nyeri. Karena itulah almond perlu dibatasi konsumsinya pada penderita batu ginjal.

Akan tetapi faktor negatif almond kalah jauh dengan manfaat positifnya. Almond merupakan makanan lezat yang juga dijadikan obat alami untuk menurunkan kolesterol LDL, trigliserida, dan melawan pertumbuhan sel kanker. Selama kita hidup aktif, konsumsi almond 50 per hari sebagai camilan sehat sangat dianjurkan, terutama jika dikonsumsi secara utuh, masih berkulit, dipanggang tanpa garam, dan tanpa tambahan sirop atau gula.

 

Pilih Yang Utuh

manfaat kacang almond untuk ibu hamil
Karena di Indonesia tidak banyak resep lokal yang menggunakan bahan almond, banyak orang mencari produk olahan almond ketimbang kacang utuhnya. Ada tepung almond, minyak almond, almond butter, hingga susu almond yang saat ini sedang populer.

Bagaimanapun juga, almond versi utuh masih jauh lebih baik. Alasannya, kebanyakan susu almond bukan dibuat dari almond organik dan biasanya tanpa kulit. Padahal, justru kulitnya ini yang sangat bergizi. Produk susu itu juga biasanya mengalami proses blanching (pemanasan untuk memutihkan) yang bisa merusak banyak nutrisi dan antioksidan pada bagian luar almond.

Sangat diyakini, bahwa kebanyakan ibu hamil lebih menyukai cita rasa kacang almond yang utuh dan dipanggang dengan tepat. Kandungan nutrisi yang relatif masih lengkap tentu saja akan menjadi konsumsi yang menyehatkan bagi janin dan ibunya. Namun, janganlah menganggap almond sebagai ‘superfood’ bagi ibu hamil.

Lalu, apakah produk susu almond yang kini banyak beredar dapat membuat kulit janin halus dan sehat, meningkatkan produksi ASI, serta mencegah kegemukan pada janin dan ibu, semua itu memang mungkin terjadi karena pada dasarnya almond merupakan sumber lemak baik yang dibutuhkan dalam produksi ASI dan tidak menyebabkan kegemukan. Tapi, daripada memilih produk buatan, sebaiknya ibu hamil mengutamakan makanan dalam bentuk utuh.

Kita pun sebenarnya bisa membuat sendiri susu almond dari bentuk utuhnya tanpa pemanasan tinggi dengan pemanis dari buah.

Agar sehat dan aman, sangat disarankan untuk memakan sumber protein dengan serat yang lebih banyak ketimbang karbohidrat sederhana. Untuk konsumsi susu, minumlah susu kehamilan yang sudah terpercaya (berlabelkan USDA organik atau lulus BPOM), makan buah dan sayuran yang beragam dan berwarna pekat, serta jauhi sumber makanan yang berhormon tinggi agar anak kelak tidak tumbuh obesitas.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *