Area Tubuh yang Sering Terkena Varises Pada Wanita Hamil

Dalam kasus yang umum, varises kerap muncul di kaki. Namun nyatanya varises juga bisa muncul di vag1n4 maupun uterus. Nah, kondisi ini perlu dipahami oleh ibu hamil.

“Varises merupakan pembuluh darah balik atau pembuluh darah vena yang kembali ke arah jantung dan pada beberapa kondisi ada pembuluh darah yang elastisitasnya nggak bagus jadi melebar,” terang dr Boy Abidin SpOG dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta.

Jika terjadi di vag1n4, pelebaran itu bisa membuat nyeri pada saat hamil. Ini karena membuat kerja jantung jadi berat. Ketika ada varises di jalan lahir atau vag1n4, bisa terjadi gangguan atau masalah pada proses persalinan.

“Ketika varises itu pecah maka pembuluh darah itu akan susah dihentikan pendarahannya untuk dijahit,” imbuh dr Boy.

Kata dr Boy, kondisi ini bisa terjadi karena lifestyle. Misalnya karena ibu hamil terlalu lama duduk, juga kurang olahraga.

Dihubungi secara terpisah, dr Nana Agustina SpOG dari RSU Bunda Jakarta menambahkan varises di vag1n4 maupun jalan lahir bisa terjadi karena tensi yang tinggi. Penyebab lainnya adalah karena beban yang terlalu berat, sehingga janin menekan ke bawah, sehingga terjadilah varises di vag1n4 maupun uterus.

Untuk menghindari varises, ibu hamil disarankan untuk berolahraga yang aman.

“Berenang boleh, yoga pre-natal boleh, senam hamil boleh,” ujar dr Nana.

Dengan olahraga, maka akan membuat tekanan darah stabil, sehingga pembuluh darah tidak membesar atau lebar-lebar. dr Nana juga menyarankan bila perlu, ibu hamil bisa mengenakan stoking khusus.

Selain itu dianjurkan juga untuk menjaga pola makan sehat, seperti mengasup makanan dengan gizi seimbang. Ini penting untuk menjaga elastisitas pembuluh darah.

“Maka sering kita sarankan makan buah-buahan, vitamin C agar elastisitas pembuluh darahnya bagus. Biasanya untuk wanita di masa reproduksi jarang ada varises, tapi terjadi pada usia lanjut dari kaki ke vag1n4 hingga uterus,” timpal dr Boy.

Sumber: Detikhealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *