PACAR CINA (Aglaia odorata Lour/Cammunium inensis Rumph.)

FARMASI-ID.COM > TANAMAN HERBAL & OBAT TRADISIONAL | FARMASI-ID.COM > Batang > PACAR CINA (Aglaia odorata Lour/Cammunium inensis Rumph.)

Nama Ilmiah

Aglaia odorata Lour atau Cammunium inensis Rumph.

Nama Daerah

Pacar culam (Jawa), culan (Sunda), pokok telur, belangkas (Melayu).

Nama Asing

Mi zi lan (Cina).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Pacar cina mempunyai rasa pedas, manis, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam pacar clna, di antaranya minyak asiri, alkaloid, damar, dan garam-garam mineral. Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman akan masuk ke meridian paru-paru, lambung, dan hati. Efek farmakologis bunga pacar cina, di antaranya sebagai pewangi, perawatan setelah bersalin, demam, perut kembung, sukar menelan, batuk, dan pusing. Efek farmakologis daun pacar cina, di antaranya obat kencing nanah, menoragia, pembersih darah, penyakit kulit, dan luka terpukul. Sementara itu, akarnya memiliki efek farmakologis menghilangkan gatal.

Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga, batang, daun, dan tangkai pacar cina dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

Haid berlebihan

Cuci bersih 1 genggam penuh daun pacar cina, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama untuk diminum pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.

Perut kembung, sukar menelan, batuk, pusing, dan mempercepat persalinan

Cuci bersih 13 g bunga pacar cina, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa ) gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

Penghilang bau badan

Cuci bersih 10 g daun pacar cina segar, lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusannya, lalu bagi menjadi 2 bagian yang soma untuk diminum pagi dan sore hari.


Catatan:

Wanita hamil dilarang minum ramuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *