Makanan Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Kini tingga hitungan hari anda menunggu kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga anda sehingga anda sudah tidak sabar untuk segera menunggu kehadiran buah hati tercinta. Meskipun demikian ibu hamil menjelang persalinan seringkali mengeluhkan kehamilan yang tiba-tiba muncul. Salah satunya adalah kesulitan bernafas, kondisi kesulitan bernafas dapat disebabkan karen pertumbuhan bayi yang menekan diafragma sehingga ibu hamil mengalami sedikit sesak nafas. Bahkan Ibu hamil mengalami rasa panas di dada karena tulang iga yang mendesak. Kondisi ini dialami oleh beberapa ibu hamil, mungkin anda diantranya.

Selain kondisi sesak nafas dan heartburn (kondisi panas pada bagian dada), anda mengalami kaki bengkak sehingga memicu varises. Bahkan kondisi kekurangan darah atau anemia yang dapat menyebabkan risiko tinggi ketika ibu melahirkan. Untuk mencegah gangguan kehamilan di trimester akhir maka anda dapat menjaga kesehatan dengan tetap menjaga gaya hidup sehat. Lakukan olahraga yang menunjang persalinan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu hamil untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan menjelang persalinan. ( Baca : Makanan dan Minuman Penambah Energi Menjelang Melahirkan )

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu untuk mengurangi risiko kesehatan di bulan ke 9 kehamilan :

1. Kurma

Kurma dapat memberikan kalori pada ibu hamil, selain itu kandungan di dalam kurma akan memberikan manfaat untuk mengalirkan oksigen ke janin. Anda dapat mengkonsumsi buah kurma dua butir ketika sarapan dan juga makan siang.

2. Pisang

Kandungan yang terdapat di dalam pisang adalah zat besi dan mineral, sangat baik untuk menu sarapan anda yang dicampulur dengan gandum. Bahkan pisang dapat membantu mengurangi risiko anemia menjelang persalinan.

3. Bayam

Sayuran hijau yang mudah untuk anda dapatkan ini memiliki manfaat sebagai zat besi dan juga asam folat. Sehingga ibu hamil yang mengkonsumsi bayam akan mengurangi risiko anemia menjelang persalinan.

4. Brokoli

Kandungan yang terdapat di dalam brokoli adalah zat besi, asam folat dan vitamin. Bagi ibu hamil menjelang persalinan. Konsumsi sayuran hijau seperti brokoli akan menjaga proses pencernaan dan mengurangi risiko anemia.

5. Madu

Kandungan madu sangat baik untuk kehamilan. Di bulan ke 9 kehamilan, konsumsi madu akan mengurangi risiko anemia. Madu merupakan sumber yang kaya akan zat besi. Anda dapat mengkonsumsi madu dengan campuluran buah-buahan sehingga vitamin yang terdapat dalam variasi buah-buahan akan membantu anda menjaga asupan nutrisi.

Selain makanan di atas, anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori. Kalori dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil menjelang persalinan. Kalori akan membantu dalam prose penting tumbuh kembang janin dan mempersiapkan energi untuk proses persalinan. Anda dapat menjaga asupan kalori dari nasi, umbi-umbian atau gandum. Porsi yang sesuai dengan ibu hamil akan membatu menjaga kesehatan dan berat badan yang ideal untuk ibu hamil di bulan 9 kehamilan.

Ibu hamil dengan berat badan yang berlebih akan mengakibatkan gangguan pada proses persalinan begitu pula dengan ibu hamil yang mengalami berat badan yang kurang menjelang persalinan. Perhatikan pula asupan cairan tubuh, minum air putih sebanyak 8 gelas perhari sangat disarankan untuk mengurangi risiko sembelit. ( Baca : Latihan-latihan Menjelang Persalinan )

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *