Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

<br />Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Hanya Melihat Tabel Masa Subur

Masa subur wanita berbeda-beda pada setiap wanita. Karena masa subur wanita ditentukan oleh siklus menstruasi atau haid. Ada wanita yang punya siklus haid teratur dan ada pula yang siklus menstruasinya tidak teratur. Ada yang tiap 28 hari mengalami haid dan ada pula yang kadang setelah 25 hari atau kadang setelah 30 hari baru mengalami menstruasi. Jika Anda ingin mengetahui kapan masa subur Anda baik yang siklus haidnya teratur maupun tidak teratur berikut ini kami buatkan tabel untuk mengetahui dengan mudah masa subur wanita.

Masa subur wanita

Banyak hal yang menjadi perhatian oleh para pasangan yang telah menikah terutama masalah keturunan. Bagi pasangan yang tidak mempunyai masalah dalam hal kesuburan mungkin tidak terlalu memperhatikan kapan saat yang tepat untuk berhubungan suami istri dalam rangka untuk mendapatkan keturunan. Apalagi bagi pasangan yang baru menikah, asal tiap hari berhubungan dan tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun Insya Allah akan hamil.

Namun bagi pasangan yang belum juga dikaruniai momongan, pastilah mereka akan bertanya-tanya tentang kendala yang dihadapi untuk memperoleh keturunan. Entah masalah kesuburan, masalah disfungsi hormon atau masalah gaya dalam berhubungan yang kerap menggangu pikiran mereka.

Jika Anda adalah pasangan yang merasa tidak ada masalah dengan kesuburan baik dari pihak pria maupun wanita namun belum juga mendapatkan hasil dari benih sang suami yang meskipun telah berkali-kali “ditanam”, mungkin ada belum melakukan “trik melakukan hubungan suami istri pada masa subur”. 

Misalnya sang istri baru mau diajak berhubungan setiap tanggal muda atau setelah sang suami mendapatkan gaji dari perusahaannya tempatnya bekerja, padahal sang istri memiliki siklus haid yang teratur setiap akhir bulan.

Jika ini yang terjadi maka Anda selalu melakukan hubungan pada saat keadaan sang istri belum benar-benar subur atau keadaan rahim sang istri belun mengalami ovulasi.

Oleh karena itulah Anda perlu mengetahui masa subur wanita untuk melakukannya pada saat yang tepat demi mendapatkan kehamilan yang selama ini diimpikan. Berikut ini kami sediakan tabel masa subur untuk mengetahui dengan mudah masa subur wanita beserta cara penggunannya.

Tabel di atas adalah untuk mengetahui masa subur wanita berdasarkan jumlah hari masa siklus haid/ menstruasi. Jika seorang wanita memiliki siklus haid/ menstruasi yang tidak teratur, misalnya seorang wanita memiliki masa haid terpanjang adalah 31 dan terpendek adalah 24.

Artinya si wanita pernah mengalami haid pada hari ke 31 setelah hari terakhir menstruasi terakhir (dan ini masa yang terlama/ terpanjang pada siklus menstruasinya) dan si wanita juga mengalami haid pada hari ke 24 setelah hari terakhir menstruasi terakhir (dan ini masa yang terpendek pada siklus menstruasinya). 

Maka dapat kita tarik ke arah kanan dari angka 31 yang ada pada kolom paling kiri atau di samping judul JUMLAH HARI MASA HAID TERLAMA / TERPANJANG kita tarik juga dari angka 24 pada baris paling atas atau di bawah judul JUMLAH HARI MASA HAID TERPENDEK ke bawah.

Maka akan bertemu pada satu titik atau angka yaitu angka 13 pada kotak hijau di tengah. Angka itulah yang menunjukkan hari paling subur yaitu hari ke 13 setelah tanggal terakhir haid terakhir yang dialami. 

Kemudian jika kita tarik ke bawah lagi dari angka 13 tadi hingga pada baris paling bawah dapat kita lihat angka 6, dan jika kita tarik ke kanan dari angka 13 tadi hingga pada kolom paling kanan dapat kita lihat angka 20. Sehingga dapat kita ketahui bahwa masa suburnya yaitu mulai hari ke 6 hingga hari ke 20 setelah hari terakhir terjadinya haid/ menstruasi.

Begitu pula jika seorang wanita yang siklus haidnya teratur. Misal jika seorang wanita memiliki masa siklus haid setiap 28 hari sekali, maka dapat kita tarik ke bawah dari angka 28 yang ada pada baris paling atas dan kita tarik juga dari angka 29 pada kolom paling kiri ke arah kanan.

Maka akan bertemu pada satu titik atau angka yaitu angka 14/15 pada kotak biru di tengah. Angka itulah yang menunjukkan hari paling subur, yaitu antara hari ke 14 sampai 15 setelah tanggal terakhir menstruasi terakhir yang dialami.

Demikianlah sedikit berbagi untuk mengetahui masa subur wanita dengan mudah hanya dengan melihat tabel masa subur sebagai salah satu tips bagi Anda dalam rangka untuk mendapatkan kehamilan. Untuk meyakinkan Anda jika Anda sedang dalam masa subur Anda bisa baca juga 5 Tanda-Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur. Semoga bermanfaat..

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *