Fodiar

Farmasi-id.com > Herbal > Herbal Diare > Fodiar

By | 02/09/2016

Kandungan dan Komposisi

Tiap tablet Fodiar mengandung ekstrak yang setara dengan :

  • Psidii Folium 800 mg
  • Curcumae domesticae rhizoma 400 mg
  • Piperis Folium

Dosis dan Aturan Pakai

Dewasa dan anak diatas 5 tahun :

1 – 2 tablet 3 – 4 kali sehari, maksimum 10 tablet.

Perhatian

  • Jika setelah dua hari diare masih terus berlangsung segera hubungi dokter
  • Tidak digunakan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun
  • Jangan lupa minum larutan pengganti elektrolit
  • Pemberian obat lain sebaiknya diberikan 1 – 2 jam setelahnya.

Kemasan dan Nomor Registrasi

  • Dus, 25 catch cover @ 4 tablet, POM. TR073569001
  • Dus, 10 strip @ 10 tablet, POM. TR033518501

Cara Penyimpanan

  • Simpan pada suhu kamar (25C – 30C) dan kering
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Produsen

PT. Balatif

Sekilas Tentang Piper Betle (Sirih)
Sirih merupakan tanaman merambat yang bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

Sirih bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti:



  1. Batuk

  2. Sariawan

  3. Bronchitis

  4. Jerawat

  5. Sakit gigi karena berlubang (daunnya)

  6. Demam berdarah

  7. Bau mulut

  8. Haid tidak teratur

  9. Asma

  10. Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)

Sekilas Tentang Curcuma Domestica (Kunyit)
Kunyit (curcuma domestica) merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di ladang dan di hutan, terutama di hutan jati. Banyak juga ditanam di perkarangan. dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2000 m dpl. Tanaman herba tahunan ini menghasilkan umbi utama berbentuk rimpang berwarna kuning tua atau jingga terang dan bagian rimpang inilah yang banyak dijadikan obat.

Khasiatnya antara lain sebagai kholagog, stomakik, antispasmodik, anti inflamasi, anti bakteria, dan kholeretik. Kunyit biasa dipakai untuk menyembuhkan luka dan kurap, mencret, nyeri haid, dan sakit perut.
Sekilas tentang diare

Diare merupakan penyakit di mana penderita mengalami buang air besar yang sering dan masih memiliki kandungan air berlebihan. Kondisi ini dapat merupakan gejala dari luka, penyakit, alergi (fructose, lactose), penyakit dari makanan atau kelebihan vitamin C dan biasanya disertai sakit perut, dan seringkali enek dan muntah. Diare dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, cacing dan jamur, intoksikasi makanan yang mengandung bakteri atau toksin (makanan beracun), alergi susu sapi atau makanan tertentu, gangguan penyerapan (malabsorbsi) karbohidrat, lemak dan protein.

Diare (bahasa Inggris: diarrhea) juga didefinisikan sebagai sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam.

Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.