Kondisi Kehamilan Minggu Ke-4 Hingga Minggu Ke-8

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Kondisi Kehamilan Minggu Ke-4 Hingga Minggu Ke-8

<br />Kondisi Kehamilan Minggu Ke-4 Hingga Minggu Ke-8

Sebelumnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-1 hingga Minggu ke-3)

Tahapan Kehamilan Trimester Pertama

Kondisi Kehamilan Minggu ke-4
Janin sudah berbentuk embrio yang memproduksi hormon kehamilan (Chorionic Gonadotropin – HCG), sehingga jika dilakukan test kehamilan hasilnya akan positif.

Kondisi Ibu :

Peningkatan produksi dari hormon progesterone serta payudhara yang mulai terasa lunak akan dialami oleh calon ibu. Namun pada usia kehamilan 4 minggu ini belum terlihat adanya pembesaran pada perut.

Kondisi bayi :

Janin mulai membentuk struktur manusia. Sel darah mulai mengambil bentuk dan sirkulasi akan dimulai. Terjadi pembentukan lingkaran hitam untuk mata, pembentukan otak dan tulang belakang serta jantung dan aorta (urat besar yang membawa darah ke jantung).

Kondisi Kehamilan Minggu ke-5

Janin masih disebut sebagai embrio dengan ukuran seperti biji apel.

Kondisi Ibu :

Ibu belum terlalu banyak mengalami perubahan pada tubuh dan belum mengetahui terjadinya kehamilan sebelum melakukan seperti test pack atau pemeriksaan urine.

Kondisi Bayi :

Pada minggu kelima ini terbentuk 3 lapisan yaitu lapisan ectoderm atau lapisan paling atas yang akan membentuk system saraf pada janin yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut.

Lapisan mesoderm atau lapisan yang berada pada lapisan tengah yang akan membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif. Dan lapisan endoderm atau lapisan paling dalam yang akan membentuk usus, hati, pankreas dan pundi kencing.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-6

Pada minggu ini ukuran embrio rata-rata sudah menkapsulai 2-4 mm dengan jantung yang mulai berdetak.

Kondisi Ibu :
Di malam hari Ibu agak mulai terganggu dengan sering buang air kecil akibat membesarnya uterus atau rahim.

Kondisi bayi :

Sistem pencernaan dan pernafasan juga sudah mulai dibentuk. Muncul tunas mungil yang nantinya akan berkembang menjadi lengan dan kaki. Mulai terbentuk juga jari kaki dan jari tangan yang kecil. Otak, saraf tulang belakang dan jaringan saraf lain dari sistem saraf pusat mulai terbentuk dengan baik.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-7
Pada minggu ini ukuran embrio panjang rata-rata sudah menkapsulai sekitar 5-13 mm dengan berat sekitar 0,8 gram atau kira-kira sebesar biji kacang hijau.

Kondisi Ibu:
Terasa nyeri pada payudar4 dan pembuluh darah mulai agak berbayang di payudar4.

Kondisi bayi :

Jantung sudah terbagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil. Saluran pencernaan dan alat indera mulai berkembang. Tulang mulai terbentuk yang menggantikan tulang rawan. Gerakan embrio dimulai meskipun ibu belum bisa merasakannya.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-8


Pada minggu ini bayi memiliki panjang sekitar 14-20 mm.

Kondisi Ibu :
Meningkatnya hormon progesteron dalam sistem tubuh menyebabkan ibu terkadang mengalami sembelit.

Kondisi bayi :

6 minggu setelah pembuahan, wajah bayi sudah mulai terbentuk dengan mulai berkembangnya ujung hidung, kelopak mata juga telinga. Mulai terbentuknya lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Mata yang berada dibawah membran kulit yang tipis. Mulai bercabangnya saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan atau yang disebut Brochi. Anggota tangan dan kaki juga terbentuk walaupun belum sempurna.

Selanjutnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-9)

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *