Kondisi Kehamilan Minggu Ke-1 Hingga Minggu Ke-3

<br />Kondisi Kehamilan Minggu Ke-1 Hingga Minggu Ke-3

Pada kehamilan trimester pertama atau pada minggu ke-1 hingga minggu ke-13 ini kondisi ibu mengalami perubahan-perubahan dari biasanya sebelum hamil. Perubahan ini biasanya baru dirasakan ibu hamil pada minggu kedua hingga minggu kesepuluh. Mulai dari perubahan emosi, selera makan, sering buang air kecil di malam hari, sembelit serta perubahan-perubahan tubuh lainnya akibat dari meningkatnya hormon progesterons dalam tubuh ibu hamil. Kondisi ibu hamil ini berubah seiring usia kehamilan dan perkembangan pada janin yang dikandungnya. Dimana janin juga mengalami perkembangan dan pertumbuhan setiap harinya. Dari mulai terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma, terbentuknya embrio hingga menjadi bayi.

Tahapan Kehamilan Trimester Pertama

Dengan mengetahui perkembangan janin tiap minggua dalam kandungan, ibu hamil akan bisa menghindari masalah yang akan menyerang janin, mengetahui perubahan-perubahan apa yang terjadi pada ibu hamil serta mengetahui nutrisi apa yang dibutuhkan ibu dan janin dalam usia-usia tersebut. Berikut ini gambaran kondisi kehamilan trimester pertama atau kondisi kehamilan minggu ke-1 hingga minggu ke-13 :

Kondisi Kehamilan Minggu ke-1

Pada minggu pertama ini baru terjadi proses pembentukan antara sperma dan sel telur dan belum terjadi pembuahan.

Kondisi Ibu :
Walaupun sudah telat datang bulan banyak Ibu yang belum menyadari kalau dirinya hamil.

Kondisi bayi :

Janin sudah memiliki bekal genetik 46 jenis kromosom manusia. Pada masa ini embrio membutuhkan nutrisi dan oksigen dari ibu.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-2
Pada akhir minggu kedua, pembuahan sel telur terjadi. Dan 30 jam setelah dibuahi, sel telur yang telah dibuahi membelah menjadi dua.

Kondisi Ibu :

Biasanya Ibu mulai berfluktuasi yaitu tiba-tiba marah atau senang tanpa sebab yang jelas dan mulai sering merasa kelelahan akibat perubahan hormon dan perubahan emosi.

Kondisi bayi :

Sel telur yang telah dibuahi akan membelah menjadi dua sel, sambil terus membelah hingga menjadi 32, sel telur terus bergerak meninggalkan lubang falopi menuju rahim.

Kondisi Kehamilan Minggu ke-3


Hingga pada usia kehamilan minggu ketiga ini, Ibu mungkin belum sadar jika sedang mengandung.

Kondisi Ibu :
Morning sickness berupa mual atau muntah, perubahan selera makan dan berat badan biasanya dialami Ibu pada minggu ini

Kondisi bayi :

Sel telur membelah menjadi ratusan sel dan menempel pada dinding rahim. Selain itu plasenta juga mulai berkembang berbentuk bulat dan berfungsi mentransfer nutrisi dari ibu ke janin.

Selanjutnya…… (Kondisi Kehamilan Minggu ke-4)

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *