GNC MAGNESIUM 250

Farmasi-id.com > Nutrisi > Suplemen Kesehatan > GNC MAGNESIUM 250

Komposisi

Setiap satu tablet mengandung:

Magnesium (as Magnesium Oxide and Magnesium Gluconate) 250 mg

Bahan tambahan:

Cellulose, Titanium Dioxide (Natural Mineral Whitener), Vegetable Acetoglycerides.

Kegunaan

Sebagai suplemen kesehatan.

Kontra Indikasi

Pasien dengan gagal ginjal, pasien Atrioventricular block kecuali orang tersebut telah menggunakan pacemaker, dan bagi orang yang hipersensitif terhadap magnesium.

Efek samping

Efek samping yang sering terjadi yaitu diare (dosis > 350 mg/hari). Efek samping yang timbul yaitu mual dan kram perut, namun dapat dikurangi dengan mengkonsumsi bersamaan dengan makanan.

Peringatan

Wanita hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan magnesium dengan dosis > 350 mg/ hari, kecuali dengan petunjuk dokter.

Interaksi

  • Penggunaan bersama golongan biphosonate (alendronate, etidonate, risedronate, quinoloness (Ciprofloxacine, gatrnoxacine, levofloxadne lomefloxacine, moxifloxacine, norfloxacine, sparfloxacine, trafloxacine), tetracyclines (doxycyclines, mono cyclines, tetracylines) dapat menurunkan absorbi ketiga golongan obat tersebut
  • Boron: meningkatkan kadar plasma megnesium
  • Calcium: Mangan, Besi, Na-Alginate: menurunkan absorbs magnesium
  • Inositol hexaphosphate: menekan absorbs magnesium
  • Non-digesiable oligossachar: Meningkatkan absorbs! magnesium pada kolom
  • Phosphate: menurunkan absorbs! phosphate dan magnesium
  • Makanan: Penggunaan bersamaan dengan makanan yang kaya akan oxalic acid (bayam, kentang rhubarb, kacang – kacangan) atau phytic acid (kacang -kacangan) mengurangi absorbs! magnesium.

Petunjuk Penggunan

Sebagal suplemen makanan, minum satu tablet sehari.

Penyimpanan

  • Diluar jangkauan anak-anak.
  • Simpan di tempat sejuk dan kering.

Kemasan dan Sediaan

Botol plastik @ 90 tablet salut selaput

Izin BPOM

SI054520261

Harga

Rp 205.000/Botol plastik @ 90 tablet salut selaput

Produsen

Nutra Manufacturing – Amerika Serikat

Pendaftar dan Importir

Guna Nutrindo Sehat

Sekilas Tentang Magnesium Oxide

Magnesium oxide/magnesium oksida (MgO) digunakan untuk menghilangkan rasa mulas dan asam lambung. Zat ini dikenal sebagai antasida dan sebagai pencahar jangka pendek. Magnesium oxide juga digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan pencernaan. Magnesium oxide kurang efektif jika digunakan untuk mengatasi gejala akibat kekurangan magnesium. Hal ini disebabkan karena magnesium oxide tingkat kelarutannya pada air sangat buruk dan juga tidak dapat diserap oleh usus dengan baik. Jika penggunaannya melebihi dosis dapat mengakibatkan mual dan kram perut. Jika digunakan dalam jangka lama akan menyebabkan risiko obstruksi usus.

Sekilas Tentang Titanium Dioxide

Titanium dioksida merupakan suatu mineral yang terdapat bebas di alam namun saat ini bentuk sintesisnya sudah bisa diproduksi oleh pabrik. Titanium dioksida ini biasa digunakan dalam produk makanan, obat, suplemen, dan kosmetik sebagai bahan tambahan untuk memberikan warna putih cerah pada produk dan kegunaan lainnya. Titanium dioksida banyak dipakai dalam produk tabir surya karena sifatnya tahan terhadap sinar UV baik UVA maupun UVB dan mampu menyerapnya, mirip seperti zinc oksida.

Titanium dioksida juga umum digunakan sebagai pigmen dalam kapsul gelatin, pelapis tablet, sirup, dan sebagainya. FDA menyetujui penggunaan titanium dioksida untuk digunakan sebagai pewarna makanan, obat, dan kosmetik (pasta gigi dan lipstik).

Sekilas Tentang Magnesium

  1. Magnesium menguatkan tulang.

  2. Membantu penyerapan kalsium.

  3. Mencegah Diabetes.

  4. Menjaga kesehatan otot.

  5. Meredam gejala depresi.


  1. Mengurangi keparahan gejala PMS.

  2. Memperbaiki kualitas tidur.

  3. Pereda migrain.

  4. Mengurangi risiko penyakit jantung.

  5. Menyembuhkan sakit kepala.

Sumber: alpukat, pisang, sayuran berdaun hijau tua (bayam, brokoli, sawi), kacang-kacangan (kacang kedelai, biji gandum utuh), beberapa jenis ikan seperti salmon, susu dan produk olahan susu.

Sekilas Tentang Cellulose (Microcrystalline Cellulose)

Cellulose (microcrystalline cellulose) adalah suatu zat atau materi yang ditemukan pada kayu, kapas, rami, dll yang biasa digunakan untuk memberi kepadatan pada suatu tablet atau kapsul. Kapsul atau tablet yang keras tapi dapat larut dengan cepat, itulah fungsi cellulose, memberikan kepadatan sekaligus untuk mengatur seberapa cepat kadar kelarutan yang diinginkan. Cellulosa juga digunakan untuk pengisi kapsul atau tablet, terlebih jika dosis obat itu rendah dan juga untuk memperkeras kapsul dan tablet itu agar tidak mudah hancur/pecah.

Cellulose pertama kali ditemukan oleh ahli kimia berkebangsaan Perancis, Anselme Payen pada tahun 1838. Tahun 1992, Kobayashi dan Shoda berhasil membuat cellulosa artifisial tanpa menggunakan enzim yang berasal dari makhluk hidup apapun termasuk tumbuhan. Cellulosa ini termasuk dalam bahan tambahan yang aman untuk digunakan dalam produksi obat. Selain dalam industri farmasi, cellulose juga digunakan dalam produksi makanan dan kosmetik.