Fucosa

Farmasi-id.com > Nutrisi > Suplemen & Terapi Penunjang > Fucosa

By | 30/03/2017

Kandungan dan Komposisi Fucosa

Fucoidan

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Suplemen untuk mencegah adesi dan kolonisasi H. pylori. Menghasilkan sitoprotektif terhadap asam lambung dan pepsin pada area tukak dengan meningkatkan produksi faktor pertumbuhan untuk mengobati tukak lambung

Dosis dan Aturan Pakai

2 kapsul/ hari

Kemasan dan Sediaan

Kapsul 50 mg x 5 x 6

Produsen

Soho

Sekilas Tentang Fucoidan

Fucoidan adalah suatu polisakarida kompleks yang banyak ditemukan pada rumput laut atau ganggang laut cokelat seperti Kelp, Alaria, Bladderwrack, dan lain-lain. Fucoidan awalnya ditemukan berdasarkan hasil penelitian pada pola makan yang dilakukan oleh penduduk Okinawa, Jepang, yang telah lama dikenal mengonsumsi rumput laut. Penduduk di sana terkenal memiliki tingkat usia harapan hidup termasuk yang tertinggi di dunia. Ternyata rumput laut yang mereka makan diketahui kaya akan kandungan Fucoidan.

Fucoidan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti memperlambat pembekuan darah, mencegah pertumbuhan sel kanker, anti peradangan, antivirus, pelindung sistem saraf, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu fucoidan kaya akan serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan, namun jika terlalu banyak mengonsumsinya, justru dapat menyebabkan diare.

Penggunaan produk-produk yang mengandung fucoidan harus berhati-hati, khususnya pada mereka yang sedang mengonsumsi atau menggunakan obat warfarin dan heparin karena sifat fucoidan yang dapat dikatakan sebagai pengencer darah alami sehingga berpotensi meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.

Sekilas Tentang SOHO
Sejarah SOHO dimulai oleh pengusaha asal Bangka Tan Tjhoen Lim yang pada tahun 1946 mendirikan suatu perusahaan bernama N.V. Ethica Handel Maatschappij yang memproduksi obat-obatan dengan sediaan injeksi. Setelah itu perusahaan ini berubah namanya menjadi PT. Ethica Industri Farmasi. Perusahaan ini sekaligus menjadi perusahaan farmasi pertama ia miliki. Setelah perusahaan ini sukses, maka pada 1951, Tan Tjhoen Lim mendirikan PT. Soho Industri Farmasi yang memproduksi obat-obatan herbal yang kemudian pada 1996 mulai memproduksi produk-produk obat bebas (OTC). Nama "SOHO" sendiri merupakan singkatan dari "Societas Honorabilis" yang berarti "perkumpulan orang-orang terhormat".

Usaha Tan Tjhoen Lim berkembang dengan pesat kemudian ia mendirikan lagi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produk dan layanan seperti PT. Parit padang Global, bergerak dibidang distribusi produk obat dan alat kesehatan. Selain itu ada PT. Global Harmony Retailindo yang bergerak dibidang layanan apotek, klinik, laboratorium, dan ritel. Adalagi PT. Unihealth (Universal Health Network) yang bergerak dibidang penjualan langsung dan netrowk marketing untuk produk-produk suplemen, vitamin, makanan kesehatan, dan produk-produk perawatan kulit. Setelah Tan Tjhoen Lim meninggal, tongkat estafet kepemimpinan perusahaan-perusahaan ini dipegang oleh penerusnya yakni Tan Eng Liang. Karena ingin mempermudah koordinasi, maka Tan Eng Liang mendirikan SOHO Group yang menjadi group dari perusahaan-perusahaan tadi.

Saat ini Soho Group memiliki sekira 6000 karyawan dengan jumlah varian produk mencapai lebih dari 350 produk yang dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Myanmar, Nigeria, Brunei, Mongolia, Vietnam, Suriname, dan masih banyak lagi. Pada 1 Oktober 2013, SOHO Group resmi mengubah namanya menjadi Soho Global Health untuk menyesuaikan dinamika bisnis yang semakin berkembang.