Makanan Untuk Ibu Hamil 3 Bulan

Usia kehamilan 3 bulan semakin berkembang dalam membentuk anggota badan. Di minggu awal memasuki 3 bulan pertama, mulut dan hidung janin sudah mulai terlihat. Selanjutnya anggota tubuh lainnya mulai terbentu yaitu lengan dan tungkai. Selain itu tangan janin sudah mulai bergerak aktif. Berangsur di minggu pertengahan di bulan ke 3 kehamilan sistem saraf sudah berada pada tahap penyempurnaan, bahkan pembentukan telinga sudah berakhir dan janin sudah memilii gerak refleks hingga mampulu menekuk tangan menjadi setengah kepalan.

Berada di minggu terakhir bulan ke 3, bayi anda mengalami cegukan yang normal untuk dapat memperkuat otot dan bagian pernafasan. Bahkan di minggu ke 3 kehamilan anda sudah dapat memeriksakan penyakit keturunan dengan mengambil sel plasenta melalui leher dan perut. Perkembangan yang pesat di bulan ke 3 kehamilan harus didukung oleh asupan gizi dan nutrisi seimbang. Melalui makanan kebutuhan gizi janin dapat terpenuhi. Sehingga anda harus dapat memilih bahan makanan yang tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin pada usia 3 bulan. ( Baca : Perkembangan Janin Usia 3 Bulan )

Inilah dia makanan untuk ibu hamil bulan ke 3 :

1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin E, protein dan omega 3. Kandungan vitamin E yang ada di dalam kacang almond akan meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh, vitamin E menyiapkan tempat janin dan menyiapkan makan selama di dalam kandungan. Kekurangan vitamin E akan mengakibatkan bahaya pada janin dan ibu hamil. Anda dapat mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah yang cukup sesuai dosis setiap harinya.

2. Asparagus

Ibu hamil membutuhkan vitamin D untuk dapat mencerna kalsium. Selain itu vitamin D akan membantu ibu hamil dalam mengatasi gangguan kehamilan yang seringkali dirasakan di akhir bulan ke 3 kehamilan, yaitu insomnia. Disarankan anda mengkonsumsi asparagus yang megandung vitamin D membantu menjaga kesehatan anda dan anak anda. Selain itu aroma asparagus dapat mengatasi morning sickness.

3. Bayam

Ibu hamil memerlukan bahan makanan yang mengandung zat besi. Salah satunya berasal dari sayuran hijau yaitu bayam. Zat besi dapat membantu memproduksi sel darah merah dan menjaga aliran darah ke rahim. Selain itu kandungan zat besi dapat menurunkan risiko anemia yang seringkali dialami oleh ibu hamil.

4. Salmon

Ikan salmon mengandung berbagai macam gizi. Kandungan gizi yang utama yang terdapat di dalam ikan salmon adalah asam lemak omega 3, kalsium dan vitamin D. Ikan salmon juga merupakan jenis ikan yang aman di konsumsi ibu hamil karena kandungan merkuri yang rendah bahkan kadarnya mendekati tidak ada. Selain itu salmon sangat kecil menimbulkan alergi.

5. Telur

Pada bulan ke 3 kehamilan, anda dapat meningkatkan konsumsi telur. Ingat proses memasak telur harus benar-benar matang diantaranya adalah dengan digoreng, rebus, orak-orak atau yang lainnya. Terpenting jangan mengkonsumsi telur setengah matang atau telur mentah karena bakterinya tidak baik untuk tumbuh kembang janin.

6. Sayuran dengan berbagai warna

Sayuran memiliki manfaat untuk mengurangi morning sickness. Morning sickness sangat menggangu ibu hamil sehingga mengurangi nafsu makan. Dengan sayuran hijau maka akan mengurangi gejala morning sickness yang sering ibu alami di bulan ke 2-4 kehamilan. Selain itu sayur hijau mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janin.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *