Fuladic

By | Juli 18, 2021 |

Fuladic®
Salep dan Krim
Sodium Fusidat 2% atau Fusidic acid 2%

Kandungan dan Komposisi Fuladic

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Fuladic adalah:
Tiap gram FULADIC® salep mengandung Sodium Fusidat 20 mg
Tiap gram FULADIC® krim mengandung Fusidic acid 20 mg

Farmakologi:

  • Fusidat adalah suatu antibiotik yang dihasilkan oleh Fusidium coccineum
  • Fusidat bekerja menghambat sintesa protein pada bakteri
  • Zat ini aktif terhadap bakteri gram positif, terutama bakteri Staphylococcus aureus
  • Pada penggunaan lokal juga aktif terhadap Streptococci, Corynebacteria, Neisseria dan Clostridia

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Fuladic

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Fuladic adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


Lesi di kulit primer dan sekunder yang disebabkan oleh Staphylococci, seperti abses, furunkulosis, impetigo, folikulitis dan hidradenitis

Sekilas tentang kulit
Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki luasnya sekitar 2 m2 dengan ketebalan rata-rata 1-2 mm. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis atau subkutis.

Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kulit memiliki fungsi menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya, mencegah infeksi, mengatur suhu tubuh, mengekskresi zat buangan, mensintesis vitamin D, dan menjadi sensor peraba.

Dosis dan Aturan Pakai Fuladic

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Fuladic:


Dewasa dan anak:
FULADIC® salep atau krim dioleskan pada daerah yang sakit 3 kali sehari, lama pengobatan sekitar 7 hari dan dapat dipakai dengan atau tanpa pembalut

Kontra Indikasi:

  • Penderita yang hipersensitif terhadap salah satu zat yang terdapat dalam FULADIC® salep atau krim
  • Infeksi yang disebabkan oleh organisme yang tidak peka terhadap Fusidat, khususnya Pseudomonas aeruginosa

Efek Samping:
Skin rash, urticaria, iritasi

Peringatan dan Perhatian:

  • Bila digunakan untuk kulit muka, jangan kena mata
  • Dapat meningkatkan resiko sensitisasi dan berkembangnya resistensi antibiotik
  • Keamanan penggunaan pada wanita hamil dan menyusui belum diketahui oleh karena itu perlu diperhitungkan untung ruginya

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk ( 15 – 25°C ) dan kering

Kemasan:
FULADIC® Krim Tube @ 5 gram No.Reg.: DKL9608004429A1
FULADIC® Salep Tube @ 5 gram, No. Reg.: DKL9608004330A1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Diproduksi oleh:
PT GUARDIAN PHARMATAMA
TANGERANG – INDONESIA

Sekilas Tentang Guardian Pharmatama
PT Guardian Pharmatama adalah suatu perusahaan farmasi yang berdiri pada tahun 1993 sebagai penerus dari industri farmasi Hasto Husodo. Perusahaan ini menjalani restrukturisasi pada tahun 2000 dan sejak saat itu perusahaan ini tumbuh dengan cukup pesat. Pada tahun 2015 PT Guardian Pharmatama membuka area produksi seluas 7,2 hektar di daerah Citeureup, Bogor, untuk memproduksi berbagai macam produk farmasi seperti produk antibiotik, antijamur, antialergi, analgesik, antipiretik, kardiovakular, vitamin, suplemen dan lain-lain dalam berbagai bentuk sediaan. Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikat ISO 9001, CPOB, dan lain-lain guna menjamin mutu setiap produknya tetap dalam keadaan baik.

Produk-produk perusahaan ini didistribusikan oleh PT Milenium Pharmacon International, PT Penta Valent, dan PT Kallista Prima dan saat ini produksnya telah tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa produk itu seperti Neurohax, Emibion, Fungasol, Govazol, dan sebagainya. Kantor pusat PT Guardian Pharmatama ada di Komplek Green Ville Maisonette, Jakarta.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *