PASAK BUMI (eurycoma longifolia jack)

FARMASI-ID.COM > TANAMAN HERBAL & OBAT TRADISIONAL | FARMASI-ID.COM > Akar > PASAK BUMI (eurycoma longifolia jack)

Nama
  • Nama umum
  • Indonesia: Pasak bumi
  • Melayu: Tongkat Ali
Klasifikasi
  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Rosidae
  • Ordo: Sapindales
  • Famili: Simaroubaceae
  • Genus: Eurycoma
  • Spesies: Eurycoma longifolia Jack.
Deskripsi

Pasak bumi atau tongkat ali (Eurycoma longifolia) adalah tumbuhan pohon berkhasiat yang dapat ditemukan di hutan-hutan Malaysia dan Indonesia bagian barat.

Tumbuhan dapat mencapai ketinggian sehingga 10 meter di dalam rimbunan hutan dataran rendah. Biasanya, daunnya rimbun pada ujung batang. Kebanyakan pohon ini tidak bercabang, jika bercabang pun terlalu sedikit yaitu satu atau dua cabang saja. Bunganya tersusun padat pada tangkai yang bercabang, yang keluar dari pangkal daun.

Pasak Bumi mengandung ekstrak yang disebut dengan ethanolic yang sangat berperan dalam menambah jumlah hormon testosteron pada pria. Tanaman Pasak Bumi juga mengandung strichnin dan brusin yang sangat berkhasiat untuk menambah vitalitas pria karena memiliki sifat afrodisiak. Menurut hasil penelitian, tumbuhan afrodisiak mengandung senyawa turunan alkaloid, saponin, tanin, dan lainnya yang berperan dalam melancarkan peredaran darah. Hal tersebut kemudian berimplikasi pada peningkatan sirkulasi darah di daerah alat kelamin pria.

Akar Pasak Bumi mengandung senyawa yang disebut dengan erikuimanon yang disinyalir mampu mengobati penyakit malaria. Demikian juga dengan kandungan senyawa yang disebut kuasinoid yang sangat berperan dalam melumpuhkan plasmodium falcifarum yakni bakteri yang menjadi penyebab penyakit malaria sendiri. Selain itu, Pasak Bumi juga digunakan untuk mencegah terjadinya serangan kanker. Kandungan senyawa alkaloid dan kuasinoid-nya bisa menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker. Hal tersebut pernah diuji dengan penelitian di Malaysia yang menyatakan bahwa ada setidaknya 8 alkaloid yang ditemukan dalam akar Pasak Bumi, salah satunya ialah alkaloid yang berfungsi sebagai anti-kanker payudara.

Sedangkan menurut penelitian lainnya, diantaranya yang pernah dilakukan oleh Universitas Tokyo Jepang, Pasak Bumi juga ditemukan memiliki khasiat untuk anti-leukemia dan juga meningkatkan kekebalan tubuh bagi penderita HIV.

Kandungan
  • Senyawa canthin yang berfungsi dalam menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.
  • Senyawa turunan eurycomanone yang berfungsi sebagai anti-malaria.
  • Senyawa etanol yang berperan sebagai afrodisiak.
  • Senyawa quasinoid yang sangat ampuh sebagai anti-leukemia dan prospektif untuk penderita penyakit HIV.
Khasiat
1. Meningkatkan testosteron

Pasak bumi mengandung senyawa eurycomanone yang berfungsi untuk mengoptimalkan pembentukan hormon pria (testosteron). Peningkatan testosteron memiliki banyak efek yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja seksual, pertumbuhan otot, dan produksi sperma. Sebuah studi di Malaysia, yang diterbitkan pada 2012 menguji 76 pria yang hanya memiliki 35 persen kadar testosteron dalam kisaran normal. Setelah sebulan mengonsumsi pasak bumi jumlah testosteron meningkat drastis hingga di atas 90 persen.

2. Mengatasi fertilitas

Ada beberapa bukti bahwa selain meningkatkan kadar testosteron, pasak bumi juga bisa meningkatkan kualitas sperma sehingga membantu mengobati masalah kesuburan pria. Kualitas sperma, diukur berdasarkan volume, konsentrasi, dan motilitas. Semua poin itu yang memengaruhi kesuburan pria.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 mengamati perubahan kualitas sperma pada 75 pria yang diberi 200 miligrams pasak bumi setiap hari selama tiga bulan. Kualitas sperma meningkat secara signifikan, dan 15 persen partisipan melaporkan kehamilan spontan setelah perawatan. Namun, seperti halnya cara kerja herbal-yang memperbaiki sistem tubuh sehingga berangsung-angsur membaik, pasak bumi pun membutuhkan proses dalam mengatasi kesuburan pria.

3. Meningkatkan libido

Pasak bumi mengandung senyawa eurycomanone, turunan alkaloid, saponin, tanin dan lainnya, digunakan sebagai afrodisiak untuk membantu mengatasi tingkat libido yang rendah. Khasiat untuk meningkatkan kadar testosteron membuat dorongan seks jauh lebih tinggi, ereksi lebih tahan lama, ejakulasi kuat, dan peforma seks yang jauh lebih baik. Kondisi itu terjadi karena pasak bumi juga memiliki khasiat untuk menambah energi.

4. Lemak berkurang dan massa otot bertambah

Pasak bumi adalah suplemen alami yang populer di antara atlet angkat besi dan mereka yang ingin membentuk otot. Namun, Anda tidak perlu menjadi atlet yang serius untuk mendapatkan manfaat dari pasak bumi. Kenaikan testosteron bisa membantu menurunkan lemak dan mendapatkan massa tubuh tanpa lemak. Ini akan memiliki efek yang lebih besar lagi jika Anda berolahraga secara teratur.