FLURAZEPAM

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Saraf Pusat > FLURAZEPAM

Indikasi

Flurazepam umumnya digunakan untuk menangani keluhan gangguan tidur (insomnia).

Dosis

15-30 mg menjelang tidur malam hari; Lansia (atau debilitated patients) 15 mg; Anak, tidak dianjurkan.

Kontra Indikasi

Depresi pernapasan, miastenia gravis, kondisi fobi atau obsesi, psikosis kronik, gangguan hati berat.

Efek Samping

Ataksia dan bingung terutama pada pasien lansia, vertigo, amnesia, ketergantungan.

Peringatan dan Perhatian

Hamil, menyusui, penyakit pernapasan, kelemahan otot, riwayat penyalahgunaan obat atau alkohol, kelainan kepribadian yang jelas, gangguan faal hati dan ginjal, kurangi dosis pada lansia dan debil. Gangguan kemampuan mengemudi dan menjalankan mesin.

Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil

Flurazepam belum secara resmi digolongkan ke dalam kategori kehamilan oleh US Food and Drugs Administration (FDA). Peningkatan risiko cacat lahir bawaan telah diasosiasikan dengan penggunaan benzodiazepine lain. Gejala putus obat (sakaw) telah dilaporkan terlihat pada bayi baru lahir dengan ibu yang mengonsumsi flurazepam selama masa kehamilan. Tidak ada penelitian terkontrol pada ibu hamil. Penggunaan flurazepam dianggap sebagai kontraindikasi saat masa kehamilan.

Tidak diketahui pasti apakah flurazepam dapat terserap ke dalam ASI. Benzodiazepine lain dikeluarkan melalui ASI dan dilaporkan bahwa memiliki efek medis signifikan terhadap bayi menyusui. Efek yang diketahui sejauh ini adalah bayi terbius (seperti efek mabuk), mengalami penurunan kesadaran dan pemusatan perhatian serta kesiagaan, dan penurunan berat badan.

Interaksi Obat

Obat batuk pilek dan alergi, obat penenang, obat-obatan penghilang rasa sakit, obat tidur, relaksan otot, dan obat-obatan khusu kejang, depresi atau serangan gugup dapat memperparah rasa kantuk yang disebabkan oleh flurazepam.

Beri tahu dokter semua obat-obatan yang sedang Anda gunakan, terutama:

Kemasan dan Sediaan

Kapsul, oral, hidroklorida: 15 mg, 30 mg

Nama Brand

Dalmadorm