Graperide

By | Agustus 3, 2022 |

Apa Kandungan dan Komposisi Graperide?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Graperide adalah:

Tiap tablet mengandung:
– Cyproheptadine HCI 4 mg

Sekilas Tentang Cyproheptadine Pada Graperide
Cyproheptadine (biasanya sebagai cyproheptadine hydrochloride, nama dagang Periactin) adalah agen antihistamin dan antiserotonergik. Ini bertindak sebagai antagonis reseptor 5-HT2 dan juga memblokir saluran kalsium.

Indikasi

Cyproheptadine digunakan dalam pengobatan alergi (khususnya Hay fever) dan juga digunakan untuk merangsang nafsu makan pada orang yang kekurangan berat badan (misalnya anoreksia nervosa).

Cyproheptadine juga dapat digunakan untuk memerangi disfungsi seksual yang diinduksi SSRI, tetapi digunakan dengan hati-hati dengan cara ini karena dapat membalikkan efek SSRI.

Cyproheptadine juga digunakan untuk pengobatan Sindrom Cushing, pengobatan reaksi serotonin sekunder untuk meperidine, dan dapat digunakan, meskipun jarang, sebagai obat profilaksis untuk sakit kepala migrain.

Berguna dalam pengobatan Sindrom Serotonin. Melawan aksi histamin pada reseptor H1, mengurangi vasodilatasi terkait histamin dan meningkatkan permeabilitas kapiler.

Mereka juga memiliki aktivitas antikolinergik, beberapa memiliki aktivitas penghambatan alfa dan beberapa memiliki aktivitas antiserotonin, misalnya siproheptadin.

Alternatif yang berguna untuk hipnotik benzodiazepin dalam pengobatan insomnia. Cyproheptadine mungkin lebih unggul daripada benzodiazepin dalam pengobatan insomnia karena siproheptadin meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur sedangkan benzodiazepin cenderung menurunkan kualitas tidur.

Efek samping

Meskipun tidak secara khusus digunakan sebagai obat penenang, siproheptadin menyebabkan sedasi, kemungkinan karena efek anti-histaminnya.

Sistem Pencernaan: tekanan epigastrium (disfagia), kehilangan nafsu makan, mual, muntah, (tercatat bahwa efek samping ini jauh lebih umum pada orang dengan gangguan neuromuskular).

Graperide Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Graperide?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Graperide adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


– Untuk penyakit alergi seperti pruritis, cold urticaria

Kontraindikasi

– Jangan diberikan pada bayi yang baru lahir atau prematur, wanita hamil
– Jangan diberikan pada penderita glaukoma, asma, hipersensitivitas, gangguan pernafasan

Efek Samping:
– Drowsiness, kadang-kadang timbul mulut kering, sakit kepala, tinitus, lelah, diplopia, insomnia, ataksia, peningkatan nafsu makan

PERINGATAN:

– Hati-hati pada penderita asma bronkial,tekanan intra okuler, hipertiroidisme, kardiovaskuler, hipertensi
– Hati-hati bila diberikan kepada pengemudi kendaraan atau yang memerlukan konsentrasi tinggi dalam pekerjaan
– Hati-hati bila diberikan pada wanita hamil
– Keamanan penggunaan anak di bawah 1 tahun belum diketahui secara pasti

ATURAN PAKAI:
– Dewasa : 4-20 mg sehari, tidak lebih dari 32 mg
– Anak usia 2 – 6 tahun : 3 kali sehari 1/2 tablet , tidak boleh lebih dari 8 mg
– Anak usia 6 – 12 tahun : 3 kali sehari 1 tablet , tidak boleh lebih dari 16 mg

CARA PENYIMPANAN:
– Simpan ditempat yang sejuk dan kering

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Graperide?


– Dus @ 10 strip @ 10 tablet . No.Reg: DKL9431104210A1

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.