5 Tanda-Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

<br />5 Tanda-Tanda Masa Subur

Masa subur adalah masa terjadi nya ovulasi dimana ketika sel telur pada wanita dilepaskan dari indung telurnya. Anda sedang berusaha agar cepat hamil? Wanita yang sedang dalam kondisi subur memiliki peluang yang sangat besar untuk terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma (kehamilan). Jadi masa subur atau masa ovulasi merupakan masa yang dinanti-nantikan bagi pasangan yang ingin cepat hamil. Saat memasuki masa subur, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita. Berikut ini 5 perubahan yang terjadi pada wanita yang sedang mengalami ovulasi atau disebut sebagai tanda-tanda wanita sedang dalam masa subur.

masa suburnya wanita

1. Suhu Tubuh Meningkat

Ketika wanita mulai memasuki masa subur, suhu tubuh akan mengalami peningkatan sekitar 0,2 derajat celsius ketika sel telur dilepaskan. Anda bisa mengetahui perubahan suhu tubuh ini dengan meletakkan termometer di ketiak setiap pagi hari. Masa ovulasi ini dapat terjadi selama 10-14 hari.
2. Wanita Merasa Lebih Bergairah
Wanita akan merasa lebih bergairah saat memasuki masa subur. Sebuah riset menunjukkan bahwa para wanita akan lebih sering berhubungan intim ketika hormon lutein-nya tinggi yaitu di sekitar waktu mereka menkapsulai puncak masa subur atau beberapa hari sebelum masa puncak ovulasi. Hal ini merupakan sunatullah yang terjadi pada manusia.
3. Payudhara Melunak
Saat masa ovulasi tubuh Anda akan memberlakukan seperti sedang bersiap untuk kehamilan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya produksi hormon kehamilan sehingga payudhara akan terasa sedikit melunak.
4. Perubahan Cairan dan Posisi Serviks
Selama masa ovulasi, bentuk fisik cairan serviks yang diproduksi wanita akan mengalami perubahan dan sangat berbeda dari kondisi normal ketika tidak memasuki masa subur. Cairan serviks akan terasa lebih kenyal dan lebih jernih dari biasanya. selain itu warnanya juga menjadi seperti putih telur.

Selain itu, ketika wanita mulai memasuki masa subur posisi serviks (leher rahim) mengalami sedikit perubahan. Jadi saat Anda sedang subur, area tersebut akan melembut dan terbuka sehingga memudahkan sperma untuk berenang dan bertemu sel telur.

5. Perut Terasa Kembung
Jika Anda merasa celana yang Anda pakai menjadi lebih sempit padahal Anda tidak sedang hamil atau mengalami kenaikan berat badan, bisa jadi Anda sedang dalam masa subur. Pada masa ovulasi tersebut tubuh Anda menyimpan cairan lebih banyak sehingga perutpun juga akan terasa kembung.

5 Tanda-tanda wanita sedang dalam masa subur dapat dengan mudah Anda kenali terutama bagi pasangan yang sedang menginginkan segera dapat momongan dan si istri cepat hamil. Dengan mengetahui 5 tanda-tanda wanita sedang dalam masa subur di atas Anda yang ingin cepat hamil mempunyai peluang lebih besar untuk bisa hamil dengan berhubungan suami istri pada masa-masa subur seperti yang kita kenali melalui 5 tanda-tanda masa subur di atas.

Powered by Farmasi-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *