Honocoro Krim

Farmasi-id.com > Balsem, Minyak Urut / Minyak Pijat > Honocoro Krim

By | 10/01/2019

Kandungan dan Komposisi

  • Oleum oliviae 1125 mg
  • Aloe ekstrak 150 mg
  • Bahan-bahan lain hingga 15 gr dalam bentuk krim

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Secara tradisional digunakan untuk pijat dan urut

Dosis dan Aturan Pakai

Oleskan krimpada bagian yang dimaksud sebelum mandi pagi dan sore sambil diurut searah ± 1 menit. Kemudian diamkan selama 5 menit agar ramuan meresap, basuh dengan air hangat hingga bersih.

Kemasan dan Sediaan

Dus, Tube @ 20 gram

Izin BPOM

TR082781411

Harga

Rp 80.000/Dus, Tube @ 20 gram

Produsen

PT Djago

Sekilas Tentang Aloe Vera (Lidah Buaya)
Aloe vera atau lidah buaya dipercaya telah dimanfaatkan untuk kesehatan dan berbagai manfaat lainnya sejak 6000 tahun lalu oleh bangsa Mesir kuno. Tanaman ini bahkan dijuluki sebagai tanaman keabadian dan pada pahatan batu diilustrasikan aloe vera dipersembahkan sebagai hadiah pada raja Mesir, Firaun.

Catatan kuno menyebutkan bahwa selain di Mesir kuno, pada jaman dahulu aloe vera sudah populer digunakan di Cina, Jepang, Yunani, dan Meksiko. Aloe vera tumbuh di tempat yang berhawa panas atau dan dapat dibudidayakan di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Daunnya agak runcing berbentuk taji, tebal, getas, tepinya bergerigi/ berduri kecil, permukaan berbintik-bintik, panjang 15-36 cm, lebar 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya 60-90 cm, bunga berwarna kuning kemerahan (jingga), Banyak di Afrika bagian Utara, Hindia Barat.

Batang Tanaman aloe vera berbatang pendek. Batangnya tidak kelihatan karena tertutup oleh daun-daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Melalui batang ini akan muncul tunas-tunas yang selanjutnya menjadikan anakan. Aloe vera yang bertanGkai panjang juga muncul dari batang melalui celah-celah atau ketiak daun.

anaman lidah buaya tahan terhadap kekeringan karena di dalam daun banyak tersimpan cadangan air yang dapat dimanfaatkan pada waktu kekurangan air. Bentuk daunnya menyerupai pedang dengan ujung meruncing, permukaan daun dilapisi lilin, dengan duri lemas dipinggirnya. Panjang daun dapat mencapai 50 – 75 cm, dengan berat 0,5 kg – 1 kg, daun melingkar rapat di sekeliling batang. Bunga aloe vera berwarna kuning atau kemerahan berupa pipa yang mengumpul, keluar dari ketiak daun. Bunga berukuran kecil, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Bunga biasanya muncul bila ditanam di pegunungan. Akar tanaman aloe vera berupa akar serabut yang pendek dan berada di permukaan tanah. Panjang akar berkisar antara 50 – 100 cm. Untuk pertumbuhannya tanaman menghendaki tanah yang subur dan gembur di bagian atasnya.

Berikut beberapa manfaat tanaman aloe vera bagi kesehatan:


  1. Menjaga kesehatan gigi dan gusi jika digunakan sebagai bahan pasta gigi;

  2. Mengatasi konstipasi (sembelit/susah buang air besar);

  3. Membantu menyembuhkan luka pada pasien diabetes;

  4. Memiliki manfaat sebagai antioksidan dan antibakteri;

  5. Membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV;

  6. Melindungi kulit dari kerusakan akibat efek radiasi kemoterapi pada pasien kanker;

  7. Menurunkan kadar gula darah;

  8. Mencegah dan mengobati kerontokan rambut;

  9. Membantu menyembuhkan bisul.
Sekilas Tentang Olive Oil (Minyak Zaitun)
Olive oil (minyak zaitun) adalah minyak yang merupakan hasil ekstraksi dari buah zaitun (olive) yang merupakan suatu buah dari tanaman Olea europaea. Tanaman zaitun banyak dijumpai di daerah mediterania dan saat ini negara produsen terbesar buah zaitun adalah Spanyol, Italia, Yunani, dan Tunisia. Tanaman ini banyak digunakan dalam berbagai bidang industri seperti kosmetik, farmasi, makanan, produk perawatan tubuh dan sebagainya.

Minyak zaitun dihasilkan melalui proses penggilingan buah zaitun kemudian mengekstraksinya menggunakan cara mekanis maupun kimia. Buah zaitun yang berwarna hijau biasanya memiliki minyak yang pahit sedangkan buah zaitun yang terlalu tua (terlalu matang) maka minyaknya akan berbau tengik. Oleh sebab itu diperlukan tingkat kematangan yang sempurna agar minyak yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Minyak zaitun yang paling baik adalah ekstra virgin olive oil, kualitas kedua adalah virgin olive oil, dan yang ketiga adalah olive oil refinasi yang dihasilkan melalui proses kimiawi menggunakan arang dan bahan kimia lainnya.

Dalam 100 g minyak zaitun, terkandung nutrisi sebagai berikut:


  • Energy 3,699 kJ (884 kcal);

  • Carbohydrates 0 g;

  • Fat 100 g;

  • Saturated 14 g;

  • Monounsaturated 73 g;

  • Polyunsaturated 11 g;

  • Omega‑3 0,8 g;

  • Omega‑6 9,8 g;

  • Protein 0 g;

  • Vitamin E 14 mg;

  • Vitamin K 60 μg;

  • Iron 0.56 mg.


Berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan:

  1. Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk mencegah kanker;

  2. Mengandung banyak antioksidan untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis dan melindungi tubuh dari oksidasi akibat radikal bebas;

  3. Mempunyai manfaat antiinflamasi yang berguna untuk mencegah kanker, sindrom metabolisme, diabetes tipe 2, Alzheimer, arthritis, dan obesitas;

  4. Membantu mencegah stroke;

  5. Membantu mencegah dan menurunkan risiko penyakit jantung diantaranya dengan menurunkan tekanan darah;

  6. Membantu melawan penyakit Alzheimer dengan menghilangkan plak beta-amiloid yang ada di dalam otak penderita Alzheimer;

  7. Mengurangi risiko diabetes tipe 2;

  8. Membantu mencegah kanker dengan mengurangi rekasi oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas;
  9. Membantu penyembuhan penyakit rheumatoid arthritis;

  10. Memiliki aksi antibakteri seperti untuk melawan infeksi bakteri Heliobacter pylori yang ada dalam lambung yang dapat menyebabkan risiko ulkus lambung dan kanker lambung.