Kondisi Kehamilan Minggu Ke-18 Hingga Minggu Ke-22

<br />Kondisi Kehamilan Minggu Ke-18 Hingga Minggu Ke-22

Sebelumnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-14 hingga Minggu ke-17)

Tahapan Kehamilan Trimester Kedua

Kondisi Kehamilan Minggu ke-18
Bayi sudah dapat mendengarkan suara dari luar tubuh ibu, oleh karena itu ia akan bergerak atau terkejut bila mendengar suara keras. Dalam minggu ini bayi bergerak sangat aktif dan mungkin ibu sudah dapat merasakan gerakan menendang, menekuk, meraih atau bahkan berguling. Jika bayi Anda perempuan, vagin4, rahim, dan saluran telurnya sudah terbentuk. Jika bayi Anda laki-laki, alat genitalnya sudah jelas dan bisa dikenali.

Kondisi Ibu :
Seiring bertambahnya berat badan dan perubahan fisik, nafsu makan ibu semakin meningkat. Keluhan seperti mudah lelah, sakit punggung, pegal-pegal dan pinggang atau otot terasa linu akan mulai muncul di minggu ini.

Kondisi Bayi :
Pada minggu ini mata bayi sudah berkembang dan sudah bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim ibu. Dadanya kembang kempis seolah-olah bernafas. Hal ini bukan karena ia menghirup udara, tetapi ia sedang menelan cairan amnion.

Bayi mulai melakukan gerakan seolah sedang mengembangkan atau melatih ototnya yang sudah bisa berkontraksi dan relaks. Bayi sudah dapat menendang atau meninjeksiu. Pada minggu ini hormon estrogen dan progesteron semakin meningkat.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-19

Panjang bayi sekitar 20,5 cm dan beratnya sekitar 240 gram. Ia mulai menelan cairan amnion dan ginjalnya terus menghasilkan air seni.

Kondisi Ibu :
Guratan-guratan di perut semakin terlihat jelas, tapi sebaiknya tidak digaruk dan cukup diusap-usap saja. Pada minggu ini mungkin ibu hamil mengalami sulit tidur sebab seperti merasakan panas di dalam perut atau gangguan pencernaan.

Kondisi Bayi :
Tubuh bayi diselimuti vernix caseosa, semacam lapisan lilin yang melindungi kulit dari luka. Otak bayi telah menkapsulai jutaan sel saraf motorik untuk setiap indera perasa, penghirup, pendengaran, penglihatan, dan peraba. Oleh karenanya ia mampulu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-20
Separuh masa kehamilan telah dilewati. Kini panjangnya sekitar 25,4 cm dan beratnya sekitar 260 gram.

Kondisi Ibu :
Akibat meningkatnya kadar pigmen, puthing susu ibu menjadi semakin gelap seiring perutnya yang semakin membesar. Ibu juga cenderung mudah merasa pusing saat bangun dari duduk dan muncul rasa sakit di bagian bawah perut.

Kondisi Bayi :
Kulit bayi mulai membuat lapisan dermis, epirdermis dan subcutaneous dibawah lapisan vernix. Pigmen kulit mulai terlihat jelas dan kukunya pun mulai tumbuh. Seiring dengan proses penyempurnaan paru-paru dan sistem pernafasan, otot-ototnya pun semakin kuat. Bayi bergerak sekitar 200 kali sehari, tetapi ibu hamil akan merasakan sedikit dari semua gerakan ini.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-21

Panjang bayi sekitar 28 cm dan beratnya sekitar 360 gram. Jika ibu berbicara, membaca buku atau menyanyi untuk bayi Ibu, dia pasti bisa mendengarnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir akan mengisap lebih kencang saat menyusu bila Ibu membacakan buku yang sering dia dengar saat masih di dalam rahim.

Kondisi Ibu :
Rahim yang semakin membesar dan mulai mendesak lambung membuat lambung terasa hangat. Adanya perubahan pada kulit dan rambut yang diantaranya merupakan perubahan positif. Namun bisa juga timbul gejala yang tidak diinginkan seperti jerawat atau noda di pipi.

Kondisi Bayi :
Alis dan kelopak mata bayi sudah terbentuk sempurna. Kuku-kuku jarinya juga sudah menutupi ujung jari. Usus bayi sudah cukup berkembang sehingga sudah mampulu menyerap atau menelan gula dari cairan kemudian dilanjutkan melalui sistem pencernaan menuju usus besar.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-22
Antara kepala dan tubuh semakin proporsional. Wajahnya semakin mirip seperti saat dilahirkan. Indera yang akan digunakan bayi untuk belajar, berkembang setiap hari.

Kondisi Ibu :
Pembengkakan dan kram pada kaki mulai dirasakan ibu karena mulai terhambatnya peredaran darah. Kenaikan berat badan yang akan Anda alami mungkin menghantui pikiran dan Anda mungkin menghadapi tantangan mengidam dan selera makan yang lebih baik.

Kondisi Bayi :
Sel darah putih yang penting untuk melawan penyakit dan infeksi sudah mulai diproduksi oleh tubuh bayi. Bibir bayi lebih jelas dengan matanya yan sudah mulai terbentuk. Pankreas, yang penting untuk produksi hormon, mulai berkembang. Mulai muncul tanda-tanda awal tumbuhnya gigi di antara barisan gusinya.

Selanjutnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-23)

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *