KAYU MANIS (Cynamomum aromaticum Nees)

FARMASI-ID.COM > TANAMAN HERBAL & OBAT TRADISIONAL | FARMASI-ID.COM > Batang > KAYU MANIS (Cynamomum aromaticum Nees)

Nama Ilmiah

Cinnamomum burmani (Nees.) BI; Cynamomum aromaticum Nees.

Nama Daerah

Sinamon; Keningar; kayu manis.

Nama Asing

Kaneelkassia, cinnamomum tree (Inggris); yinxiang (Cina).

Deskripsi Tanaman

Tinggi tanaman 6-12 m, akan tetapi pada tempat yang cocok bisa mencapai 18 m. Batang berwarna keabuabuan dan berbau harum, percabangan dekat tanah, pada ranting tua sering tidak tumbuh daun-daun baru (gundul), tajuk kekar, dan mahkotanya berbentuk kerucut. Daun berbentuk bulat telur, agak memanjang dengan ujung bulat/tumpul, meruncing dan lokos (licin dan mengkilap), dan berwarna merah pada waktu masih 200 muda, dan berubah menjadi hijau tua di permukaan atas dan pucat keabu-abuan di bagian bawah. Bunga kecil, tidak menarik, berbentuk lonceng dengan bau yang tidak enak, dan tumbuh dalam ketiak daun dan dipucuk-pucuk ranting, warnanya putih kekuning-kuningan, dan berbunga pada bulan Juli hingga September. Buah buni memanjang berwarna merah coklat.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit kayu manis mempunyai rasa pedas dan manis, berbau wangi, serta bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kayu manis, di antaranya minyak asiri eugenol, safrole, sinamaldehide, tannin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Sementara itu, efekfarmakologis yang dimiliki kayu manis, di antaranya sebagai peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, penambah nafsu makan (stomachica), dan penghilang rasa sakit (analgesic).

Habitat

Tumbuh liar di ladang dan hutan pada dataran 1-1200 m dpl.

Bagian Tanaman Yang Dijadikan Obat

Kulit batang, daun, dan akar kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

Kandungan Kimiawi

Minyak atsiri; Tanin; Damar; lendir

Khasiat/Kegunaan

Analgesik; Stomakik; Aromatik

Resep/Cara Pengolahan

Mencret

Kayu manis(Padang)3 g; Buah kayu ules 2 g; Rasuk angin 2 g; Rimpang kencur segar 8 g; Ketumbar 3 g; Jintan hitam 2 g; Mungsi 2 g; Rimpang lempuyang 10 g; Pulosari 2 g; Buah adas 2 g; Biji kedaung 4 butir; Air sedikit, Dipipis hingga menjadi pasta, Ditapalkan di seluruh bagian perut; dan pakailah gurita.

Asam urat (gout arthritis), keropos tulang

Rebus 1 ibu jari kayu manis, 15 g jahe merah, 5 g biji pala, 5 butir kapulaga, 5 g bunga cengkih, serta 4 lembar daun sosor bebek dalam 600 ml air sampai airnya cersisa 300 ml. Saring air rebusannya, lalu diminum sekaligus satu kali sehari.

Hernia

Rebus 1 ibu jari kayu manis, 15 g jahe merah, 5 butir kapulaga, 5 g adas, 1 jari pulasari {Alyxia rein-wadtii BI.) dengan 800 ml air sampai airnya tersisa 400 ml. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.

Muntah-muntah

Rebus 1 jari kayu manis, 10 g temu kunci {Boesenbergia pandurata Schl.), dan 3 butir kapulaga dengan 800 ml air sampai tersisa 400 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.


Note: penyimpanan kulit batang kayu manis dengan cara dijemur menggunakan pelindung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *