GINSENG TIENCHI (panax notoginseng)

FARMASI-ID.COM > Tanaman Herbal & Obat Tradisional | Farmasi-id.com > Akar > GINSENG TIENCHI (panax notoginseng)

By | 26/11/2018

Panax notoginseng, juga dikenal sebagai pseudoginseng, merupakan tanaman genus Panax, bersama dengan Panax ginseng. Tanaman ini adalah anggota dari keluarga Apiales dan tumbuh di Cina dan Jepang. Akar tanaman Panax notoginseng telah digunakan dalam pengobatan Cina selama berabad-abad untuk menghentikan pendarahan dan meningkatkan aliran darah.

Panax notoginseng tidak sama dengan Panax ginseng. Tanaman ini beberapa kandungan kimianya sama, dikenal sebagai saponin, tapi ada juga yang berbeda, sehingga manfaatnya juga berbeda.

Panax ginseng, atau ginseng, dianggap sebagai adaptogen yang membantu tubuh menangani lingkungan stres. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kognisi. Sedangkan Panax notoginseng tidak dianggap sebagai adaptogen. Hal ini terkait dengan efek yang berbeda, seperti komponen hemostatik. Bagi mereka yang ingin menggunakan Panax notoginseng harus mengetahui kinerja dari produk itu dan jenis risiko terkait dengan penggunaannya.

Cara kerjanya
  • Berperan sebagai hemostatik
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Mengandung saponin steroid & triterpenoids
Penggunaan Panax Notoginseng ekstrak

Panax notoginseng digunakan untuk beberapa tujuan yang berbeda dalam pengobatan tradisional Tionghoa (TCM) Ketika digunakan sebagai suplemen oral seperti untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghentikan atau memperlambat pendarahan akibat efek stik hemostatik.

Produk ini telah digunakan untuk menghentikan perdarahan yang terjadi menyertai batuk, muntah, urin, mimisan dan gangguan pendarahan.

Panax notoginseng juga memiliki kegunaan lain obat ketika diambil secara oral, seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah darah, menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Produk ini juga telah digunakan untuk pusing, sakit tenggorokan dan stroke iskemik akut. Beberapa produk Panax notoginseng juga mengklaim bahwa bahan ini membantu menurunkan berat badan meningkatkan kualitas tidur.

Ada juga bentuk topikal Panax notoginseng, yang diterapkan pada kulit. Biasanya digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Menurut penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, glikosida flavonol, yang berasal dari akar Panax notoginseng, mungkin berguna untuk pengembangan obat-obatan farmasi untuk mencegah atau mengelola penyakit Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi klaim-klaim ini.

Bagaimana penggunaan Panax Notoginseng?

Produk Panax notoginseng hadir dalam berbagai bentuk suplemen oral, termasuk kapsul, bubuk dan tincture yang dapat ditambahkan ke minuman. Beberapa perusahaan juga menjual kantong teh Notoginseng atau akar mentah yang dapat dibuat menjadi teh.

Produk ini hadir dengan beberapa nama yang berbeda, seperti radix notoginseng, Tian Qi, San Qi dan pseudoginseng.

Menurut Database komprehensif obat-obatan alami, dosis umum 1 sampai 1.5 gram diambil dalam 3 dosis terbagi per hari.

Namun tidak ada standar dosis yang dianjurkan untuk Panax notoginseng. Konsumen yang berencana untuk menggunakan produk ini harus mengikuti petunjuk dokter mereka pada dosis yang tepat untuk menggunakannya. Ini akan berbeda berdasarkan pada usia individu, kesehatan dan faktor lainnya.

Efek samping dari Panax Notoginseng

Perempuan yang sedang menyusui dan wanita hamil tidak boleh menggunakan produk yang mengandung pseudoginseng. Produk ini dianggap mungkin tidak aman untuk perempuan selama kehamilan dan menyusui.

Ginsenoside Rb1, konstituen kimia aktif di pseudoginseng, telah mengakibatkan risiko cacat lahir pada hewan yang lebih tinggi.

Panax notoginseng dikaitkan dengan efek samping tertentu, termasuk insomnia, kegelisahan dan mulut kering. Beberapa individu juga mengalami mual, muntah dan kulit memerah saat menggunakannya.

Suplemen ini tidak boleh digunakan pada orang dewasa atau anak-anak tanpa konsultasi dokter, karena ada cukup bukti pada keselamatan produk yang mengandung ekstrak ini.

Panax notoginseng mungkin memiliki efek estrogenik, Menurut Database komprehensif obat-obatan alami. Produk ini mungkin berinteraksi dengan beberapa kondisi yang mempengaruhi tingkat hormon pada wanita, seperti endometriosis dan fibroid uterus.

Kondisi lain yang mungkin berinteraksi dengan Panax notoginseng ekstrak termasuk rahim, ovarium dan kanker payudara.