GINSENG PUTRI (angelica sinensis)

By | November 26, 2018 | FARMASI-ID.COM > Tanaman Herbal & Obat Tradisional | Farmasi-id.com > Akar > GINSENG PUTRI (angelica sinensis)

NAMA
  • Nama ilmiah: Angelica sinensis, Angelica polimorpha
  • Nama lain: Angelica, Ginseng Putri, Honeyword, Tang-kuei, Dang Gui, Dong Quai
Deskripsi

Herba perenial yang wangi ini menghasilkan akar tinggal segar berwarna cokelat, yang bercabang-cabang menjadi kumpulan akar-akar kecil liat dan sangat rapat, agak mirip tanaman gentian. Tumbuhan ini sangat harum dengan rasa manis-pahit menyerupai seledri. Tak heran jika tanaman ini disebut juga dengan Shan Chin (seledri gunung).

Dang Gui sangat terkenal di Cina dan Jepang. Dalam hal popularitas sebagai bahan resep herbal, posisi Dang Gui sejajar dengan Akar Manis (licorice). Dang Gui juga sangat bernilai karena khasiatnya dalam mengobati berbagai jenis gangguan haid yang dialami perempuan. Tanaman obat ini banyak tumbuh di wilayah-wilayah Cina tengah dan barat, dan juga di Jepang.

  • Bagian obat: Akar
  • Energi: Hangat
  • Rasa: Pahit, manis, agak pedas
  • Kesesuaian organ: Liver, limpa
Efek Farmakologis

Efek terapi: Menstimulasi dan mengatur haid; menambah tenaga dan menyegarkan badan; menghilangkan rasa sakit; meredakan rasa nyeri; memulihkan kesehatan dan fungsi-fungsi vital; merangsang selera makan; meningkatkan kesehatan otot; merangsang sistem kekebalan tubuh (pengobatan Cina tradisional: menambah daya bagi darah).

Indikasi: Haid tidak teratur, tidak mencukupi, terasa sakit, dan tidak normal, sindrom pra-haid; sakit kepala; nyeri karena luka trauma atau luka-luka operasi; kelumpuhan; selera makan yang buruk; kanker (pengobatan Cina tradisional: darah kosong).

Pengobatan

Dosis: Jamu seduh untuk haid yang tidak teratur dan terasa sakit, tambahkan satu akar Angelica utuh, tidak dipotong, ke dalam dua gelas air bersih dan rebus hingga menjadi satu gelas. Bagi menjadi dua dosis dan minum saat perut kosong pada pagi hari atau saat hendak tidur.

Dosis 3 – 10 gram, standart 6 gram. Dimasak 20 menit.

Kontraindikasi: Diare

Ketidakcocokan: Jahe segar, tanaman yang masuk dalam spesies Acorus, rumput laut.

Dang Gui telah lama dianggap sebagai salah satu tanaman herbal sangat penting untuk segala jenis penyakit kewanitaan yang berhubungan dengan darah, haid. Tak heran jika tanaman ini dikenal sebagai obat dahsyat penambah tenaga bagi semua penyakit-penyakit kewanitaan. Riset modern membenarkan klaim-klaim tradisional ini.

Dang Gui terbukti mengandung senyawa-senyawa estrogen berupa fitoestrogen, yang menunjukkan khasiat tanaman ini sebagai pengatur haid. Ia dapat pula membantu mengontrol infeksi-infeksi yang disebabkan oleh jamur seperti Candila albicans, yang merupakan penyebab utama munculnya infeksi pada vagina yang disebabkan jamur.

Dang Gui juga terbukti meningkatkan kekebalan dengan cara menstimulasi produksi dan aktifitas sel-sel darah putih seperti B-lymphocyes dan T-lymphocytes serta meningkatkan produksi interferon dan leukosit. Khasiat-khasit ini menjelaskan adanya aktifitas penghambat pertumbuhan kanker dari tanaman herbal tersebut.

Angelica atau akar putri dianggap sebagai salah satu obat penambah tenaga yin yang paling seimbang, sebagaimana gingseng yang merupakan obat penambah tenaga yang yang paling sempurna. Oleh karena itu, kombinasi keduanya akan menyebabkan proses penguatan energi yin-yang yang sempurna dan seimbang.

Perhatian

Ada bukti bahwa Angelica sinensis dapat mempengaruhi otot-otot rahim. Wanita yang hamil atau berencana hamil sebaiknya tidak menggunakan Angelica sinensis, karena dapat menyebabkan keguguran. Menggunakan Angelica sinensis dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari, menyebabkan risiko lebih besar untuk kanker kulit. Satu kasus gynaecomastia telah dilaporkan setelah konsumsi pil bubuk akar dong quai. Dosis besar dan berkepanjangan dari tanaman tidak disarankan karena mengandung senyawa yang dianggap karsinogenik.

[table “880” not found /]
[the_ad_placement id="konten-perusahaan"] [table “872” not found /]
[the_ad_placement id="referensi-pm"] [the_ad_placement id="referensi"] Berikan Ulasan Produk Ini [ratemypost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *