Kondisi Kehamilan Minggu Ke-32 Hingga Minggu Ke-35

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Kondisi Kehamilan Minggu Ke-32 Hingga Minggu Ke-35

<br />Kondisi Kehamilan Minggu Ke-32 Hingga Minggu Ke-35

Sebelumnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-28 hingga Minggu ke-31)

Tahapan Kehamilan Trimester Ketiga

Kondisi Kehamilan Minggu ke-32

Pada fase ini bayi berada dalam posisi kepala dibawah sampai lahir nanti.

Kondisi Ibu :
Akibat terganggunya proses pencernaan beberapa ibu hamil di usia ini ada yang mengalami sembelit.

Kondisi Bayi :

Paru-paru bayi belum akan berkembang sempurna sampai tepat sebelum ia lahir. Jari tangan dan kaki telah tumbuh sempurna dengan kukunya yang sudah lengkap dan sempurna. Bagi sebagian bayi, rambut sudah memenuhi bagian kepala. Begitu pula dengan bulu mata dan alis yang semakin terlihat jelas.

Lanugo yang menutupi tubuh bayi mulai menghilang walaupun sebagian mungkin masih ada di bahu dan punggung saat ia dilahirkan. Kulit bayi semakin merah, kelopak mata juga telah terbuka dan sistem pendengaran terbentuk secara sempurna.

Sejak bulan ini sistem saraf pusatnya juga sudah menjadi matang. Jika bayi Anda laki-laki, buah zakarnya mungkin sudah masuk ke dalam skrotum. Namun terkadang salah satu atau kedua buah zakar belum masuk ke posisinya sampai setelah lahir, tetapi Anda jangan khawatir. Buah zakar yang belum turun sering kali terkoreksi sendiri sebelum ulang tahun pertama si kecil.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-33
Pada minggu ini berat bayi sekitar 2-2,7 kg dan panjangnya sekitar 45 cm. Bentuk wajah bayi telah menyerupai ayah dan ibunya.

Kondisi Ibu :

Gerakan bayi lebih terasa karena bayi mengisi hampulir seluruh ruang rahim. Ibu juga merasa tak nyaman akibat gerakannya yang aktif, terutama ketika kakinya di bawah tulang rusuk ibu. Ibu juga akan mengalami sakit punggung akibat terjadi peregangan otot.

Kondisi Bayi :

Sebagian besar perkembangan fisik dasarnya kini telah selesai. Namun tulang tengkoraknya masih cukup lentur dan belum sepenuhnya menyatu sehingga memungkinkannya melewati jalan lahir yang relatif sempit. Meskipun tulang di bagian lain tubuhnya telah mengeras tetapi otot-otot bayi belum benar-benar bersatu. Kulitnya mulai halus, tidak lagi keriput dan lebih berisi.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-34
Akibat pertambahan jaringan otot dan lemak, berat bayi akan bertambah setidaknya 1 kg sejak bulan lalu. Bayi sudah berada di pintu rahim. Namun meski demikian, ia masih harus mematangkan beberapa hal dan menambah berat badan sebelum benar-benar siap untuk dilahirkan.

Kondisi Ibu :

Perut ibu meregang sedemikian rupa sehingga pusar ibu menonjol dan meningkatnya pigmentasi pada linea nigra membuatnya semakin terlihat jelas. Rahim mengeras dan berkontraksi sebagai persiapan untuk melahirkan. Demikian juga dengan panggul ibu cenderung melebar dan mungkin terasa sakit, terutama di bagian belakang. Beberapa wanita memiliki kadar hemoglobin rendah pada tahap kehamilan ini.

Kondisi Bayi :

Pada minggu ini organ-organnya hampulir matang sepenuhnya, kecuali paru-paru. Paru-paru berkembang sempurna, meskipun tetap membuat surfaktan dalam jumlah banyak. Refleks koordinasi bayi mulai sempurna seperti berkedip, menutup mata saat ia mengantuk, menoleh, menendang serta merespons cahaya, suara dan sentuhan. Sejak bulan ini lapisan plasentanya mulai menipis.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-35
Bayi sudah semakin besar dan rahim ibu terasa sangat sempit sehingga ia tidak banyak bergerak lagi. Ketika ia meregang atau menggeliat, ibu bisa mengamati siku, kaki, atau kepalanya menonjol dari perut.

Kondisi Ibu:

Kebanyakan ibu hamil mengalami denyutan atau bahkan rasa nyeri pada pinggul, bokhong atau panggul di minggu-minggu terakhir kehamilan. Kadang rasa cemas yang tidak beralasan membuat Ibu sulit tidur.

Kondisi Bayi:

Pendengaran bayi sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya. Lemak ini berfungsi untuk membeirkan kehangatan pada tubuhnya saat ia dilahirkan nanti. Bayi juga sudah mempunyai sepasang ginjal yang berkembang sempurna. Serta hati yang sudah bisa memproses sebagian produk buangan. Apabila bayi Anda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah terbentuk dengan sempurna. Kepala bayi sudah mulai memasuki panggul. 

Selanjutnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-36) 

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *