Grathazon

By | Agustus 3, 2022 |

Apa Kandungan dan Komposisi Grathazon?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Grathazon adalah:

Tiap kaplet mengandung:
Dexamethasone (micronized) 0.5 mg

Sekilas Tentang Dexamethasone Pada Grathazon
Dexamethasone merupakan suatu jenis obat kortikosteroid yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit mulai dari rematik, penyakit kulit, asma, pembengkakan otak, hingga tuberkulosis. Obat ini penggunaanya bisa diberikan secara oral, injeksi otot, dan intravena. Obat ini pertama kali dibuat pada tahun 1957 dan digunakan pertama kali oleh dunia medis pada 1961.

Sebagai obat antiinflamasi, dexamethasone digunakan untuk terapi rheumatoid arthritis dan bronkospasme. Penderita kanker yang menjalani kemoterapi juga sering diberikan dexamethasone untuk melawan efek samping dari obat antikankernya. Dexamethasone dapat memperkuat efek antiemetik obat seperti ondansetron. Pada penyakit tumor otak, dexamethasone digunakan untuk melawan perkembangan edema yang dapat menekan struktur otak lainnya. Dexamethasone juga digunakan secara langsung sebagai agen kemoterapi pada kasus keganasan hematologis terutama pada pengobatan myeloma multiple.

Dexamethasone intravena juga efektif digunakan untuk mencegah mual dan muntah, khususnya pada orang yang telah menjalani operasi. Obat ini juga bisa digunakan untuk mempercepat pengobatan sakit tenggorokan. Keamanan penggunaan dexamethasone untuk digunakan oleh wanita hamil masuk dalam kategori C.

Grathazon Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Grathazon?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Grathazon adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


Peradangan, penyakit alergi seperti asma bronkial, artritis reumatoid, sindrom nefrotik, dermatitis alergi, rinitis alergi, penyakit serum, kolitis bertukak dan meningitis

Kontraindikasi

– Pasien yang hipersensitif terhadap Dexamethazone

Efek Samping:
– Gangguan air dan elektrolit, neurologi, dermatologik, endokrin, saluran pencernaan, mata dan reaksi metabolik
– Dapat terjadi pendarahan gastrointestinal bila digunakan dalam jangka panjang

PERINGATAN:

– Hati-hati penggunaan pada pasien hipotiroidisme, sirosis hepatis, tuberkulosis. Penggunaan dosis pada pasien yang kena stress biasa
– Tidak dianjurkan pada pasien hamil / menyusui karena keamanannya belum diketahui dengan pasti
– Penggunaan terus-menerus / jangka panjang pada anak-anak dapat mempengaruhi pertumbuhan
– Pada penggunaan jangka panjang dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi
– Pemakaian bersama antikoagulan dapat menaikkan atau menurunkan waktu protrombin
– Dengan diuretik pendepresi kalium dapat meningkatkan resiko hipokalemia

ATURAN PAKAI:
– Dewasa : Sebagai dosis permulaan 0,75 – 9 mg/hari, diikuti dengan pengurangan dosis secara bertahap sampai dosis seminimal mungkin (atau sesuai petunjuk dokter)

CARA PENYIMPANAN:
Simpan pada suhu kamar (25-30)°C

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Grathazon?


– Botol, isi 500 kaplet . Reg.No: DKL 9131102004 A1
– Doos, isi 20 strip @ 10 kaplet . Reg.No: DKL 9131102004A2

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.