Kondisi Kehamilan Minggu Ke-28 Hingga Minggu Ke-31

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Kondisi Kehamilan Minggu Ke-28 Hingga Minggu Ke-31

<br />Kondisi Kehamilan Minggu Ke-28 Hingga Minggu Ke-31

Sebelumnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-23 hingga Minggu ke-27)

Tahapan Kehamilan Trimester Ketiga

Kondisi Kehamilan Minggu ke-28
Lemak pada tubuh bayi mulai semakin bertambah hingga ukuran bayi dengan panjang sekitar 38 cm dan berat sekitar 1-1,8 kg benar-benar mengisi ruang yang kosong dalam rahim.

Kondisi Ibu :

Pada masa ini ibu hamil dapat mengalami kenaikan berat badan sekitar 5 kg. Juga pembengkakan pada kaki dan tangan bisa terjadi pada masa ini. Namun naluri keibuan biasanya juga sudah mulai tumbuh.

Kondisi Bayi :

Bayi sudah bisa membuka matanya dan sudah mulai bisa memalingkan wajah bila melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Lapisan lemak semakin berkembang. Rambut halus dan kuku jarinya terus tumbuh seiring dengan otak yang semakin berkembang dan kepala yang sudah mengarah ke bawah. Meskipun paru-parunya belum sempurna namun kemungkinan besar si kecil dapat bertahan hidup saat ia terlahir ke dunia.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-29
Dengan kepala mengarah kebawah, posisi bayi saat ini mempersiapkan diri seperti posisi lahir. Kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen yang akan menstimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh ibu sehingga membuat kolostrum (air susu yang pertama kali keluar saat menyusui).

Kondisi Ibu :

Letak janin yang mulai membesar dan mendesak kandung kemih membuat Ibu mulai merasakan ingin selalu buang air kecil. Ibu hamil mudah merasa kapsul ek dan lelah akibat beban yang harus dibawanya yang semakin besar.

Kondisi Bayi :

Otak bayi berkembang pesat dan ia sudah dapat melihat serta mendengar. Sensitivitas bayi juga semakin jelas sehingga pada usia ini hampulir semua bayi bereaksi terhadap suara, cahaya, rasa dan bau. Bayi juga akan lebih sering menendang di dalam rahim ibu. Jika bayi Anda laki-laki, buah zakarnya akan bergerak dari tempatnya di dekat ginjal menuju selangkhangan. Jika bayi Anda perempuan, klitorisnya relatif menonjol karena labia yang masih kecil belum bisa menutupinya.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-30
Panjangnya sekitar 40 cm dan akan terus menambah berat badannya sampai ia dilahirkan. Otak bayi semakin berkembang dengan sangat cepat. Gerakan-gerakan bayi semakin terasa sehingga ketika ia menendang Anda dapat merasakan gerakan kaki atau tangannya di bawah kulit perut Anda.

Kondisi Ibu :

Untuk memudahkan proses kelahiran bayi, ligamen di seputar daerah pelvix mulai meregang. Kondisi seperti ini seringkali membuat ibu hamil merasakan sakit punggung.

Kondisi Bayi :

Pada usia ini paru-paru dan saluran pencernaan bayi hampulir matang. Dengan mata indahnya yang sudah mulai memproduksi air mata, si kecil sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya, mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain untuk bisa melihat apa yang sedang terjadi di dalam rahim, membedakan terang dan gelap atau bahkan mencari sumber cahaya.

Sehingga jika Anda menyorotkan sinar pada perut, bayi Anda bisa memalingkan kepala untuk mengikuti cahaya atau bahkan meraih untuk menyentuh kilau yang bergerak. Sebagian peneliti berpikir bahwa memaparkan perut Anda pada cahaya akan menstimulasi perkembangan visual.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-31
Dengan berat sekitar 1,5-2 kg dan panjang sekitar 42 cm dari ujung kaki ke ujung kepala, si kecil nampulak seperti bayi baru lahir. Gerakan bayi semakin jarang dan tidak terlalu aktif seperti dulu karena ia kehabisan ruang kosong dalam rahim dan tidak bisa berbalik arah lagi. Namun ia masih bisa menggerakkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain.

Kondisi Ibu :

Selain merasakan tekanan pada kandung kemih, ibu hamil pada usia ini menjadi semakin sulit tidur nyenyak, terasa sulit mencari posisi nyaman akibat semakin membesarnya perut.

Kondisi Bayi :

Perkembangan fisik bayi sudah mulai melambat pada fase ini, namun berat badannya akan terus bertambah seiring perkembangan otaknya semakin pesat dengan menghasilkan bermilyar sel. Meskipun melambat namun organ-organnya terus mematang.

Tulang pada tubuh bayi sudah mulai mengeras, berkembang dan mulai memadat dengan zat-zat penting seperti kalsium, zat besi, fosfor. Lengan, tungkai, dan tubuh bayi terus terisi sampai akhirnya ukurannya menjadi proporsional dengan kepalanya. Plasenta masih memberikan nutrisi untuk bayi. Aliran darah di plasenta memungkinkan bayi menghasilkan air seni hingga ia berkemih sebanyak 500 ml sehari.

Selanjutnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-32) 

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *