Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Hari Perkiraan Kelahiran

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Hari Perkiraan Kelahiran

<br />Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Hari Perkiraan Kelahiran Hanya Dengan Melihat Tabel Kehamilan

Cara menghitung kehamilan baik itu usia kehamilan maupun perkiraan hari kelahiran belum diketahui oleh kebanyakan para ibu yang sedang menjalani kehamilan. Padahal pengetahuan akan hal ini adalah penting untuk dapat mengetahui perkembangan kehamilan yang sedang dijalani. Mengetahui apa yang terbaik bagi kehamilan itu sendiri pada usia-usia atau trimester-trimester tertentu yang dijalani oleh ibu hamil. Baik itu berupa asupan nutrisi, hal-hal yang boleh maupun tidak untuk dilakukan maupun untuk melakukan jadwal pemeriksaan baik ke bidan maupun dokter. Berikut ini cara menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan kelahiran hanya dengan melihat tabel yang kami namakan dengan tabel kehamilan.

Cara menghitung kehamilan

Setelah sebelumnya kita membahas cara mengetahui masa subur wanita hanya dengan melihat tabel masa subur, kali ini tipstipskehamilan berbagi tips mengenai cara menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan kelahiran hanya dengan melihat tabel kehamilan.

Untuk dapat menghitung usia kehamilan selama ini para ibu hamil masih mengandalkan dokter atau bidan. Memang ini tidak salah dan bahkan dianjurkan demi penghitungan usia kehamilan yang tepat secara medis. Namun, tidak ada salahnya tipstipskehamilan kali ini berbagi artikel mengenai cara memperkirakan hari kelahiran dan menghitung usia kehamilan hanya dengan melihat tabel kehamilan. 

Jadi Anda para ibu hamil tidak perlu menghitung dengan rumus-rumus yang membingungkan, namun hanya dengan melihat tabel kehamilan para ibu hamil bisa memperkirakan kapan hari kelahiran sang buah hati dan berapa usia kehamilannya saat ini.

Tabel kehamilan berikut ini dibuat berdasarkan pada penghitungan siklus menstruasi atau metode Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Jadi bagi ibu hamil yang memiliki siklus haid normal atau teratur setiap 21-35 hari dapat menggunakan tabel ini untuk memperkirakan hari kelahiran sang buah hati serta mengetahui usia kehamilan. 

Berikut ini tabel kehamilan dari tipstipskehamilan beserta contoh penggunaannya.

Jika Ibu hamil setelah dilakukan test kehamilan ternyata positif hamil maka ibu hamil dapat melihat tabel di atas untuk melihat berapa usia kehamilannya sekarang dan kapan perkiraan hari kelahiran sang buah hati.

Contoh :
Jika misalnya haid terakhir ibu hamil terjadi pada tanggal 10 Pebruari hingga 15 Pebruari, maka hari HPHT nya adalah tanggal 10 Pebruari. Pada tabel di atas kita lihat angka 10 pada baris warna ungu dan bulan Pebruari kita juga melihat pada kolom warna ungu sebelah kiri.

Selanjutnya kita tarik garis ke bawah dan ke samping kanan sampai bertemu pada satu titik di tengah. Sehingga kita dapat melihat hari perkiraan lahir sang buah hati adalah tanggal 17 Nopember dengan melihat bulan Nopember ada pada sisi kanan tabel. 

Demikian juga misalnya jika HPHT ibu hamil adalah tanggal 25 Juli maka perkiraan hari kelahiran sang buah hati adalah tanggal 02 Mei tahun berikutnya.

Namun perkiraan tanggal kelahiran ini sebaiknya ditambah tenggang waktu plus dan minus 7 hari. Pada contoh di atas untuk perkiraan serta persiapan kelahiran yaitu antara 10 – 24 Nopember dan antara tanggal tanggal 25 April – 09 Mei tahun berikutnya.

Sedangkan untuk mengetahui berapa usia kehamilan ibu hamil yaitu pada contoh di atas kita mengetahui tanggal 17 Nopember sebagai hari perkiraan lahir, pada kolom yang sama kita lihat tanggal 17 adalah tanggal dimana usia kehamilan genap 1 bulan untuk setiap baris atau per bulannya.

Jadi jika kita ingin melihat berapa usia kehamilan pada bulan April misalnya, maka kita dapat menghitungnya ke bawah dengan melihat bulan disebelah kiri tabel. Sehinga kita lihat bahwa usia kehamilan pada tanggal 17 April adalah genap 2 bulan.

Demikian cara menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan kelahiran hanya dengan melihat tabel kehamilan. Semoga bermanfaat..

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *