Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan Saat Hamil

FARMASI-ID.COM > IBU & ANAK | FARMASI-ID.COM > Tips Kehamilan > Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan Saat Hamil. Semua wanita, apakah mereka sedang hamil atau tidak, bisa mengalami masalah keputihan mulai satu atau dua tahun sebelum pubertas dan berakhir setelah menopause. Jumlah keputihan yang diderita bervariasi, kadang2 jadi lebih banyak ketika mau datang mens.

Apakah normal untuk memiliki keputihan pada kehamilan ?

cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Ya. Hampulir semua wanita memiliki cairan berlebih pada kehamilan. Hal ini normal dan terjadi karena beberapa alasan. Selama kehamilan leher rahim dan dinding missv menjadi lebih lembut dan jumlah cairan jadi meningkat untuk membantu mencegah infeksi dalam missv.

Segera setelah Anda hamil, tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan progesteron, yang memicu bertambahnya cairan pada missv. Bahkan ada beberapa ibu hamil yang melaporkan bahwa cairan keputihannya saat hamil begitu melimpah, sehingga kadang harus ganti celana dalam beberapa kali dalam sehari.

Nah, bagi sebagian wanita, bertambahnya cairan yang keluar dari missv ini bisa dijadikan sebagai salah satu tanda-tanda hamil. Tapi jangan dijadikan patokan utama, karena tidak setiap wanita yang hamil mengalami keputihan, sehingga dengan tidak melihat bertambahnya cairan tidak berarti bahwa Anda tidak hamil. Tidak semua wanita mengalami gejala kehamilan yang sama. Cara paling pasti untuk menentukan apakah Anda hamil adalah untuk cek ke dokter Anda untuk melakukan tes kehamilan.

Keputihan yang sehat harus jelas dan putih warnanya serta tidak berbau tidak sedap. Jika cairan keputihannya berwarna dan berbau tidak sedap, atau jika Anda merasa gatal atau sakit, Anda mungkin mengalami infeksi bakteri pada organ kewanitaan anda. Segera periksakan ke dokter jika anda mengalami hal ini. Anda juga harus memberitahu bidan atau dokter jika keputihan Anda bertambah banyak saat hamil.

Ini dia beberapa cara untuk mencegah keputihan saat hamil:

– Jangan gunakan pakaian terlalu ketat
– Bersihkan organ kewanitaan dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan
– gunakan celana dalam berbahan katun
– jangan gunakan pembersih missv yang biasanya mengandung sabun dan bahan kimia yang dapat merubah PH.

Sekian dulu ulasan singkat kami tentang cara mengatasi keputihan saat hamil. semoga ada manfaat yang bisa anda ambil pada artikel ini. Silahkan tuliskan pengalaman dan tips anda jika mau menambahkannya.

Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Tips Kehamilan

Published:
2014-03-19T17:26:00+07:00
Title:Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Rating:

5 On
22 reviews

Artikel Terkait

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *