SANGITAN (Sambucus javanica Reinw)

sangitan sambucus javanica Reinw

NAMA DAERAH/ASING  

Abur (Aceh), babalat (bengkulu), Brobos kebo (jawa),  kerak nasi (sunda). Asing : Shuo diao, pa-so ma (Cina).  SIFAT KIMIAWI  Mengandung minyak atsiri, cyanogenic glucoside, ursolic  acid, KNO, B-sitosterol, A-amyrin palmitate, tanin. Buahnya mengandung saponin dan flavonoida.

EFEK FARMAKOLOGIS  

Rasanya manis sedikit pahit dan sifatnya hangat. Herba  ini masuk meridien hati dan berkhasiat sebagai peluruh  kencing, menghilangkan bengkak dan nyeri serta melancarkan sirkulasi. Akarnya berkhasiat meredakan kolik dan  menghilangkan pembengkakan. Buah berkhasiat peluruh  kencing, pembersih darah, pencahar dan perangsang  muntah.

CARA BUDIDAYA

Biasanya dengan setek atau bijinya.

BAGIAN TANAMAN YANG DIJADIKAN OBAT

Akar, herba serta bunga yang dijemur sampai kering bila  akan disimpan.

RESEP/CARA PENGOLAHAN  

Badan bengkak pada penyakit ginjal dan beri-beri :  

Cuci 30-60 g herba sangitan berikut akarnya, lalu potong  seperlunya, rebus dalam 3 gls air sampai tersisa 1 gls,  saring setelah dingin dan minum sekaligus dipagi hari.

Rematik, sakit pinggang, bengkak akibat terpukul :  

Rebus 15-30 gr tumbuhan sangitan kering dalam 3 gls air  sampai tersisa 1 gls, setelah dingin disaring dan gunakan  untuk 2 kali minum, pagi dan sore, air ini bagus juga  untuk kompres bagian yang bengkak.

Rubela :  

Seluruh tumbuhan secukupnya dibersihkan dan dipotong  lalu direbus dengan 3-5 ltr air sampai mendidih lalu hangat-hangat digunakan untuk mandi.

Sakit Kuning :  

Cuci akar kering 30-50 gr atau 90 gr akar basah lalu potong seperlunya, tambahkan daging sapi sama banyak  lalu di Tim, setelah dingin air diminum dan dagingnya  dimakan.

Bengkak akibat terpukul, patah tulang :  

Cuci 20 gr akar kering, potong dan tambahkan 400 cc air  putih dan 2 sloki arak putih, rebus sampai airnya tinggal  setengahnya. Tambahkan gula pasir 30 gr dan diaduk  rata, setelah dingin saring dan airnya diminum untuk 2 x  minum pagi dan sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *