Kondisi Kehamilan Minggu Ke-23 Hingga Minggu Ke-27

<br />Kondisi Kehamilan Minggu Ke-23 Hingga Minggu Ke-27

Sebelumnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-18 hingga Minggu ke-22)

Tahapan Kehamilan Trimester Kedua

Kondisi Kehamilan Minggu ke-23

Pada minggu ini panjang bayi sekitar 30 cm dan beratnya hampulir 500 gram. Tangan, kaki dan jari-jari bayi telah terbentuk dengan sempurna.

Kondisi Ibu :
Produksi lendir pada vaghina Ibu mengalami peningkatan akibat meningkatnya aliran darah ke bagian tubuh. Ibu juga mengalami buang air lebih sering dari biasanya.

Kondisi Bayi :
Pembuluh darah dalam paru-parunya mulai berkembang untuk menyiapkan pernapasan. Meskipun lemak semakin bertumpuk di dalam tubuh bayi, produksi sel kulit lebih banyak dibandingkan lemak sehingga kulitnya yang masih kendur nampulak seperti keriput. Dia juga memiliki kebiasaaan “berolahraga”, menggerakkan otot jari-jari tangan dan kaki, lengan dan kaki secara teratur.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-24

Dengan pendengaran yang sudah terbentuk sempurna bayi akan merespon dengan begerak jika mendengar suara menarik dari luar.

Kondisi Ibu :
Pada minggu ini kadang beberapa ibu mengalami kurang tidur atau tidak nyenyak saat tidur. Gusi membengkak, meradang atau bahkan berdarah, khususnya ketika saat menggosok. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan yang bisa yang membuat gusi menjadi lebih sensitive.

Kondisi Bayi :
Saat ini bayi sudah mempunyai bentuk tubuh yang sempurna, otaknyapun tumbuh dengan sangat baik. Paru-paru bayi mulai mengambil oksigen meskipun masih menerima oksigen dari plasenta. Paru-paru mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara tetap mengembang. Dia juga mulai menyimpan lapisan “lemak coklat” di dada, leher, dan selangkhangan yang membantu bayi mempertahankan panas tubuh.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-25

Saat ini berat bayi sudah menkapsulai 650 gram dengan tinggi badan 37 cm. Bayi mulai latihan bernafas. Ia menghirup dan mengeluarkan air ketuban/ cairan amnion. Jika air ketuban/ cairan amnion yang tertelan terlalu banyak, ia akan cegukan.

Kondisi Ibu :
Terkadang ibu mengalami kontraksi, meskipun tidak sakit tapi perut akan terasa kaku.

Kondisi Bayi :
Pada minggu ini bagian hidung bayi (nostrils) sudah mulai berfungsi sehingga indra penciuman juga sudah makin membaik. Tulang bayi semakin mengeras dan menjadi semakin kuat. Saluran darah di paru-paru bayi sudah semakin berkembang. Garis di sekitar mulut bayi sudah mulai membentuk dan fungsi menelan sudah semakin membaik.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-26

Pada minggu ke-26 bayi sudah mempunyai lemak dibawah kulit yang berguna untuk mengontrol suhu tubuhnya pada saat ia lahir nanti. Apabila diukur dari kepala hingga jari kaki, ukuran bayi menkapsulai 35,6-38 cm dengan berat sekitar 760 gram.

Kondisi Ibu :
Ibu mulai merasakan nyeri dan pegal di bagian pinggang dan persendian tulang belakang. Nafas menjadi lebih pendek saat melakukan aktivitas yang agak berat.

Kondisi Bayi :
Bayi sudah bisa membuka dan mengedipkan matanya seiring retina matanya yang sudah mulai terbentuk. Aktivitas otak bayi yang berhubungan dengan pendengaran dan penglihatan bayi sudah berfungsi dengan baik. Bayi juga mulai aktif berubah posisi yang juga dirasakan oleh ibu.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-27

Menjelang trimester ketiga, berat si kecil menkapsulai 875 gram dan tingginya sekitar 36,6-38 cm. Bayi terlihat seperti menarik napas, meskipun baru bernapas dalam cairan ketuban/ cairan amnion, namun hal ini adalah latihan yang bagus sebelum ia lahir.

Kondisi Ibu :
Ibu mulai merasakan gerah dan mudah berkeringat seiring beban yang dikandungnya semakin besar dan berat.

Kondisi Bayi :
Pada minggu ini paru-paru, hati, dan sistem kekebalan tubuh bayi masih harus dimatangkan. Meskipun demikian, indra perasa bayi sudah mulai terbentuk. Matanya membuka dan menutup. Saat ia terjaga dari tidurnya pada interval yang teratur bayi sudah pandai mengisap ibu jari. 

Selanjutnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-28)

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *